5 Cara Menyembuhkan Asam Urat dan Kolesterol dengan Pola Hidup Sehat

Cara Menyembuhkan Asam Urat dan Kolesterol dengan Pola Hidup Sehat

Penyakit asam urat dan kolesterol saling memiliki keterkaitan. Apabila kadar kolesterol tinggi, maka risiko menderita asam urat akan lebih tinggi. Jika keduanya dibiarkan dan tidak segera disembuhkan, maka dapat menghambat aktivitas serta meningkatkan risiko terserang penyakit lainnya. Cara menyembuhkan asam urat dan kolesterol berikut dapat membantu mengatasi kedua penyakit tersebut.

1. Konsumsi Makanan dan Minuman Penurun Kadar Asam Urat dan Kolesterol

Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari memiliki pengaruh yang sangat besar pada kolesterol dan asam urat di tubuh. Mengkonsumsi makanan dan minuman berikut ini dapat memberi manfaat mengurangi kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh, diantaranya:

Read More
  • Buah kaya antioksidan. Buah-buahan seperti anggur, ceri, bluberi, raspberi, dan lain-lain dapat membantu menjaga asam urat tetap terkendali.
  • Makanan berkarbohidrat kompleks. Misalnya seperti nasi merah, kentang, oatmeal, pisang, ubi jalar, dan lain-lain.
  • Protein susu dan susu rendah lemak. Menurut penelitian, protein susu serta susu rendah lemak dapat menurunkan kadar asam urat dan kolesterol.
  • Makanan dengan kandungan omega-3. Misalnya ikan makarel, salmon, sarden, ikan teri, kedelai, kacang kenari dan lain-lain.
  • Air putih. Minum air putih setidaknya sebanyak 10 gelas per hari atau 2,5 liter sangat disarankan untuk penderita penyakit asam urat dan kolesterol.
  • Minum kopi setiap hari dalam jumlah yang sedang dapat menurunkan risiko asam urat.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Sakit Ulu Hati Secara Alami

2. Rutin Berolahraga

Selama melakukan pengobatan asam urat dan kolesterol, sebaiknya diimbangi dengan terus aktif bergerak dengan cara berolahraga. Dengan persetujuan dokter, lakukan olahraga setidaknya sebanyak 5 kali dalam kurun waktu 1 minggu selama 30 menit. Atau bisa juga melakukan aktivitas aerobik yang kuat setidaknya 3 kali dalam 1 minggu selama 20 menit.

Berolahraga secara rutin membuat sendi-sendi menguat dan terlatih. Hal ini dapat mencegah rasa nyeri yang sering kali muncul ketika terserang asam urat. Tetapi, hindari berolahraga pada saat asam urat sedang kambuh, karena hal tersebut justru akan membuat gejala asam urat semakin parah.

3. Berhenti Merokok

Produksi kolesterol HDL atau kolesterol baik dapat meningkat setelah berhenti merokok. Jenis kolesterol ini dapat membersihkan kelebihan kolesterol berbahaya dalam tubuh. Selain itu, cara menyembuhkan asam urat dan kolesterol dengan berhenti merokok ini juga akan memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Setelah 20 menit berhenti merokok, detak jantung serta tekanan darah yang melonjak akibat merokok akan kembali pulih.
  • Kurang lebih setelah 3 tiga bulan berhenti merokok, fungsi paru-paru dan sirkulasi darah akan membaik.
  • Setelah 1 tahun berhenti merokok, risiko terserang penyakit jantung akan lebih rendah dari setengah perokok aktif.

4. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Faktor kelebihan lemak tubuh atau obesitas merupakan salah satu penyebab timbulnya asam urat dan kolesterol. Dengan mengikuti pola hidup sehat seperti cara sebelumnya, maka dapat mendorong penurunan berat badan. Menjaga berat badan yang sehat melalui diet seimbang dan olahraga teratur dapat membantu menangkal serangan asam urat dan kolesterol.

Baca Juga : 7 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan Yang Jarang Disadari

5. Stop Minuman Beralkohol

Asam laktat yang diproduksi ketika mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menghalangi pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Mengkonsumsi terlalu banyak minum beralkohol juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti gagal jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Sehingga bagi penderita asam urat dan kolesterol disarankan berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol jika sebelumnya aktif mengkonsumsinya.

Itulah cara menyembuhkan asam urat dan kolesterol dengan pola hidup sehat. Terkadang perubahan pola hidup sehat ini tidaklah cukup untuk menyembuhkan asam urat dan kolesterol. Tetapi pola hidup sehat dapat membantu menjaga dosis obat yang dikonsumsi tetap rendah.

 

Related posts