5 Cara Menyembuhkan Alergi Gatal Secara Alami

Menyembuhkan Alergi Gatal Secara Alami

Beberapa orang dilahirkan dengan kondisi kulit yang sensitif. Kondisi ini kerap menimbulkan alergi baik terhadap debu, makanan maupun cuaca. Saat alergi itu datang rasanya sangat mengganggu karena akan terasa gatal dan perih dengan kondisi berbeda mulai dari ringan hingga berat. Simak bagaimana cara menyembuhkan alergi gatal di bawah ini.

Gatal akibat alergi tidak datang begitu saja. Beberapa orang memiliki jenis alergi yang berbeda, entah itu alergi terhadap makanan, debu ataupun cuaca. Saat gatal akibat alergi melanda, ada beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan di rumah menggunakan bahan alami tanpa harus berobat ke dokter.

Read More

1. Membuat Gel Dingin dari Lidah Buaya

Khasiat yang dimiliki tanaman lidah buaya ini sudah terkenal sejak dahulu. Selain digunakan untuk kesuburan rambut, tanaman ini juga sering dimanfaatkan untuk bahan perawatan kecantikan karena kandungan senyawa pada daging lidah buaya dapat membantu meningkatkan kelembaban kulit.

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Gel dari lidah buaya dapat mengurangi kekeringan pada kulit sehingga akan menurunkan intensitas gatal akibat alergi yang menyerang. Umumnya bahan alami ini tidak menimbulkan efek samping namun untuk lebih pastinya, cobalah beberapa olesan di bagian telapak tangan untuk mengetahui apakah gel lidah buaya menimbulkan alergi lain atau tidak.

Jika sudah dirasa aman, segera oleskan di bagian yang gatal secara teratur selama beberapa kali. Bilas olesan gel dengan air hingga bersih. Manfaat gel nya akan segera dirasakan setelah beberapa kali dicoba.

2. Menggunakan Krim Oatmeal

Biasanya orang mengenal oatmeal sebagai menu untuk sarapan, dicampur dengan susu atau beberapa jenis buah-buahan. Makanan ini sangat baik untuk pencernaan sehingga menjadi menu sarapan favorit bagi para pelaku diet.

Selain bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, ternyata oatmeal juga bermanfaat untuk meningkatkan kelembaban kulit karena makanan ini memiliki sifat humektan. Karena sifat humektan ini, oatmeal dapat menjadi solusi untuk menyembuhkan gatal akibat alergi secara alami. Caranya adalah dengan menghaluskan oatmeal dan mencampurnya dengan minyak zaitun sehingga menjadi krim.

Baca Juga : 5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Selama Masa Pandemi

Krim oatmeal ini dapat dioleskan pada bagian kulit yang gatal ataupun dicampurkan dengan air yang digunakan untuk mandi. Selain untuk mengobati alergi gatal, krim ini juga dapat digunakan secara teratur agar kulit menjadi cerah dan lembab.

3. Menggunakan Minyak Kunyit

Tanaman kunyit pernah digunakan sebagai bahan eksperimen terhadap ratusan penderita penyakit eksim. Para penderita eksim ini diberi olesan krim yang mengandung kunyit selama 4 minggu dan hasilnya terdapat penurunan intensitas gatal sebanyak 32%.

Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa aktif bernama kurkumin yang terdapat dalam tanaman kunyit. Senyawa ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga sangat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan peradangan dan gatal pada kulit. Karena itu, mengoleskan krim kunyit menjadi salah satu cara menyembuhkan alergi gatal secara alami.

Cara membuat krim kunyit tergolong mudah. Siapakan beberapa ruas kunyit yang sudah bersih dikupas dan dicuci bersih, kemudian blender hingga halus. Campurkan kunyit yang telah dihaluskan dengan minyak Virgin Coconut Oil atau minyak zaitun hingga berbentuk krim. Oleskan krim ini pada gatal alergi secara teratur.

4. Menggunakan Olesan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan zat antiradang dan antiinflamasi. Bahan alami ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan selain untuk mengatasi alergi gatal. Mengoleskan minyak ini secara teratur di bagian kulit yang gatal dapat menyembuhkan peradangan dan juga menangkal radikal bebas yang dapat menjadi pemicu alergi itu sendiri.

5. Menggunakan Buah Timun

Buah timun terkenal lezat dan segar untuk dikonsumsi sebagai lalapan. Buah ini juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya adalah menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

Baca Juga : Cek 5 Cara Menyembuhkan Cedera Engkel Disini

Timun juga memiliki zat yang bersifat dingin menyegarkan dan bermanfaat untuk kesehatan kulit. Karenanya, timun sering digunakan untuk bahan kosmetik. Buah ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal akibat alergi. Caranya adalah dengan memotong atau memarut beberapa buah timun kemudian letakan di atas area kulit yang gatal.

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan alergi gatal secara alami yang dapat dilakukan dirumah. Agar terhindar dari alergi gatal, hindari makanan atau kondisi yang dapat memicu timbulnya alergi. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat.

 

Related posts