5 Rekomendasi Pengganti Susu Untuk Bayi Kucing dan Cara Memilihnya

5 Rekomendasi Pengganti Susu Untuk Bayi Kucing

Bagi bayi kucing yang baru lahir, nutrisi terbaik baginya adalah air susu induknya. Sayangnya, ada beberapa keadaan yang tidak memungkinkan bayi kucing untuk memperoleh air susu ibunya. Misalnya, anak kucing terpisah dari induk atau air susu induknya tidak lancar. Kondisi tersebut mengharuskan pemilik kucing untuk mencari alternatif pengganti susu untuk bayi kucing. Apa saja rekomendasi dan cara memilih pengganti susu untuk bayi kucing? Simak penjelasannya di bawah ini:

Cara Memilih Alternatif Pengganti Susu untuk Bayi Kucing

Tubuh Kucing (apalagi newborn) memiliki intoleransi pada laktosa yang cukup tinggi. Maka dari itu, biasanya kucing tidak bisa mengkonsumsi sembarang susu. Susu khusus kucing yang beredar di pasaran sudah disesuaikan komponennya, sehingga cocok untuk kucing. Maka dari itu, pilihlah alternatif pengganti susu untuk bayi kucing yang bebas dari laktosa.

Read More

Selain itu, usahakan memilih pengganti susu yang memiliki lemak dan protein yang tinggi. Akan lebih baik lagi bila dapat memperoleh susu pengganti yang mengandung laktoferin. Laktoferin yang biasanya terdapat pada kolostrum susu kucing dapat membantu memperkuat imun bayi kucing. Susu yang mirip dengan susu induknya dari segi rasa akan lebih disukai.

Baca Juga : Gejala Dan Cara Menghilangkan Scabies Pada Kucing

Rekomendasi Pengganti Susu Untuk Bayi Kucing

Berikut ini adalah rekomendasi susu pengganti yang telah disesuaikan dengan ketentuan di atas. Tentunya pengganti susu untuk bayi kucing ini mudah untuk ditemui, bahkan ada yang harganya terjangkau. Lihatlah beberapa rekomendasinya di bawah ini:

1. Susu Formula Bebas Laktosa

Ternyata, susu formula yang seharusnya diperuntukkan bagi bayi manusia bisa cocok untuk bayi kucing. Namun, tentunya tidak sembarang susu formula. Carilah susu formula yang memiliki klaim bebas laktosa.

Tidak hanya bayi kucing, ada pula bayi manusia yang memiliki alergi pada kandungan laktosa. Sehingga, perlu mengonsumsi susu yang bebas dari kandungan laktosa. Susu formula tersebut sangat mudah ditemui di supermarket atau toko perlengkapan bayi.

2. Susu Sapi Steril

Susu sapi yang disterilkan biasanya memiliki tingkat laktosa yang rendah. Bahkan, kadang menjadi tidak ada laktosa sama sekali. Jenis susu seperti ini baik untuk diberikan kepada kucing. Meskipun steril, kandungan nutrisi pada susu steril masih terjaga sehingga bagus untuk kucing. Susu steril bahkan dapat meningkatkan imunitas tubuh kucing.

3. Susu Kambing

Susu kambing memiliki kandungan yang cukup mirip dengan susu induk kucing. Namun, harganya cukup mahal dan agak susah dicari di beberapa daerah. Susu kambing bisa dicampur dengan gelatin, yogurt non fat dan sirup jagung.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Anjing Pitbull Supaya Tetap Sehat dan Kuat

Panaskan susu kambing dan tambahkan gelatin. Jumlah gelatinnya disesuaikan dengan usia bayi kucing. Campurkan bahan lainnya dan aduk hingga gelatin larut. Dinginkan, dan berikan pada bayi kucing.

4. Replacer Susu Kucing

Meskipun rekomendasi susu di atas termasuk cocok, replacer susu kucing merupakan pilihan yang paling tepat. Kandungannya sudah disusun sedemikian rupa, sehingga sangat cocok menggantikan susu induk kucing. Bahkan, ada beberapa merek replacer yang memiliki kandungan DHA yang bagus untuk perkembangan bayi kucing. Replacer susu kucing bisa dicari di toko hewan atau e-commerce.

5. Susu Induk Kucing Lain

Pilihan yang lebih aman untuk mengganti susu bayi kucing adalah susu dari kucing lain. Selain aman, nutrisi yang dikandung susu kucing pasti akan sangat cocok untuk bayi kucing. Namun metode ini juga memiliki kekurangan. Tidak semua induk kucing mau memberikan susu pada anak kucing lain. Sehingga, membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mencari induk dan membujuknya.

Itulah dia cara memilih dan beberapa rekomendasi pengganti susu untuk bayi kucing. Ada hal yang perlu diperhatikan sebelum memberi susu ini pada bayi kucing. Apabila bayi kucing mengalami diare setelah minum susu, jangan berikan lagi. Segera ganti ke alternatif lain yang kira-kira lebih cocok. Selamat Mencoba.

 

Related posts