5 Cara Merawat Ikan Arwana Silver Dalam Akuarium Untuk Pemula

Cara Merawat Ikan Arwana Silver Dalam Akuarium Untuk Pemula

Ikan arwana silver atau disebut juga Monkey Fish, memiliki nama ilmiah osteoglossum bicirrhosum. Ikan ini merupakan spesies ikan hias air tawar yang dibanderol dengan harga cukup tinggi. Dengan habitat alaminya yang berada di cekungan sungai Amazon, mungkinkah ikan ini dapat dipelihara di akuarium? Bisa saja, dan untuk memeliharanya simak cara merawat ikan arwana silver di akuarium berikut ini:

1. Menyiapkan Akuarium yang Ideal

Karakteristik ikan arwana silver adalah agresif dan sangat aktif. Ikan dewasa dapat tumbuh hingga sepanjang 60 cm.  Agar ikan dapat tumbuh dengan maksimal dan bergerak dengan leluasa, maka akuarium yang harus disiapkan harus berukuran besar.

Read More
  • Untuk memulai perawatan ikan arwana silver, siapkan sebuah akuarium berukuran panjang sekitar 3,5 meter.
  • Akuarium yang disiapkan harus diberi penutup untuk mencegah ikan melompat keluar, karena ikan arwana silver sangat agresif. Jika melihat ada makanan di dekatnya ia akan melompat untuk menerkamnya.
  • Akuarium harus dibuat senyaman mungkin agar ikan merasa betah dan tidak stress saat dipindahkan ke dalam akuarium tersebut.
  • Hiasi akuarium dengan beberapa bahan alam menyerupai habitat alaminya, seperti bebatuan, karang, pasir dan tanaman air. Namun banyak juga yang membiarkan akuarium tetap polos agar tubuh ikan arwana silver tidak tergores saat menyenggol bebatuan dekorasi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Virus Kucing Di Rumah Paling Efektif

2. Mengatur Parameter Air

Sebelum memindahkan ikan arwana silver, suhu dan pH dalam air akuarium harus dibuat senyaman mungkin untuk habitat ikan tersebut. Cara merawat ikan arwana silver berikutnya adalah menyiapkan air akuarium dengan kondisi yang ideal:

  • Suhu air akuarium yang paling baik adalah 24 hingga 27 derajat celcius dengan pH balance antara 6,8 hingga 7,5.
  • Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada kondisi air, jangan sampai air tercemar zat – zat berbahaya seperti amoniak. Ikan arwana silver bukan jenis ikan hias murahan sehingga cara merawatnya pun tidak bisa sembarangan.
  • Gunakan water changer untuk menjaga agar kualitas air di akuarium selalu terjaga.
  • Jika pH dalam air masih terlalu rendah, bisa menggunakan kapur atau jeruk nipis untuk penambahan pH
  • Menyalakan penghangat jika suhu air terlalu rendah atau saat suhu disekitar akuarium sedang dingin. Penghangat ini dilengkapi termometer sehingga bisa dimatikan saat thermometer sudah menunjukan suhu yang ideal untuk ikan.

3. Memperhatikan Pemberian Makanan

Di habitat aslinya, ikan ini memangsa serangga dan ikan yang lebih kecil. Karena itu sebaiknya memberi makan ikan arwana dengan cara :

  • Memberikan pakan hidup seperti serangga, ikan kecil-kecil, siput, belalang, cacing, kodok atau jangkrik. Kecoa terbang juga dapat diberikan selang seling, protein pada kecoa dapat membuat warna metalik ikan arwana silver semakin tajam.
  • Protein juga dibutuhkan ikan untuk berkembang hingga ukuran maksimalnya yaitu mencapai 60 cm. jika menggunakan pakan berupa pelet maka carilah pakan yang mengandung protein tinggi.
  • Berikan makan dengan dosis yang cukup dan tidak berlebihan. Umumnya ikan arwana makan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.
  • Ketika memberikan pakan hidup, pastikan kondisi binatang yang diceburkan ke dalam air sudah steril dan bagian tubuh yang tajam sudah dibuang.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Burung Murai Agar Cepat Gacor

4. Memperhatikan Perawatan Akuarium

Menjaga kebersihan air akuarium merupakan hal yang sangat penting dalam merawat ikan arwana. Karena itu sangat penting untuk memperhatikan hal yang berhubungan dengan kebersihan air sebagai berikut :

  • Lakukan penggantian air 100% setiap 3 bulan sekali.
  • Penggantian sebagian kecil air hingga 10% dari isi air akuarium dapat dilakukan 2 hari sekali.
  • Pasang aerator dalam akuarium yang berfungsi untuk menyuplai udara dan mengeluarkan kotoran dari dalam akuarium. Adanya aerator akan membuat ikan memiliki suplai oksigen yang cukup.
  • Siapkan filter akuarium yang menjaga agar kondisi akuarium selalu bersih.

5. Menentukan Jenis Ikan Pendamping Arwana Silver

Sebagai seekor predator, sebaiknya ikan arwana dipelihara 1 ekor saja dalam 1 akuarium. Jika memelihara lebih dari 1 ekor ikan arwana silver bersama dalam 1 tempat maka ikan akan saling memangsa. Sebaiknya jika ingin memelihara beberapa ekor ikan arwana sekaligus, pisahkan mereka dalam tempat yang berbeda.

Jika ingin memberikan teman pada ikan ini, bisa digunakan jenis ikan seperti Redtail Catfish, Peacock Bass atau jenis lainnya. Pastikan ukurannya seimbang dengan ikan arwana silver yang sudah ada.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Pengganti Susu Untuk Bayi Kucing dan Cara Memilihnya

Demikian ulasan mengenai cara merawat ikan arwana silver. Ikan ini merupakan jenis yang sulit dipelihara karena harganya yang mahal. Semoga informasi ini membantu bagi yang ingin memulai memelihara ikan arwana khususnya ikan arwana silver.

Related posts