Kenali Jenis Jenis Kelinci Rex yang Ada di Dunia

Kelinci Rex pada awalnya dikembangbiakan dari kelinci liar oleh seorang petani di Prancis dan mulai dikenal dunia pada tahun 1919. Kelinci ini terkenal sebagai hewan peliharaan di Eropa karena bulunya yang tebal dan cantik. Cara memelihara hewan ini juga tergolong mudah. Tertarik memelihara kelinci rex? Kenali dulu jenis jenis kelinci Rex yang ada di dunia sebelum memutuskan memelihara yang mana.

Kelinci rex memiliki beberapa ciri khas, diantaranya bulu yang pendek, lebat dan indah, corak warna yang lebih bervariasi, telinga yang lebar dan tegak serta bersifat patuh dan mau dibelai oleh manusia. Di Indonesia kelinci ini dikembangkan menjadi beberapa jenis. Apa saja jenis nya? Simak ulasannya dibawah ini:

Read More

1. Kelinci Rex Standar

Kelinci rex standar disukai peternak hewan karena jenis kelinci yang satu ini memiliki banyak manfaat ekonomis. Peternak membudidayakan kelinci rex karena dagingnya laku dijual, kulit dan bulunya yang indah digunakan sebagai bahan pakaian.

Baca Juga : 5 Jenis Anjing Pudel Paling Lucu dan Menggemaskan

Harga kelinci ini juga murah dan mudah ditemukan di pasar-pasar hewan. Kelinci ini diberi nama rex standar karena ia tidak kembangbiakan dari keturunan rex asli dan dibudidayakan secara lokal di Indonesia.

2. Kelinci Rex Mini

Seperti namanya, jenis kelinci rex mini memiliki bentuk tubuh mini dengan berat hanya 1,4 – 2 kg. Kelinci ini memiliki bulu yang bagus dan sangat lucu untuk dijadikan hewan peliharaan. Rex mini sering diikutsertakan dalam kontes kelinci hias karena kelucuannya dan keindahan bulunya.

3. Kelinci Rex Carpet

Diantara jenis jenis kelinci rex lainnya, rex karpet adalah yang termahal. Selain diambil dagingnya, bulunya yang indah seperti karpet beludru yang memiliki aneka warna juga dimanfaatkan menjadi bahan pakaian yang mewah. Kelinci rex carpet betina juga dijadikan indukan dengan kualitas terbaik.

Tak heran kalau jenis kelinci ini memiliki nilai jual yang tinggi. Seekor rex karpet berusia tiga bulan dengan corak dan warna yang unik dibanderol dengan harga Rp. 4 juta rupiah.

Baca Juga : 5 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Dalam Akuarium Untuk Pemula

4. Kelinci Rex Pure

Jenis kelinci rex pure merupakan keturunan rex asli tanpa campuran atau kawin silang dari jenis lainnya. Hasil indukan rex pure terkenal sangat bagus dan di Indonesia, kelinci ini sering diikutsertakan dalam kontes.

Sebenarnya kelinci yang ikut kontes tidak selalu berasal dari keturunan rex pure. Namun di Indonesia kata-kata pure yang berarti murni ini disalah artikan sebagai keturunan murni yang layak untuk dilombakan.

5. Kelinci Rex Cross

Seperti namanya, cross yang berarti silang, jenis rex cross merupakan hasil dari kawin silang antara kelinci rex dengan kelinci jenis lainnya. Tentu saja hasil persilangan ini memiliki kualitas yang cukup baik. Beberapa peternak juga menghasilkan jenis kelinci rex cross yang disilangkan dari jenis rex pure dan rex lokal.

6. Kelinci Rex Lokal

Jenis kelinci rex yang satu ini dikembangbiakan di Indonesia, itulah sebabnya ia dinamakan kelinci rex lokal. Walaupun tergolong sebagai kelinci lokal namun hewan ini masih memiliki kualitas yang bagus dan layak diikutsertakan dalam kontes.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pengganti Susu Untuk Bayi Kucing dan Cara Memilihnya

Banyak yang mengatakan bahwa jenis kelinci rex lokal tidak sebagus jenis lainnya. Ini adalah pemahaman yang salah, karena bagus tidaknya jenis kelinci tidak dilihat dari daerah asalnya tapi dari kualitas indukannya.

Demikian ulasan mengenai jenis jenis kelinci rex yang ada di pasaran. Teliti sebelum membeli kelinci rex yang asli baik untuk peliharaan maupun untuk dilombakan.

 

Related posts