Cara Menggunakan USB Bluetooth Di DVD Player dan Kegunaannya

USB Bluetooth

Seiring berkembangnya teknologi, kini semua pengoperasian perangkat ada dalam genggaman termasuk perangkat DVD Player. Kini ternyata DVD Player bisa dioperasikan dari jarak jauh. Untuk dapat mengoperasikan DVD Player dari jarak jauh diperlukan perangkat tambahan berupa USB Bluetooth. Cara menggunakan USB Bluetooth di DVD Player cukup mudah dan dapat dicoba dilakukan sendiri di rumah.

Langkah-langkah pemasangan USB Bluetooth di DVD Player secara detail akan dijelaskan di bawah ini. Tapi, sebelum membahas langkah-langkahnya lebih dahulu akan dibahas apa saja kegunaan dari USB Bluetooth di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Kegunaan USB Bluetooth

Perangkat USB Bluetooth atau banyak dikenal dengan Bluetooth Dongle merupakan hardware yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan antar perangkat melalui koneksi bluetooth. Biasanya perangkat yang satu ini dipasangkan pada peralatan yang tidak memiliki bluetooth. Penggunaan USB Bluetooth pada perangkat memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi seperti transfer data hingga sinkronisasi data secara langsung.

Naca Juga : 7 Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Paling Ampuh

Semua kegiatan komunikasi tersebut dapat dilakukan secara nirkabel. Ini memudahkan pengguna yang ingin melakukan transfer data atau mengoperasikan perangkat dari jarak jauh (sesuai jarak maksimal koneksi dengan bluetooth).

Cara Menggunakan USB Bluetooth Di DVD Player

Untuk memperoleh berbagai manfaat dari USB Bluetooth pengguna harus lebih dahulu melakukan setting USB Bluetooth pada perangkat yang diinginkan, termasuk pada DVD Player. Cara menggunakan USB Bluetooth di DVD Player akan dijelaskan lebih lanjut melalui ulasan-ulasan di bawah ini.

1. Siapkan Perangkat DVD

Pertama, pengguna harus menyiapkan perangkat DVD yang akan dikoneksikan dengan USB Bluetooth. Pastikan perangkat DVD player tersebut telah memiliki port USB yang sesuai dengan port USB Bluetooth. Selain itu juga harus diperhatikan perangkat speaker yang digunakan. Nantinya suara dari musik atau video yang diputar akan masuk ke speaker tersebut.

Naca Juga : 5 Cara Membersihkan RAM Hp Samsung Mudah dan Praktis

Ada beberapa pilihan perangkat USB Bluetooth yang dapat digunakan di sini. Beberapa di antaranya adalah USB Bluetooth 4.0 dan 5.0. Kedua versi USB ini memiliki kesamaan fungsi, namun perbedaannya adalah dari segi kecepatan transfer data. USB 5.0 memiliki kecepatan transfer lebih tinggi dibanding dengan USB 4.0. Hal tersebut diimbangi dengan harga dari USB 5.0 yang lebih tinggi dibanding dengan USB 4.0.

2. Hubungkan USB Bluetooth dengan DVD

Selanjutnya jika perangkat DVD telah disiapkan saatnya menghubungkan USB Bluetooth ke DVD Player. Cara menghubungkannya cukup mudah yaitu dengan menancapkan USB Bluetooth ke port USB dari DVD Player. Tunggu hingga lampu indikator pada USB yang telah dihubungkan ke DVD Player menyala.

Biasanya tanda USB telah terhubung adalah lampu indikator yang bergerak cepat. Selain itu pada layar DVD Player juga telah tampil tulisan yang menunjukkan USB telah terhubung.

3. Setting Bluetooth Pada Ponsel

Langkah ketiga adalah melakukan setting bluetooth pada ponsel pengguna. Pastikan bluetooth pada ponsel dalam keadaan menyala. Selain itu juga harus dicek apakah perangkat bluetooth pada ponsel dapat terhubung dengan perangkat bluetooth lain atau tidak.

4. Lakukan Pairing

Jika bluetooth pada ponsel telah berhasil di setting sekarang saatnya menghubungkan bluetooth ponsel dengan USB. Pilih menu bluetooth pada ponsel kemudian cari yang nama perangkat USB Bluetooth lalu pilih opsi hubungkan. Umumnya beberapa perangkat bluetooth akan langsung terpasang ke ponsel apabila bluetooth dinyalakan. Lalu tunggu hingga kedua perangkat terhubung,

5. Uji Coba USB Bluetooth

Apabila kedua perangkat berhasil terhubung sekarang saatnya melakukan uji coba USB Bluetooth pada DVD Player. Putar musik atau video dari ponsel, jika bluetooth berhasil terhubung dengan baik maka suara dari video atau musik tersebut akan keluar di DVD Player. Pengguna juga dapat melakukan uji coba jarak, untukĀ  mengetahui berapa jauh jarak DVD Player dan ponsel dapat terhubung.

Naca Juga : Bagaimana Cara Menghilangkan Ghost Touch Android Cari Jawabannya Di Sini

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara menggunakan USB Bluetooth di DVD Player sebenarnya cukup mudah. Selain pemasangan yang mudah USB Bluetooth juga memberikan banyak kemudahan pengguna untuk mengoperasikan perangkat dari jarak jauh. Jadi bagaimana tertarik menggunakan perangkat ini?

Pos terkait