5 Cara Mengobati Sakit Ulu Hati Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Ulu Hati Secara Alami

Nyeri atau sakit ulu hati merupakan sebuah gangguan kesehatan yang menyerang bagian perut. Para penderitanya akan merasa pada bagian perut seperti ditusuk dan panas.  Semua ini bisa diatasi dengan cara mengobati sakit ulu hati dengan bahan bahan alami yang bisa didapatkan disekitar kita.

Gangguan Penyakit yang Menyebabkan Nyeri Ulu Hati

Pada dasarnya, penyebab nyeri ulu hati pada umumnya karena naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan kebiasaan makan yang kurang bagus dan teratur. Konsumsi makanan yang terlalu pedas dan sama serta pola tidur yang salah juga bisa memicu masalah ini. Selain itu, ada beberapa gangguan penyakit lainnya yang menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati, yaitu Tukak lambung, Gastritis dan GERD .

Read More

Ramuan Herbal Atasi Nyeri Ulu Hati

Gangguan nyeri ulu hati memang menjadi salah satu gangguan penyakit yang harus segera diobati. Jika tidak akan menyebabkan hal yang berbahaya.  Untuk mengatasinya, tidak perlu konsumsi berbagai obat-obatan berbahaya. Ini bisa disembuhkan dengan menggunakan ramuan herbal alami.

Baca Juga : 7 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan Yang Jarang Disadari

Dewasa ini banyak orang yang memilih menggunakan ramuan herbal dibandingkan dengan berbagai macam obat-obat kimia. Racikan ramuan ini dianggap sebagai obat yang mujarab dan lebih aman. Ada beberapa rekomendasi ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri pada bagian ulu hati, yaitu:

1. Temulawak

Bagi masyarakat Indonesia, Temulawak sering digunakan sebagai bahan dasar di dalam pembuatan berbagai macam jamu. Ini merupakan sebuah tanaman rimpang yang bentuknya jika dilihat sekilas mirip dengan kunyit. Sudah dari sejak zaman dahulu, tanaman satu ini dikenal memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan.

Di dalam temulawak mengandung kandungan zat seperti, minyak atsiri, kurkumin, dan selulosa. Zat tersebut berkhasiat untuk mengatasi masalah nyeri ulu hati, mengatasi masalah pencernaan dan mencegah kanker. Cara penggunaan temulawak adalah dengan mengonsumsi sari dari tanaman ini. Sari ini diperoleh dengan menghaluskannya dan memeras sarinya.

2. Wedang Jahe

Wedang jahe adalah salah satu jenis minuman yang sering dijumpai di warung. Minuman satu ini terbuat bahan jahe. Ini diklaim sebagai minuman yang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi masalah nyeri ulu hati.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat Dan Aman

Di dalam jahe terkandung berbagai macam senyawa seperti genarial, lypdis dan juga protein. Ini akan membantu di dalam mengurangi rasa nyeri pada ulu hati, mencegah inflamasi dan kanker. Ramuan satu ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan merebus beberapa ruas jahe dan konsumsi 1 kali sehari. Akan lebih baik lagi jika jahe yang digunakan adalah jenis jahe merah.

3. Air Kelapa  Muda

Air kelapa muda menjadi salah satu jenis minuman yang baik untuk mengatasi masalah  nyeri ulu hati. Di dalamnya mengandung kandungan zat kalium. Zat ini berperan di dalam menjaga keseimbangan kadar asam di dalam tubuh. Selain itu, membantu di dalam  mengontrol kadar asam pada lambung.

Minumlah 1-2 gelas air kelapa muda setiap hari. Jika ingin lebih terasa khasiatnya, pilih kelapa muda hijau. Jangan mencampurkan apapun pada air kelapa muda tapi minumlah secara murni.

4. Buah Mentimun

Mentimun ternyata banyak mengandung manfaat dalam mengatasi masalah nyeri ulu hati dan gangguan lambung. Hal ini karena ada kandungan mineral dan vitamin yang cukup banyak. Cara mengobati sakit ulu hati menggunakan mentimun hanya cukup  buatlah jus mentimun atau makanlah secara langsung. Jika dilakukan dengan rutin, akan terhindar dari  gangguan kesehatan tersebut.

5. Pala

Pala merupakan jenis rempah yang sering digunakan untuk campuran makanan. Selain membuat masakan lebih beraroma, pala juga berkhasiat mengatasi masalah nyeri ulu hati dan asam lambung. Caranya hanya dengan mencampurkan serbuk pala pada masakan atau bisa mengkonsumsi air rebusan pala. Saat menggunakannya jangan terlalu berlebihan karena akan menimbulkan sedikit rasa panas pada perut.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Mata Sakit Saat Berkedip Berdasarkan Penyebabnya

Cara mengobati sakit ulu hati menggunakan ramuan herbal lebih ampuh dan menyehatkan dibandingkan dengan pengobatan lainnya. Dengan melakukan pengobatan menggunakan herbal tersebut secara teratur, bisa dipastikan nyeri ulu hati akan sembuh dalam hitungan bulan. Selain itu, racikan herbal ini juga akan membantu dalam menjaga stamina tubuh agar tetap prima.

Related posts