Bagaimana Cara Menghilangkan Ghost Touch Android Cari Jawabannya Di Sini

ghost touch Android

Adakah cara menghilangkan ghost touch Android yang paling ampuh? Pertanyaan semacam ini akan muncul ketika seorang pengguna Android terserang gerakan ghost touch di ponselnya. Hal ini tentu saja bisa disingkirkan, bahkan dengan cara yang cukup simpel. Namun, sebenarnya gerakan ini tentu tidak terjadi secara tiba-tiba tanpa penyebab, melainkan disebabkan oleh beberapa faktor.

Beberapa penyebabnya yaitu berupa kotoran yang menempel di permukaan layar Android. Selain itu, ghost touch juga bisa terjadi karena adanya bug pada setelan ponsel atau bahkan kerusakan sistem. Lantas, apakah ada cara mudah untuk menghentikan ghost touch dan mengembalikannya pada kondisi normal? Simak ulasannya berikut ini:

Read More

1. Bersihkan Layar Android Yang Terdampak Ghost Touch

Salah satu penyebab ghost touch terjadi adalah karena adanya sesuatu yang menempel di layar ponsel, misalnya saja seperti debu, kotoran, minyak, atau air. Dengan begitu, membersihkan layar Android bisa dicoba sebagai cara untuk pemecahan masalah ini.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Android Unfortunately Has Stopped Terbukti Ampuh

Caranya yaitu cukup usap permukaan layar Android secara perlahan dan menyeluruh. Lakukan dengan tisu atau kain bersih. Barulah kunci layar sesaat, lalu hidupkan lagi. Pada umumnya cara ini akan berhasil dan gerakan ghost touch terhenti seketika.

2. Lakukan Restart Pada Android

Ketika ghost touch mulai parah dan sedikit brutal, itu berarti ada sistem yang mulai tidak beres di dalam Android. Layar akan bergerak kesana kemari tanpa kontrol. Apabila ghost touch sudah seperti ini, maka sebaiknya lakukan restart pada Android.

Matikan sebentar Android dan diamkan selama semenit atau dua menit. Setelahnya, coba untuk kembali menghidupkan ponsel dan tunggu hingga Android selesai mempersiapkan sistem ulang. Jika berhasil, maka gerakan ghost touch akan berhenti dan nantinya bisa dijalankan secara normal kembali.

3. Isi Daya Baterai

Sepele, namun berpengaruh besar, begitulah Android jika kehabisan daya. Baterai yang low secara otomatis akan menurunkan kinerja ponsel. Contohnya saja, ponsel akan mendapatkan gerakan acak yang muncul di layar. Itulah mengapa baterai low termasuk dalam penyebab ghost touch terjadi di Android.

Baca Juga : 5 Penyebab Hardisk Tidak Terbaca di Bios

Segera isi ulang kembali daya baterai dan gerakan hantu ini akan berhenti. Disarankan untuk tidak menggunakan ponsel saat sudah memasuki tahap lemah daya dan segera mengisinya kembali. Bila terlalu sering dilakukan, maka bisa memperpendek umur ponsel.

4. Hentikan Penggunaan Android Untuk Sementara

Overheat atau panas berlebih tidak hanya terjadi pada kendaraan saja, namun juga pada Android. Pemakaian yang tanpa henti dapat menyebabkan Android kepanasan, sehingga memunculkan gerakan ghost touch. Hal ini menjadi sangat mengganggu dan bisa menghambat pekerjaan.

Maka dari itu, salah satu cara menghilangkan ghost touch Android adalah dengan membiarkan ponsel selama beberapa saat. Tindakan ini bernama pendinginan ponsel, yaitu dengan cara mematikan Android dan meletakkannya begitu saja di lantai yang dingin. Jangan gunakan ponsel selama beberapa saat hingga berfungsi normal seperti sedia kala.

5. Bawa ke Tempat Servis Android

Pilihan terakhir yang tersisa adalah membawa Android ke tempat servis. Ini ditujukan pada Android yang sudah terdistraksi oleh ghost touch secara parah dan bukan lagi di tahap ringan seperti biasa. Tempat servis Android akan membenarkan kembali sistem yang salah dan menjamin kembalinya Android ke kondisi normal. Hanya saja, diperlukan biaya yang cukup untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Penyebab Windows 10 Tidak Bisa Connect Wifi dan Cara Mengatasinya

Itulah pembahasan mengenai cara menghilangkan ghost touch Android yang mudah dilakukan. Melalui pembahasan ini, maka diharapkan pengguna bisa memulihkan gerakan hantu yang dialami oleh ponsel. Setelah itu, cobalah untuk memperhatikan penggunaan Android dan tidak menggunakannya terlalu lama agar terhindar dari permasalahan satu ini.

Related posts