Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise Sebelum Menggeluti Bisnis Ini

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Bisnis franchise merupakan kerjasama usaha berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak mencakup izin merek, operasional dan pemasaran. Bisnis ini sangat populer di Indonesia bahkan menjadi impian semua orang. Sebelum menjalankannya, ada baiknya mempelajari dahulu kelebihan dan kekurangan bisnis franchise agar terhindar dari kerugian besar. Selain untuk berhati-hati, pemilik bisnis harus mempertimbangkan keputusan yang diambil.

Dalam mendirikan bisnis franchise ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, ketika sudah terlanjur menjalankannya maka risiko dan tanggung jawab akan ditanggung sepenuhnya. Oleh karena itu, mempelajari model perusahaan, sejarah finansial bisnis dan tingkat persaingannya wajib dipelajari pertama kali. Bila keputusan sudah bulat, yuk ketahui kelebihan dan kekurangan dari bisnis ini!

Bacaan Lainnya

Kelebihan Bisnis Franchise

Seperti bentuk usaha lainnya, ada kelebihan dan kekurangan bisnis franchise baik sebagai pemilik maupun pembeli hak bisnis. Kelebihan yang ditawarkan adalah salah satu faktor dalam meningkatkan minat dalam menjalankan bisnis tersebut. Adapun kelebihannya dari bisnis ini adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Memiliki Prospek yang Bagus, Inilah Macam Macam Usaha Franchise Modal Kecil

  • Tempat Belajar Memulai Bisnis. Belajar mendirikan bisnis franchise merupakan bekal untuk menjadi seorang pengusaha. Bisnis ini dapat dijadikan cara untuk menimba ilmu, meningkatkan skill dan wawasan.
  • Memiliki rekan bisnis berpengalaman dan profesional. Dalam mengembangkan bisnis bersama dengan rekan kerja profesional dapat membuat usaha menjadi lebih stabil. Oleh sebab itu, hal ini menjadi peran utama.
  • Manajemen Bisnis yang Terstruktur. Franchise memiliki manajemen yang terstruktur dan sistematis karena bisnis yang dijalani sudah matang. Biasanya usaha ini memiliki reputasi yang baik serta strategi berkelanjutan.
  • Brand yang Dikenal Masyarakat. Brand franchise memiliki target konsumen yang jelas karena produk sudah dikenal masyarakat luas. Oleh sebab itu, tidak sulit dalam menentukan strategi pemasarannya.
  • Berpeluang menjadi sukses. Peluang menjadi sukses pada bisnis franchise diyakini lebih cepat bila dibandingkan dengan membangun bisnis sendiri. Selain itu, biaya operasional yang dikeluarkan lebih terukur.

Kekurangan Bisnis Franchise

Calon pengusaha perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan bisnis franchise agar terhindar dari kegagalan ketika mendirikan usaha waralaba. Setelah mengetahui seluruh kelebihannya, calon franchisee juga harus memahami kekurangan dari bisnis ini seperti berikut:

  • Pedoman dan aturan yang harus ditaati. Peraturan yang ketat dalam bisnis franchise terkadang tidak membuat leluasa calon pengusaha. Namun, hal ini bertujuan agar keseragaman produk terjaga di setiap lokasi.
  • Biaya modal dan operasional yang besar. Biaya modal dan operasional akan terus berkelanjutan sesuai dengan perjanjian franchise. Selain itu, ada tambahan biaya pelatihan bagi calon pembeli franchise untuk kelangsungan bisnis.
  • Keuntungan yang dipotong. Calon franchisee diharuskan membayar royalti atau franchise fee dari keuntungan yang diperoleh. Ini berarti keuntungan yang didapatkan akan terpotong agar usahanya tetap bisa dipertahankan.
  • Kurang mandiri. Adanya ketergantungan pada reputasi bisnis franchise membuat pemiliknya kurang memiliki kontrol penuh. Sehingga ruang geraknya menjadi terbatas dan kurang mandiri akibat adanya kontrak kerjasama.
  • Terikat dengan Supplier. Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, franchise akan menentukan bahan baku dan bekerjasama dengan supplier Oleh sebab itu, akan terikat dan sulit berganti

Baca Juga : Inilah Peluang Bisnis Lobster Air Tawar dan Strategi Pemasarannya Agar Cepat Laku

Bagi yang tertarik pada usaha waralaba, alangkah baiknya mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan bisnis franchise terlebih dahulu. Setelah mengetahui informasi di atas, pastikan untuk memiliki manajemen bisnis yang baik sebagai kunci utama. Pengelolaan yang rapi dan terstruktur akan menunjang kesuksesan bisnis yang digeluti. Jangan lupa untuk selalu yakin dan tekun dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Pos terkait