5 Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Meniran

Daun meniran atau meniran hijau adalah tanaman tergolong liar tumbuh. Tanaman dengan nama latin Phyllanthus niruri sekilas tidak terlihat istimewa dibandingkan tanaman berdaun lain. Namun, banyak manfaat daun meniran untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Meniran adalah tanaman tropis dari golongan keluarga Phyllanthaceae yang berasal dari India. Meniran sedari dulu telah digunakan dalam ramuan obat tradisional. Daun meniran dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti batu ginjal, meredakan nyeri, diabetes, malaria, dan hepatitis B. Berikut adalah beberapa manfaat daun meniran untuk kesehatan meskipun tanaman liar:

Bacaan Lainnya

1. Menyembuhkan Batu Ginjal

Manfaat daun meniran untuk kesehatan yang paling terkenal adalah untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal. Daun meniran memiliki sifat bahan bersifat alkali (basa) yang dapat mencegah batu ginjal yang bersifat asam (acid).

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Alergi Gatal Secara Alami

Obat herbal berbahan dasar meniran banyak dijual bebas. Nama dagang produk daun meniran misalnya Dehaf, Fitangin, Glomune, dan Phyllanthus. Banyaknya produk meniran dijual bebas dikarenakan harganya lebih murah dan dijual bebas sebagai pengganti kalium sitrat.

Zat alkali pada meniran dimanfaatkan untuk mencegah batu ginjal asam. Peneliti menemukan penderita batu ginjal akan mengalami penurunan ukuran dan jumlah batu ginjalnya.

2. Menyembuhkan Diabetes

Daun meniran diuji zat-zat aktifnya untuk mengetahui manfaatnya sebagai obat dengan diuji pada tikus. Didapatkan hasil bahwa bahwa manfaat daun meniran untuk kesehatan salah satunya adalah potensi untuk pengobatan diabetes.

Ekstrak daun meniran mampu menurunkan gula darah puasa dengan mencegah naiknya kadar gula darah secara ekstrim. Tikus yang terjangkit diabetes yang diuji menunjukkan bahwa meniran hijau dapat mengurangi kadar gula darah dan berat badan.

3. Kaya Antioksidan

Ekstrak yang terbuat dari daun meniran menunjukkan aktivitas zat antioksidan. Antioksidan dapat meningkatkan fungsi hati. Selain itu, antioksidan dapat melindungi hati dengan menangkal radikal bebas yang merusak sel. Antioksidan juga mampu mengurangi jumlah gula darah puasa.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Diare pada Bayi sebagai Pertolongan Pertama

4. Menyembuhkan Penyakit Maag dan Pencernaan

Ekstrak daun meniran telah diteliti dapat menurunkan aktivitas bakteri Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan penyakit maag dan pencernaan. Pengujian dilakukan dengan membuat ekstrak dilakukan secara in vitro atau melakukan pengujian dalam tabung reaksi. Pengujian dalam tabung reaksi menggunakan metode ekstrak beberapa konsentrasi diterapkan langsung ke sel bakteri.

5. Mencegah Inflamasi

Daun meniran dapat membantu mengurangi peradangan (inflamasi). Peradangan merupakan  respons alami tubuh sebagai bentuk perlindungan akibat luka atau cedera. Radang atau inflamasi ini terjadi ketika sel antibodi melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Inflamasi umumnya terjadi bersamaan dengan gejala lain misalnya flu, sakit tenggorokan, nyeri, dan gangguan kulit.

Daun meniran diketahui dapat mengurangi inflamasi yang efeknya setara dengan ibuprofen. Daun meniran juga diteliti mampu mengurangi pemicu asam lambung dan sebagai anti-inflamasi untuk penyakit tukak lambung.

Tanaman herbal ini juga bermanfaat untuk mengobati hepatitis B, infeksi virus inflamasi pada hati yang telah diuji secara in vitro. Karena beberapa herbal lain dalam genus Phyllanthus menunjukkan aktivitas antivirus yang kuat terhadap hepatitis B. Daun meniran dianggap berpotensi menyaingi interferon obat antivirus.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Penyakit Tifus Paling Efektif

Chanca piedra atau sebutan bahasa inggris dari daun meniran ini memiliki banyak manfaat. Meskipun dikategorikan sebagai obat herbal yang biasanya efek sampingnya rendah, konsumsi daun meniran juga memiliki efek samping yang belum diketahui. Efek samping pasti akan timbul apabila dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu pengonsumsiannya harus disesuaikan dengan aturan minum yang ada.

Pos terkait