5 Materi Pelajaran TK Nol Kecil yang Sering Digunakan

Materi Pelajaran TK Nol Kecil

TK atau taman kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan pertama yang harus diperoleh seorang anak. Di jenjang pendidikan TK ada dua tahapan yang harus dilalui, yaitu TK nol kecil serta TK nol besar. Anak-anak akan memulai dalam tahap TK nol kecil terlebih dahulu sebelum naik ke tingkat TK nol besar. Materi pelajaran TK nol kecil juga berupa dasar-dasar pengenalan saja. Berikut ini akan dijabarkan beberapa materi yang diajarkan pada nol kecil:

1. Materi Huruf serta Bunyinya

Materi dasar yang pertama yang diajarkan yaitu berupa huruf serta bunyi pengucapannya. Langkah awal ini akan menentukan materi pelajaran TK nol kecil yang selanjutnya. Biasanya para guru akan mengajarkan huruf-huruf vokal terlebih dahulu seperti a,i,u,e, dan o. Guru harus mengucapkan huruf tersebut dengan lantang serta jelas, agar para anak-anak dapat menirunya dengan jelas serta tidak salah.

Bacaan Lainnya

Jika pengucapan huruf vokal sudah jelas serta sempurna, maka dilanjutkan dengan huruf konsonan atau huruf mati. Sama seperti dengan pengajaran huruf vokal, penyebutan huruf konsonan juga harus lebih jelas karena hurufnya memang lebih susah diucapkan terutama untuk anak-anak yang baru belajar.

Baca Juga : 5 Mata Pelajaran Madrasah Diniyah yang Wajib Diketahui

2. Materi Menulis

Setelah mampu mengucapkan semua huruf dengan jelas, maka saatnya untuk masuk ke dalam materi menulis. Materi ini harus diajarkan dengan sabar serta telaten, agar anak-anak pun mudah untuk mencernanya. Bisa dimulai dengan berlatih memegang alat tulis terlebih dahulu, ajarkan memegang alat tulis berupa pensil atau pulpen dengan benar. Setelah itu baru bisa dimulai pada tahapan menulis, langkah pertama bisa dengan menebalkan beberapa huruf terlebih dahulu.

Menebalkan huruf akan membantu anak untuk melatih otot tangan menulis dengan sempurna. Jika sudah bisa dilanjutkan dengan menuliskan kata-kata sederhana yang di sekitar anak-anak seperti meja, kursi, ibu, bapak, adik, dan lain sebagainya. Guru bisa menggunakan kertas warna-warni agar anak lebih semangat untuk belajar menulis.

3. Materi Berhitung

Materi yang selanjutnya yaitu belajar tentang angka serta berhitung, anak-anak akan lebih mudah mengenal angka jika pada materi huruf sebelumnya sudah lancar. Guru harus mampu mengajarkan huruf dengan berurutan serta harus diucapkan dengan jelas. Guru juga bisa mengajarkan lewat gerakan tangan, agar anak juga bisa sambil berlatih berhitung.

Setelah anak-anak mampu mengucapkan huruf dengan benar, maka bisa dilanjutkan dengan materi berhitung. Berhitung bisa dimulai dengan dasarnya terlebih dahulu, bisa dengan menghitung penjumlahan dahulu. Tenaga pendidik juga bisa menggunakan beberapa gambar yang menarik untuk dihitung. Gambar yang lucu serta menarik lebih akan membuat anak-anak tertarik.

4. Materi Mengenal Bentuk dan Benda

Materi yang perlu diajarkan di TK selanjutnya yaitu mengenalkan bentuk-bentuk pada anak. Bentuk dasar yang diajarkan bisa berupa bentuk kotak, bulat, segitiga, persegi, hingga persegi panjang. Guru bisa menggunakan media balok untuk membuat anak lebih tertarik, guru juga bisa menyuruh anak-anak untuk membuat sebuah benda dari balok tersebut. Pengenalan bentuk ini harus diajarkan semenarik mungkin, agar tidak membosankan.

Baca Juga : Cara Menghitung Pecahan Biasa dengan Mudah

Lalu jika anak sudah dapat mengenal bentuk dengan baik, maka selanjutnya yaitu menyebutkan benda-benda sekitar. Pengenalan benda tersebut dapat dikombinasikan dengan pengenalan bentuk. Misal, guru menyebutkan papan tulis maka anak-anak bisa disuruh untuk menyebutkan jenis bentuknya.

5. Materi Mengenal Musim dan Waktu

Materi terakhir yang bisa diajarkan yaitu mengenalkan tentang musim serta waktu. Musim yang diajarkan juga harus sesuai dengan musim di Indonesia. Agar anak tertarik dengan pengenalan musim ini, bisa menggunakan sebuah lagu untuk mengenalkannya. Gunakan nada lagu yang tidak asing bagi anak-anak serta gunakan lirik yang sederhana saja. Begitu juga dengan pengenalan waktu, bisa dikenalkan dengan waktu pagi, siang, sore, serta malam hari terlebih dahulu.

Jadi itulah beberapa materi pelajaran TK nol kecil yang biasa diajarkan di sekolah-sekolah setingkat TK. Materi di atas juga dapat digunakan oleh para orang tua untuk bermain sambil belajar di rumah. Buatlah teknik mengajar yang seasyik mungkin agar anak juga tidak bosan dalam mempelajarinya.

Pos terkait