Kenali, Ciri Ciri Kelinci Anggora Sesuai Dengan Jenisnya

Ciri Ciri Kelinci Anggora Sesuai Dengan Jenisnya

Bulu pada kelinci anggora yang lebat dan lembut menjadi ciri ciri yang paling menonjol. Tidak salah mengapa banyak yang menjadikan kelinci anggora  sebagai hewan peliharaan. Apabila ingin membeli varietas kelinci ini, sebelumnya kenali ciri ciri kelinci anggora agar tidak salah ketika membeli. Tetapi biasanya setiap jenis kelinci anggora memiliki ciri ciri yang berbeda.

Kelinci anggora memiliki sifat yang manja dan super aktif. Sifatnya yang jinak membuat kelinci anggora mudah beradaptasi. Simak ulasan berikut untuk lebih mengenal jenis kucing anggora beserta ciri cirinya:

Read More

1. Kelinci Anggora Inggris

Kelinci Anggora Inggris

Ciri ciri kelinci anggora yang satu ini sangat mencolok, karena memiliki bulu yang tebal hingga menutupi wajah dan telinganya. Ukuran telinganya sedang dan tegak ke atas. Warna kelinci anggora Inggris bervariasi, ada hitam, putih, coklat, abu-abu dan campuran. Ukuran tubuh tergolong kecil, dengan berat hanya sekitar 2-4 kg.

Baca Juga : Kenali Jenis Jenis Kelinci Rex yang Ada di Dunia

Kelinci jenis ini menjadi salah satu peliharaan yang sering dijadikan sebagai hewan pertunjukan. Bulu yang lebat membuat kelinci anggora Inggris menjadi sangat menggemaskan.

2. Kelinci Anggora Jerman

Kelinci Anggora Jerman

Selanjutnya ada jenis kelinci anggora Jerman yang dapat ditemui di wilayah Kanada dan Amerika. Apabila dirawat dengan baik, kelinci anggora Jerman dapat memiliki berat hingga 6 kg.

Untuk warnanya sedikit berbeda dengan kelinci pada umumnya, yaitu memiliki warna yang  gelap seperti hitam dan abu-abu. Kelinci anggora Jerman memiliki bulu yang tidak terlalu tebal. Ukuran telinga sedang dan tegak ke atas.

3. Kelinci Anggora Lion

Kelinci Anggora Lion

Sama seperti namanya, kelinci anggora lion memiliki bulu tebal yang menutupi tubuhnya hingga berbentuk mirip seperti lion. Kelinci anggora jenis ini berasal dari wilayah Amerika Serikat. Ciri ciri kelinci anggora lion yaitu memiliki bulu yang tebal hingga menutupi wajah dan telinga. Ukuran telinga kecil dan sedikit melengkung ke bawah.

Baca Juga : Kenali 5 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut Dan Sehat

Untuk warnanya sendiri bervariasi, seperti putih, coklat, hitam, dan abu-abu. Bulunya yang tebal membuat kelinci anggora lion harus sering dicukur minimal 3 bulan sekali. Bagi yang baru pemula tidak disarankan untuk memelihara kelinci anggora lion karena bulunya yang tebal sehingga biaya perawatan cukup mahal.

4. Kelinci Anggora Giant

Kelinci Anggora Giant

Kelinci jenis ini merupakan persilangan dari kelinci jenis anggora dan flemish giant. Ciri ciri yang paling menonjol adalah tubuhnya yang bongsor disertai dengan bulu yang lebat. Hampir sama dengan kelinci anggora jerman, jenis kelinci ini memiliki bobot hingga 6 kg.

Bulunya yang tebal membuat bentuk kelinci anggora giant mirip seperti domba. Warna bulu putih dan ada juga yang sedikit kecoklatan. Bentuk telinga yang sedikit panjang dan tegak. Bulu yang tebal, lebat dan halus membuat jenis kelinci ini banyak dipelihara untuk dimanfaatkan bulunya.

5. Kelinci Anggora Satin

Kelinci Anggora Satin

Ciri ciri kelinci anggora satin yaitu memiliki warna coklat agak kemerah-merahan. Dengan ukuran tubuh sekitar 3-5 kg. Tekstur bulu dari anggora satin agak sedikit licin dibandingkan dengan jenis kelinci lain. Bulunya tidak terlalu tebal dan memiliki telinga yang berukuran sedang.

Kelinci anggora satin banyak dipelihara untuk dikonsumsi atau dimanfaatkan bulunya. Warna yang cantik dan tekstur bulu yang licin membuat kelinci anggora satin memiliki banyak peminat terutama di kalangan industri.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

Bagi yang ingin memelihara kelinci anggora jangan lupa untuk menyiapkan kandang yang nyaman. Setelah mengetahui ciri ciri kelinci anggora sesuai dengan jenisnya dapat mempermudah dalam pemilihan kandang dan pakannya. Kesehatan bulu juga sangat perlu dijaga, terutama bagi kelinci yang memiliki bulu sangat lebat. Perlu ketelitian saat memandikan kelinci agar bulu tidak rusak.

 

Related posts