Cara Menghitung Pecahan Biasa dengan Mudah

Cara Menghitung Pecahan Biasa

Mata pelajaran matematika di sekolah merupakan mata pelajaran yang penuh dengan angka dan hitungan. Tak heran banyak siswa yang merasa kesulitan di mata pelajaran matematika, apalagi ketika menemukan bab hitungan pecahan. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghitung pecahan biasa dengan mudah. Ikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar agar bisa menemukan jawaban dari soal pecahan.

Sekilas Tentang Pecahan

Sebelum itu, pahami terlebih dahulu soal pecahan adalah hal yang penting. Pecahan ada dua yaitu pecahan biasa serta pecahan campuran. Angka yang ada di bagian atas suatu pecahan biasa disebut sebagai pembilang. Sementara angka yang ada di bawah disebut penyebut.

Bacaan Lainnya

Untuk pecahan campuran, ada angka lain yang ada di depan suatu pecahan biasa. Jika ingin menyelesaikan soal pecahan campuran, maka pecahan tersebut harus diubah ke pecahan biasa terlebih dahulu. Cara mengubahnya dapat dijumlahkan, dikurangi, dikali, atau dibagi.

Baca Juga : 5 Materi Bimbel Anak TK yang Wajib Diajarkan Sejak Dini

Menjumlahkan dan Mengurangi Pecahan Biasa

Cara pertama untuk dapat menghitung pecahan biasa adalah dengan menjumlahkan dan menguranginya. Pertama, perhatikan angka penyebut terlebih dahulu, carilah angka yang sama dari angka penyebut itu. Kemudian, kalikan angka tersebut, dan kalikan angka-angka pembilang dengan angka yang dipakai untuk mencari angka penyebut.

Cara lainnya, cukup dengan mencari nilai KPK (kelipatan persekutuan terkecil) dari angka penyebut tersebut. Kemudian tulis di bagian hasil sebagai angka penyebut. Setelah itu, kalikan angka pembilang pertama dengan angka penyebut kedua, lalu simpan hasilnya di pembilang pertama.

Jika sudah, kalikan juga angka pembilang kedua dengan angka penyebut pertama. Tulis hasilnya di pembilang kedua bagian hasil. Setelah itu, tinggal jumlahkan saja, namun tetap dengan angka penyebut yang sama hasil dari KPK tadi. Untuk pecahan pengurangan pun memakai metode yang sama seperti di atas.

Mengalikan dan Membagikan Pecahan Biasa

Untuk pecahan perkalian dan pembagian sebenarnya lebih mudah. Jika terdapat soal pecahan perkalian, cukup mengalikan angka pembilang dengan pembilang, dan angka penyebut bersama penyebut lainnya. Kemudian, hasilnya tulis di sebelah tanda sama dengan. Selesai.

Untuk mendapatkan jawaban dari pembagian pecahan, caranya pun hampir sama dengan perkalian. Sebagai contoh, jika ingin membagi ½ dengan ¼, pertama balik terlebih dahulu pecahan kedua menjadi 4/1. Lalu kalikan ½ dengan 4/1 dan diperoleh 4/2. Selesai.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris yang Menarik

Dari hasil 4/2 tersebut, bisa disederhanakan kembali yaitu hasilnya menjadi 2. Perkalian dan pembagian pecahan memiliki metode yang mirip, namun berbeda dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Mengubah Pecahan

Cara menghitung pecahan biasa berikutnya yaitu mengubah bentuk campuran ke bentuk biasa. Ya, jika terdapat soal pecahan campuran dan harus dihitung dengan pecahan biasa, yang harus dilakukan tentu mengubahnya terlebih dahulu menjadi pecahan biasa agar lebih mudah.

Caranya, kalikan angka penyebut dengan angka yang ada didepan pecahan itu. Jika sudah ketemu hasilnya, lalu tambahkan dengan angka pembilang yang ada diatasnya.

Sebagai contoh jika ada pecahan campuran dengan angka 2 didepan 5/6. Ada angka 2 tersebut, kalikan angka 6 dengan angka 2 terlebih dahulu. Hasilnya adalah 12, kemudian tambahkan dengan 5, hasilnya menjadi 17. Angka penyebut tetap ditulis sama dengan pecahan campuran sebelumnya. Selesai.

Sekarang sudah mengetahui cara menghitung pecahan biasa dengan benar. Caranya cukup mudah bukan? Jika sudah memahaminya, maka pastinya akan bisa menyelesaikan jenis soal pecahan apapun dan sebanyak apapun angkanya, tidak terbatas satuan atau puluhan saja.

Pos terkait