5 Cara Upgrade Android Yang Sudah Di Root Dengan FlashFire

Cara Upgrade Android Yang Sudah Di Root Dengan FlashFire

Salah satu kekurangan dari hp android yang sudah di-rooting adalah tidak dapat melakukan upgrade secara langsung melalui OTA (Over-the-Air). Hal ini dikarenakan OTA didesain untuk firmware bawaan, sehingga untuk dapat meng-upgrade ke versi baru akan membutuhkan cara khusus. Berikut cara upgrade android yang sudah di root yang bisa dilakukan.

Upgrade Dengan Menggunakan OTA

Pada dasarnya untuk melakukan upgrade pada sistem android, smartphone harus dikembalikan ke firmware aslinya. Namun jika android tersebut telah di rooting tanpa membuat perubahan permanen pada sistem smartphone tersebut, hanya perlu melakukan Flash factory Image atau menginstal ulang boot bawaan. FlashFire merupakan aplikasi yang dapat meng-update OTA tanpa perlu menghilangkan root pada android. Berikut langkah-langkahnya:

Read More

1. Download FlashFire

Untuk memulai proses upgrade, pertama diharuskan mendownload FlashFire. Akan tetapi jangan langsung melakukan pemasangan pada smartphone tersebut. Apabila langsung melakukan pemasangan, ada kemungkinan akan gagal karena aplikasi berjalan di sistem yang sudah di-root. Tunggu hingga OTA selesai mengunduh. Jika OTA selesai mengunduh selanjutnya buka aplikasi FlashFire maka secara otomatis akan muncul File update-an yang harus di download dan tekan “OK”

Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Disk Digger untuk Mengembalikan Berkas pada Smartphone

2. Lakukan Flash Factory Image

selanjutnya akan muncul tindakan untuk melakukan flash pada android. Pada FlashFire akan muncul tampilan tentang pilihan apa saja yang akan di update ke sistem android tersebut. Jika sudah dipilih selanjutnya tekan tombol “Flash”. Sebelum proses flashing berjalan, akan muncul pemberitahuan mengenai proses update membutuhkan beberapa waktu. Layar pada smartphone juga akan menjadi hitam beberapa kali. Selanjutnya tekan “OK”.

3. Tunggu Proses Flashing Selesai

Setelah semua langkah dilakukan, akan muncul text scrolling pada tampilan layar hp dan proses booting ulang sedang berjalan. Setelah proses berakhir, hp akan melakukan booting ulang ke versi yang telah di versi terbaru dan android berhasil di-upgrade.

Upgrade Tanpa OTA

Apabila cara diatas gagal dilakukan, ada kemungkinan jika smartphone tersebut telah dilakukan modifikasi pada system partition melalui Xposed framework. Cara upgrade android yang sudah di root tanpa menggunakan OTA juga dapat dilakukan melalui aplikasi FlashFire, namun dengan cara yang berbeda. Berikut langkah-langkahnya:

Baca Juga : Cara Memindahkan Kontak dari Iphone ke Iphone dengan Mudah

1. Download Factory Image Terbaru

Setelah FlashFire terpasang, pengguna diharuskan mencari Factory Image terbaru. Factory Image dapat di download melalui Google Play Service. Selanjutnya simpan Factory Image dengan ekstensi .tgz ke SD Card ataupun di memory internal hp tersebut.

2. Masukan Factory Image ke FlashFire

Selanjutnya masuk ke Flashfire dan pilih menu Flash firmware package lalu masukan factory image yang sudah disimpan sebelumnya. Tunggu Flashfire melakukan pemindaian terhadap file yang telah dimasukkan. Setelah proses pemindaian berhasil akan muncul daftar yang akan dilakukan proses flashing melalui FlashFire.

3. Lakukan Proses Flashing

Sebelum melakukan proses flashing, periksa terlebih dahulu kemudian tekan “OK” untuk melanjutkan proses flashing. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan mengenai lama proses flashing dan akan muncul layar hitam beberapa kali. Tekan tombol “OK” untuk melanjutkan proses.

4. Tunggu Proses Flashing Selesai

Setelah proses Flashing dilakukan, selanjutnya FlashFire akan melakukan reboot pada sistem android. Proses ini kemungkinan akan lebih lama karena sistem akan melakukan flashing pada gambar penuh bukan pembaruan sederhana. Tunggu beberapa saat, kemudian hp akan merestart dan upgrade android selesai dilakukan.

Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Akun FB Dinonaktifkan Paling Mudah

Itulah cara upgrade android yang sudah di root dengan FlashFire. Cara diatas bisa digunakan untuk mengatasi masalah bagi yang akan melakukan upgrade hp android yang sudah di root.

Related posts