Ketahuilah 7 Materi Sejarah SBMPTN yang Sering Masuk Dalam Soal

Ketahuilah Materi Sejarah SBMPTN

Bagi yang kemarin tidak lulus SNMPTN, maka wajib mengetahui materi Sejarah SBMPTN yang akan dijabarkan berikut. Seleksi secara bersama untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri ini memang cukup ketat dilakukan oleh beberapa universitas. Jika ingin lulus, maka harus menguasai materi yang akan diujikan nanti. Dan di bawah adalah mapel Sejarah:

1. Masa Penjajahan Eropa

Materi ini sering kali keluar dalam soal-soal SBMPTN. Beberapa tahun terakhir, pelajaran terkait masa penjajahan Eropa pasti masuk dalam pembahasan soal. Para calon mahasiswa harus mempelajarinya secara lengkap. Mulai dari lamanya masa penjajahan, hingga perlawanan yang dilakukan untuk mengusir penjajah tersebut.

Read More

2. Orde Baru dan Reformasi

Selanjutnya yang pasti ada dalam soal SBMPTN yaitu terkait orde baru. Yang mana pada masa tersebut di bawah kepemimpinan Jenderal Soeharto. Beberapa yang perlu dipelajari adalah tentang Surat Perintah Sebelas Maret dan kabinet yang ada di masa itu. Masalah tentang Timor Timor dan Gerakan Aceh Merdeka juga tidak boleh ditinggalkan.

Baca Juga : Inilah Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

Sedangkan materi tentang reformasi juga harus dipelajari. Karena ini masih ada kaitannya dengan orde baru. Tanggal-tanggal penting yang terjadi selama masa tersebut perlu dihafalkan. Misalnya saja peristiwa Gejayan atau tragedi Trisakti yang paling terkenal. Begitu pun tentang mundurnya Jenderal Soeharto, pemilu bebas pertama kali, dan peristiwa Bom Bali 1 & 2.

3. Kerajaan Hindu Budha dan Masuknya Islam ke Nusantara

Materi Sejarah SBMPTN selanjutnya yang tidak boleh luput untuk dipelajari yaitu tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia. Termasuk di dalamnya nama kerajaan dan rajanya, candi, prasasti, dan kebudayaan. Para calon peserta ujian harus bisa membedakan antara kerajaan yang beraliran Hindu atau Buddha.

Pembahasan tentang awal mula masuknya Agama Islam ke nusantara juga harus dihafalkan. Terutama pembawa dan tokoh yang menyebarkannya di Indonesia. Selain itu, nama-nama kerajaan Islam dan raja yang berkuasa tidak boleh dilewatkan. Pelajari pula mengenai peristiwa yang terjadi selama masa itu.

Baca Juga : Daftar dan Sebaran Materi UTBK Geografi yang Wajib Diketahui

4. Pendudukan Jepang Hingga Proklamasi

Sebelum mengikuti SBMPTN, pastikan mempelajari tentang masa pendudukan Jepang di negara Indonesia. Begitu pun organisasi apa saja yang pernah dibentuk oleh Jepang dan bagaimana perlawanan rakyat Indonesia. Semua peristiwa yang berhubungan dengan proklamasi sampai hari kemerdekaan juga pasti terdapat dalam pembahasan soal. Pelajari pula tentang peran para tokoh.

5. Demokrasi Liberal dan Terpimpin

Materi dari pelajaran Sejarah yang banyak keluar dalam soal SBMPTN adalah pembahasan tentang demokrasi liberal dan terpimpin. Para calon peserta seleksi ini perlu menghafalkan peristiwa yang ada di dua masa tersebut. Selain itu, tentang kabinet yang pernah dibentuk dan penyimpangan yang pernah terjadi juga tidak boleh ditinggalkan.

6. Peradaban Kuno

Yang selanjutnya ini merupakan salah satu materi yang dalam beberapa tahun terakhir juga kerap ada di soal. Jadi para calon mahasiswa harus mempelajari tentang peradaban Mesopotamia, Mesir Kuno, hingga Yunani Kuno. Peninggalan, budaya, dan kepercayaan yang dianut selama masa tersebut juga perlu dipelajari.

7. Peristiwa Penting Dunia

Terakhir, jangan lupa untuk mempelajari peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi di Dunia. Seperti halnya Revolusi Kuba dan perang antara Korea Selatan dan Utara. Peristiwa lain yang juga harus dipelajari yaitu tentang perseteruan yang terjadi antara Israel dan Palestina.

Baca Juga : Berikut Materi Akuntansi Perpajakan Dasar yang Harus Diketahui

Itulah 7 materi Sejarah SBMPTN yang sering keluar dari beberapa topik pembahasan. Sebelum melakukan ujian, sebaiknya para calon mahasiswa belajar dengan maksimal. Bukan hanya ketujuh materi di atas, tapi juga topik lainnya. Meskipun persentase keluarnya dalam soal hanya sedikit.

Related posts