Penyebab Sinyal WiFi Lemah di Android dan Cara Mengatasinya

Sinyal WiFi Lemah di Android

Berburu WiFi menjadi hal biasa bagi pemilik perangkat android. Meski sudah memiliki persediaan kuota, pengguna android berburu WiFi agar bisa menghemat kuota.  WiFi memang banyak tersedia gratis di berbagai tempat sehingga mudah diakses. Meski demikian, para pemburu WiFi juga tidak lepas dengan gangguan sinyal WiFi lemah di android. Apa saja penyebab WiFi lemah dan bagaimana cara mengatasinya? berikut ini ulasannya:

Penyebab WiFi Lemah di Android

Ketika sedang asik menggunakan WiFi maka akan sangat terganggu jika tiba-tiba sinyalnya menjadi lemah. Sinyal yang awalnya stabil tiba-tiba menurun sehingga akses internet tidak berjalan lancar pada android. Tidak perlu panik, cari tahu apa penyebab sinyal WiFi lemah di Android.

Bacaan Lainnya

1. Jarak Antara Android dan Router yang Jauh

Salah satu penyebab sinyal WiFi lemah yakni karena perangkat android jaraknya cukup jauh dari router atau sumber WiFi. Terdapat WiFi yang diatur hanya skala lingkup rumahan dan ada juga yang memang diperuntukkan untuk publik. Jika WiFi hanya dalam skala rumahan maka akan lemah sinyalnya jika pengakses WiFi berada cukup jauh dari lokasi WiFi.

Baca Juga : 5 Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk Tanpa Ribet

2. Banyak yang Menggunakan WiFi

Kemampuan sinyal WiFi memang berbeda-beda tergantung dari penyedianya. WiFi juga memiliki batas maksimal penggunaan sehingga berpengaruh ketika yang mengakses cukup banyak. Jika sinyal WiFi mulai melemah bisa jadi juga karena pada jaringan WiFi yang sama banyak yang mengakses di saat bersamaan.

3. Adanya Gangguan Peralatan Elektronik Lain

Sinyal WiFi dapat melemah jika ada perangkat elektronik lain yang ada di sekitarnya. Perangkat elektronik lain yang dimaksud yakni yang menggunakan sistem sinyal dalam pengoperasiannya. Misalkan pada sistem pintu otomatis atau perangkat elektronik lain yang menggunakan memanfaatkan kinerja sinyal. Hal ini yang membuat sinyal WiFi menjadi gaduh dengan sinyal sekitarnya.

Cara Mengatasi Wifi Lemah di Android

Sesuatu yang paling menjengkelkan saat mengakses WiFi yakni ketika sinyal Wifi lemah di android. Terlebih jika sedang menunggu proses loading saat mengakses internet atau sedang menonton YouTube pasti akan sangat mengganggu. Jangan turuti rasa jengkel saat WiFi lemah, cari tahu cara mengatasinya terlebih dahulu.

1. Pilih Lokasi Akses WiFi yang Tepat

Saat mengakses WiFi sebaiknya berada di ruang yang bebas dari adanya alat elektronik lain yang bisa mengganggu stabilitas sinyal. Pastikan berada di lokasi yang juga cukup dekat dengan sumber WiFi. Jika berada di ruang publik biasanya sudah disediakan tempat khusus untuk para pengakses WiFi.

Baca Juga : 6 Penyebab Flashdisk tidak Terbaca di Windows 10

2. Hapus Riwayat WiFi

Jika terbiasa mengakses WiFi dari android biasanya ada beberapa riwayat jaringan WiFi yang pernah diakses. Hapus semua riwayat jaringan WiFi tersebut dan coba untuk menyambungkan dari awal. Banyaknya riwayat jaringan WiFi bisa menjadi sebab sinyal WiFi yang terbaru sulit untuk diakses.

3. Ubah Pengaturan WiFi

Pada beberapa perangkat android biasanya disediakan fitur untuk mengatur frekuensi WiFi. Atur frekuensi WiFi untuk memilih kecepatan akses WiFi. Pada umumnya terdapat dua frekuensi sinyal WiFi yakni 2.4 GHz dan 5.8 GHz. Pilih salah satu atau buatlah aturan secara otomatis agar perangkat android bisa menyesuaikan dengan gelombang sinyal WiFi yang diakses.

4. Pakai Aplikasi Tambahan untuk mengatasi WiFi Lemah di Android

Terakhir jika terjadi sinyal WiFi lemah di android bisa gunakan aplikasi tambahan untuk memperkuat sinyal WiFi yang masuk. Cari aplikasi penguat sinyal WiFi di Play Store, salah satunya seperti Speed Test dan sejenisnya. Kemudian pasang aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diperintahkan oleh aplikasi tersebut.

Baca Juga : 7 Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk Paling Ampuh

Pemburu WiFi gratis tidak perlu risau saat sinyal tiba-tiba melemah. Kenali penyebab sinyal WiFi lemah di android. Kemudian coba cara-cara yang sudah disebutkan tadi untuk mengatasi sinyal WiFi yang melemah di perangkat android.

 

Pos terkait