6 Penyebab Flashdisk tidak Terbaca di Windows 10

Penyebab Flashdisk tidak Terbaca

Windows 10 tidak mendeteksi flashdisk merupakan salah satu masalah yang sering terjadi. Ada beberapa penyebab mengapa flashdisk tidak dapat dibaca di Windows 10. Baik karena terdapat masalah pada flashdisk tersebut atau justru sistem operasi yang bermasalah. Berikut ini beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca di Windows 10:

1. Port USB Kotor atau Rusak

Penyimpanan flashdisk yang tidak tepat dapat menyebabkan port USB flashdisk tersebut kotor. Debu-debu yang menempel pada kuningan port tersebut dapat menumpuk dan mengakibatkan flashdisk tidak terbaca di laptop. Untuk membersihkannya dapat menggunakan kuas pembersih atau karet penghapus.

Bacaan Lainnya

Penyebab lain yang mengakibatkan flashdisk tidak terbaca adalah karena port USB pada komputer rusak. Port rusak biasa terjadi pada salah satu port yang ada di perangkat. Dengan begitu perangkat atau flashdisk yang ingin dipasang tidak akan terdeteksi dengan baik.

Baca Juga : 5 Cara Membersihkan RAM Hp Samsung Mudah dan Praktis

2. Driver USB tidak Terinstall, tidak Stabil atau Rusak

Ketika ada masalah pada driver USB juga akan mengakibatkan flashdisk tidak terbaca. Maka dari itu perlu dilakukan pengecekan pada USB terlebih dahulu. Pengecekan dapat dilakukan melalui Device Manager. Umumnya kasus ini jarang terjadi, namun tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan agar mengetahui akar masalah penyebabnya.

Fungsi dari USB pada Windows dikendalikan oleh driver Universal Serial Bus Controllers. Ketika driver ini bermasalah, maka flashdisk dan perangkat USB lain tidak dapat terbaca di Windows 10. Maka dari itu harus dilakukan install ulang pada driver tersebut.

3. Sistem Operasi Belum Update Bahkan File System yang Ada Rusak

Penyebab flashdisk tidak terbaca di Windows 10 juga dapat terjadi jika sistem operasi tersebut belum update. Untuk mengatasinya, pengguna harus melakukan update Windows yang digunakan melalui menu settings. Pada menu tersebut, pengguna dapat memilih Update & Security dan lakukan update Windows.

Windows 10 memiliki utilis di Command Prompt yaitu Windows Resource Protection. Windows ini akan melakukan scan, verifikasi dan perbaikan file system. Ketika flashdisk tiba-tiba tidak terbaca bisa jadi disebabkan karena file system corrupt, diganti software lain atau hilang.

4. Flashdisk Rusak

Beberapa kasus flashdisk tidak terbaca di Windows 10 adalah karena flashdisk yang digunakan memang rusak. Hal ini biasanya ditandai dengan tidak menyalanya indikator lampu pada flashdisk ketika flashdisk terpasang. Jika hal ini terjadi maka solusinya adalah mengganti flashdisk yang baru.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghilangkan Ghost Touch Android Cari Jawabannya Di Sini

Selain itu sebagian orang sering melakukan kesalahan dalam menggunakan flashdisk. Salah satunya adalah mencabut flashdisk tanpa melakukan eject terlebih dahulu. Hal ini akan mengakibatkan komputer kaget karena penyimpanan tiba-tiba hilang. Jika kesalahan ini dilakukan secara rutin, maka bukan tidak mungkin data-data yang tersimpan dalam flashdisk rusak atau hilang.

5. Virus dan Malware

Serangan virus dan malware juga dapat mengenai flashdisk. Umumnya hal ini terjadi karena kesalahan dalam menggunakan flashdisk. Kebiasaan menghubungkan flashdisk ke sembarang komputer secara bergantian dan sering akan merusak kondisi flashdisk. Apalagi pengguna tidak tahu ada virus apa di dalam perangkat tersebut.

6. Berubah Menjadi RAW

Flashdisk dapat berubah format menjadi RAW. Hal ini yang menyebabkan Windows 10 tidak dapat mendeteksi flashdisk tersebut. Perubahan ini biasanya terjadi karena power drop secara tiba-tiba ketika flashdisk digunakan. Selain itu proses format yang tidak sempurna juga dapat mengakibatkan flashdisk berubah ke format RAW.

Itulah penyebab flashdisk tidak terbaca di Windows 10. Sebelum terjadi masalah pada flashdisk alangkah lebih baik untuk mencegahnya terlebih dahulu. Salah satunya yaitu dengan membeli flashdisk asli serta merawatnya dengan menyimpan di tempat yang bersih dan kering.

Pos terkait