Penyebab Dan Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Cara Menyembuhkan Luka Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang identik dengan luka basah dan luka kering. Luka basah timbul berawal dari luka kering yang tidak diobati. Oleh karena itu apa saja cara menyembuhkan luka diabetes yang dapat dilakukan?

Karena apabila tidak dilakukan pengobatan maka akan merusak 2 sistem penting yang ada didalam tubuh. Tidak hanya itu, apabila luka diabetes tidak ditangani dengan cepat maka akan terjadi infeksi yang mengakibatkan bagian luka harus diamputasi

Bacaan Lainnya

Apa Saja Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh

Kadar gula dalam darah yang tidak normal akan membuat pembuluh arteri menyempit. Hal ini tentunya akan mempengaruhi proses peredaran darah di dalam tubuh. Penyempitan pembuluh arteri membuat tubuh kurang menerima oksigen dan nutrisi. Padahal hal tersebut sangat berperan penting dalam proses penyembuhan luka, baik itu luka basah maupun kering.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Selain karena kadar gula darah yang tinggi, daya tahan tubuh yang lemah juga menjadi penyebab luka diabetes sulit sembuh. Daya tahan tubuh yang lemah akan memperlambat proses penyembuhan luka bahkan akan membuat luka menjadi semakin parah.

1. Lakukan Debridement

Cara menyembuhkan luka diabetes yang pertama yaitu dengan melakukan debridement atau pembuangan jaringan kulit yang mati. Debridement hanya dapat dilakukan oleh dokter saja, jangan coba-coba untuk melakukannya sendiri.

Debridement merupakan proses pembersihan dan pengangkatan jaringan kulit yang menebal dan sudah mati. Proses ini akan mempercepat penyembuhan pada luka diabetes.

2. Bersihkan Luka Secara Rutin

Apabila luka kering maka bersihkan kulit yang ada disekitar luka dengan menggunakan antibiotik atau cairan khusus dari dokter. Jika luka basah maka sterilkan luka terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan air.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Batuk Berdarah Secara Alami

Untuk mencegah terjadinya infeksi maka balut luka dengan menggunakan kain kasa. Berikan salep antibiotik sebelum menggunakan perban dan hindari penggunaan perban secara berulang.

3. Hindari Tekanan pada Luka

Menghindari tekanan pada luka diabetes sangat penting untuk dilakukan. Terlebih jika luka basah terdapat di kaki, sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan sepatu. Jangan terlalu sering berjalan apabila luka belum benar-benar sembuh.

Apabila ingin memberikan perban pada luka, usahakan jangan melilit terlalu kencang karena akan memperlambat proses penyembuhan luka. Selain itu, hindarkan luka dari gangguan yang dapat membuat luka menjadi semakin parah.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Usahakan agar kadar gula dalam darah selalu normal. Mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak istirahat dan menjaga pola makan.

Hal tersebut memang terlihat sepele namun sangat mempengaruhi tingkat kadar gula darah di dalam tubuh. Paling penting adalah hindari makanan dan minuman yang manis-manis.

5. Konsultasi ke Dokter

Apabila tidak terdapat perubahan pada luka kering maka segeralah konsultasi ke dokter. Terlebih jika luka terasa perih dan memerah, bisa jadi itu merupakan tanda bahwa luka mengalami infeksi.

Dokter akan memberikan salep antibiotik atau obat topikal yang akan membantu proses penyembuhan luka. Jangan abaikan luka diabetes, apabila luka semakin parah segeralah ke rumah sakit dan lakukan pengobatan dibawah pengawasan dokter.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Vitiligo Secara Medis

Itulah tadi ulasan yang membahas mengenai cara menyembuhkan luka diabetes. Memang membutuhkan kesabaran yang besar apabila ingin benar-benar sembuh. Sering lakukan konsultasi ke dokter, jangan mengobati dengan asal-asalan karena hal itu akan membuat luka menjadi semakin parah. Luka diabetes yang sudah sangat parah jalan satu-satunya untuk menyembuhkan hanya dengan amputasi.

 

Pos terkait