Ketahui 5 Materi Ujian Nasional Biologi SMA Berikut Ini!

Materi Ujian Nasional Biologi SMA

Ujian nasional merupakan sebuah akhir dari serangkaian sekolah selama 3 tahun lamanya. Banyak yang harus dipelajari ketika akan menghadapi ujian nasional ini. Terlebih, jika siswa tersebut mengambil jurusan IPA banyak materi yang harus dipahami. Banyak sekali yang mengeluhkan tentang materi pelajaran Biologi yang begitu sulit. Inilah materi ujian nasional Biologi SMA yang harus dipelajari secara mendalam. Ikuti penjabarannya berikut ini:

1. Materi Objek Permasalahan Biologi

Materi pertama yang pasti akan muncul dalam soal ujian nasional nomor-nomor pertama adalah tentang objek permasalahan Biologi. Jadi, permasalahan utama Biologi adalah tentang kehidupan makhluk hidup di bumi ini serta dengan beberapa faktornya. Sedangkan, objek yang dikaji yaitu berupa ekosistem, populasi, organ, sel, molekul, serta masih banyak lagi lainnya.

Read More

Di dalam materi ini juga akan muncul kajian Biologi berupa hewan, tumbuhan, serta Protista atau sebuah makhluk hidup antara hewan atau tumbuhan. Bahkan, mempelajari juga tentang virus yang berkembang di dalam makhluk hidup yang mendiami bumi ini.

Baca Juga : 7 Mata Kuliah Tata Boga yang Harus Dikuasai

2. Materi Ciri Protista

Pada materi sebelumnya sudah disebutkan bahwa akan muncul juga pertanyaan tentang Protista atau sebuah makhluk hidup yang cirinya antara hewan atau tumbuhan. Ciri-ciri tersebut dapat dilihat dengan jelas dari segi ukurannya yaitu antara sekitar 3 mm hingga 60 meter. Ciri lainnya yaitu Protista memiliki banyak sel yang hidup dengan berkelompok. Selain itu, Protista ini juga dapat hidup dengan bebas serta simbiosis mutualisme.

Protista juga mempunyai sebuah alat gerak yang mirip dengan sebuah bulu atau rambut. Dengan menggunakan alat gerak tersebut, akan membuat Protista dapat bergerak dengan leluasa. Sifat yang dimiliki Protista ini yaitu mempunyai tempat untuk menyimpan energi matahari atau disebut dengan kloroplas.

3. Materi Virus

Virus juga akan muncul dalam lembar pertanyaan ujian nasional, virus tersebut merupakan yang hidup berdampingan dengan makhluk hidup di bumi. Virus-virus tersebut juga mempunyai dampak penting dalam kehidupan makhluk lain. Jadi, tidak melulu virus itu membawa suatu penyakit tetapi bisa juga membawa dampak yang baik untuk kehidupan.

Baca Juga : Ketahuilah 7 Materi Sejarah SBMPTN yang Sering Masuk Dalam Soal

Virus yang menguntungkan yaitu virus yang dapat dijadikan bahan percobaan untuk membuat sebuah vaksin suatu penyakit. Selain itu, dapat pula bermanfaat untuk penelitian dalam ilmu kedokteran. Namun, ada juga virus yang merugikan yaitu virus yang menyerang suatu tanaman, hewan, bahkan bersarang di tubuh manusia. Virus tersebut pasti akan mendatangkan suatu penyakit yang berbahaya.

4. Materi Invertebrata

Materi ujian nasional Biologi SMA yang keempat adalah tentang makhluk hidup invertebrata. Invertebrata adalah sebuah hewan yang tidak memiliki tulang belakang serta tulang punggung. Hewan invertebrata memiliki ukuran yang kecil sehingga gerakannya cenderung lambat serta hanya akan ditemui pada lingkungan yang bisa dikatakan keras.

Hewan-hewan tersebut juga tidak mempunyai organ paru-paru, jadi kebanyakan dari hewan tersebut bernafas dengan menggunakan kulitnya. Hewan invertebrata ini merupakan hewan paling dominan yang ada di bumi ini. Contoh hewan dengan jenis ini adalah landak laut, kepiting, lebah, ulat, belalang, dan masih banyak lagi.

5. Materi Ekosistem

Materi selanjutnya yang dapat dipelajari adalah tentang ekosistem, materi ini merupakan materi yang setiap tahunnya pasti muncul dalam soal ujian nasional. Ekosistem adalah suatu hubungan yang mempunyai timbal balik antara semua makhluk hidup terhadap lingkungan. Hubungan tersebut bisa saja menguntungkan serta merugikan. Ekosistem ini pasti akan terjadi pada suatu lingkungan dan tidak mungkin terlepas.

Di dalam ekosistem tersebut ada dua komponen yang berperan yaitu biotik serta abiotik. Komponen biotik sendiri merupakan komponen yang hidup atau dengan kata lain makhluk hidup itu sendiri yaitu berupa produsen, konsumen, serta decomposer. Sedangkan, komponen abiotic adalah komponen yang bukan makhluk hidup yaitu berupa air, suhu, sinar matahari, serta garam.

Baca Juga : Inilah Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

Jadi itulah beberapa materi ujian nasional Biologi SMA yang pasti akan keluar dalam lembar pertanyaan. Materi di atas hanya segelintir dari banyaknya materi yang harus dipelajari. Materi lainnya yang akan muncul seperti pencemaran lingkungan, pengelompokan makhluk hidup, ciri hewan serta tumbuhan, dan masih banyak lagi lainnya.

Related posts