5 Jenis Makanan Anjing Pitbull Supaya Tetap Sehat dan Kuat

Jenis Makanan Anjing Pitbull Supaya Tetap Sehat dan Kuat

Anjing pitbull memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda dengan anjing peliharaan pada umumnya, sehingga dalam melakukan perawatan khususnya pemberian makan juga berbeda. Ras anjing Pitbull memiliki otot yang besar dan kuat sehingga membutuhkan protein yang sangat tinggi. Memberi makanan anjing Pitbull dapat dikategorikan berdasarkan usia mereka. Ketika dalam masa pertumbuhan, biasanya porsi makan Anjing ini cukup banyak. Berikut ini beberapa jenis makanan yang cocok diberikan kepada anjing Pitbull:

1. Daging

Daging hewan seperti daging sapi, ayam, Domba, Babi  merupakan jenis makanan yang paling umum diberikan. Selain mudah didapat, daging juga mengandung berbagai kebutuhan gizi yang dibutuhkan seperti protein, vitamin B, mineral, fosfor, dan sebagainya.

Read More

Pemilihan daging juga perlu diperhatikan sebelum memberikannya sebagai makanan anjing Pitbull. Pilihlah daging dengan kualitas yang terbaik dan rendah lemak. Khusus untuk jenis daging babi, sebaiknya hindari pemberian dalam jumlah besar karena mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan obesitas pada Anjing Pitbull.

Baca Juga : Gejala Dan Cara Menghilangkan Scabies Pada Kucing

2. Ikan

Ikan juga mengandung banyak zat yang dibutuhkan anjing Pitbull seperti zat amino, omega 3, mineral dan protein. Manfaat dari zat yang terkandung dalam ikan ini berguna untuk kesehatan bulu dan juga kulit. Pemberian makan dengan ikan secara teratur mampu merangsang pertumbuhan otot serta kesehatan tulang.

Ikan yang dapat diberikan untuk makan Anjing Pitbull sebaiknya ikan yang kaya akan asam amino seperti ikan Salmon atau Tuna. Hindari pemberian makan dengan ikan yang mengandung merkuri karena sangat berbahaya bagi kesehatan Anjing Pitbull Peliharaan.

3. Organ dalam atau Jeroan

Organ dalam pada hewan seperti hati juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan anjing Pitbull. Jeroan mengandung banyak protein serta nutrisi yang sangat baik untuk menambah berat badan serta pertumbuhan otot. Guna menjaga kesehatan anjing Pitbull, berikan secukupnya dan jangan terlalu sering agar anjing Pitbull tetap sehat.

Baca Juga : 8 Panduan Cara Merawat Lovebird Paud Agar Rajin Ngekek dan Berdurasi Panjang

Pemilihan jenis jeroan sangat mempengaruhi kesehatan anjing khususnya pencernaan. Pastikan memberi jenis jeroan yang disukai oleh anjing. Pastikan juga kebersihan dari jeroan sebelum diberikan guna menghindari parasit yang masih menempel.

4. Buah-Buahan dan Sayuran

selain protein yang berasal dari hewani, protein nabati juga penting bagi Anjing Pitbull. Adapun zat Nabati yang terkandung dalam sayuran atau buah namun tidak terdapat pada daging seperti zat probiotik yang berguna untuk kesehatan usus.

Anjing Pitbull dapat diberikan berbagai macam sayuran seperti Brokoli, Wortel, Bayam, labu, kubis dan sebagainya. Sayuran tersebut bisa dijadikan sebagai kudapan atau cemilan si anjing.

Berbeda dengan sayuran yang hampir semua jenis dapat diberikan, untuk pemberian buah harus berhati-hati. Tidak semua jenis buah cocok bagi Anjing Pitbull. Sebaiknya memberikan buah seperti buah Apel, Kiwi, Jeruk atau Blewah. Hindari pemberian buah ceri atau Anggur karena dapat mengganggu pernapasan dan merusak gusi pada anjing.

5. Suplemen Khusus Hewan

Pemberian suplemen dan juga multivitamin juga sangat penting untuk diperhatikan. Memberikan Anjing Pitbull dengan vitamin B dapat merangsang nafsu makan menjadi banyak.

Suplemen dan vitamin juga dapat mempercepat perubahan protein dan lemak menjadi energi dalam tubuh Anjing Pitbull. Jika berminat untuk membelinya dapat mengunjungi Petshop atau toko Online yang menjual makanan hewan.

Itulah beberapa jenis makanan Anjing Pitbull supaya tetap sehat dan kuat. Beberapa Anjing Pitbull tidak cocok dengan jenis protein tertentu. Segera hentikan pemberian makanan tersebut ketika mengalami gejala seperti gatal, diare atau muntah. Konsultasikan ke dokter hewan apabila gejala terus berlanjut.

Related posts