5 Cara Memasang Android TV Box Dengan Mudah

Cara Memasang Android TV Box Dengan Mudah

Akhir-akhir ini perangkat elektronik mulai banyak mengalami perkembangan. Salah satunya adalah Android TV Box yang memberikan pengalaman TV digital kepada pengguna. Banyak pengguna yang tertarik dengan perangkat satu ini karena bisa digunakan untuk mengakses berbagai acara menarik sebagai hiburan. Cara memasang Android TV Box ini pun bisa dilakukan dengan mudah.

Android TV Box memiliki cara kerja yang cukup canggih. Pasalnya, ada alat tersendiri yang berbentuk seperti router di dalamnya dan terhubung dengan TV. Alat ini bisa membuat perangkat memiliki konektivitas layaknya Android. Hal inilah yang kemudian dapat memungkinkan TV berfungsi seperti perangkat Android lainnya. Jika penasaran bagaimana cara memasangnya, simak ulasan berikut:

Read More

1. Persiapkan dan Lihat Kondisi Perangkat

Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara memasang Android TV Box adalah menyiapkan semua perangkat yang diperlukan. Perangkat TV Kabel HDMI dan Android TV Box harus disetel dalam kondisi baik. Jangan lupa pula untuk memastikan apakah arus listrik dan koneksi internet aman.

Tidak hanya itu, pastikan bahwa peralatan yang dibutuhkan tidak rusak atau cacat. Lihat apakah kondisi perangkat sudah lengkap dengan berbagai komponen yang menyertainya. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari permasalahan saat akan memasangnya.

Baca Juga : 5 Cara Upgrade Android Yang Sudah Di Root Dengan FlashFire

2. Pasangkan Kabel HDMI

Kabel HDMI memiliki fungsi paling vital dalam hal ini. Pemasangan kabel ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan Android dari Android TV Box ke perangkat TV. Kabel ini juga harus dipasang sesuai dengan instruksi yang diberikan dalam manual, sehingga pastikan posisinya benar-benar pas dan tidak terbalik.

Untuk memasangnya, tentu saja harus memperhatikan sejumlah port yang harus terhubung ke bagian TV maupun Android TV Box. Port untuk memasang kabel ini biasanya ada di bagian belakang TV, sedangkan port Android TV Box dapat ditemukan dengan mudah di bagian samping perangkat. Pasangkan dengan benar agar keduanya dapat terkoneksi.

3. Aktivasikan Perangkat

Jika sambungan kabel sudah terpasang dengan baik, maka langkah berikutnya adalah pengguna dapat mengaktifkan alat tersebut. Dalam kelengkapan perangkat Android TV Box, terdapat remote yang akan membantu dalam proses pengaktivasian perangkat. Pengguna dapat menekan tombol on atau power pada remote.

Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Disk Digger untuk Mengembalikan Berkas pada Smartphone

4. Aktifkan Koneksi Internet

Hal selanjutnya adalah melihat apakah konektivitas internet tersambung dengan baik. Pastikan telah mengaktifkan koneksi internet sesuai dengan koneksi internet yang dimiliki. Barulah kemudian hubungkan ke Android TV Box dan lihat reaksi yang ada pada perangkat tersebut.

Jika sudah terhubung dan bisa mengakses Android dengan baik, maka proses yang telah dilakukan sudah benar. Apabila tidak berhasil, periksa kembali koneksi internet dan sambungan kabel atau perangkat. Jika diperlukan, pengguna juga dapat sekaligus mengunduh beberapa aplikasi melalui PlayStore atau App Store.

5. Lakukan Pemeriksaan Terakhir Sebelum Digunakan

Melakukan pemeriksaan akhir sebelum digunakan adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Komponen yang dapat diperiksa adalah keterjangkauan aplikasi, siaran yang dapat diakses, dan sistem Android yang berjalan. Pengguna dapat melakukan pengaturan menyeluruh pada TV Android sebelum menggunakannya dengan nyaman. Jika ada masalah dengan aplikasi, jaringan TV dan software lainnya, pengguna dapat melihat di manual atau situs resmi Android TV Box.

Baca Juga : 6 Cara Membuat Leaflet di HP dengan Aplikasi Paling Mudah

Itulah beberapa cara memasang Android TV Box dengan mudah. Cara di atas juga bisa disesuaikan dengan panduan yang ada di masing-masing perangkat. Pengguna harus berhati-hati saat menghubungkan perangkat ke internet. Jangan sampai ada masalah lain terkait masuknya data pengguna ke akses yang lebih luas, termasuk apa yang ditonton sebagai hiburan.

Related posts