5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Selama beberapa tahun terakhir, dunia terbelenggu oleh masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan mengakibatkan lumpuhnya beberapa sendi kehidupan. Tatanan kehidupan sosial berubah secara drastis. Hal ini berdampak secara fisik dan psikis bagi masyarakat. Untuk mempertahankan kualitas hidup ada beberapa tips menjaga kesehatan mental saat pandemi yang patut untuk dicoba.

Gangguan Mental yang Dapat Dialami Selama Masa Pandemi

Berubahnya tatanan kehidupan akibat masa pandemi berkepanjangan tidak terjadi di Indonesia saja. Perubahan yang sama juga terjadi di seluruh dunia, terutama di negara dengan kasus Covid-19 yang tinggi. Perubahan yang paling signifikan terjadi di sektor ekonomi, industri dan pendidikan.

Read More

Selama masa pandemi, mayoritas kantor dan sekolah memberlakukan kegiatan Bekerja Dari Rumah dan Belajar Dari Rumah. Suasana jalanan yang biasanya ramai dan macet menjadi hening akibat aktivitas masyarakat yang lebih banyak dirumah saja.

Baca Juga : 5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Selama Masa Pandemi

Selama jangka waktu yang pendek, berada dirumah saja dianggap menyenangkan dan bisa menjadi alternatif istirahat. Namun selang waktu berlalu, berada dirumah saja akan berdampak kepada kesehatan mental. Hal ini dapat dipicu oleh rasa jenuh dan bosan akibat aktivitas yang dibatasi. Beberapa gangguan mental yang mungkin terjadi diantaranya :

  • Kecemasan dan ketakutan yang berlebihan
  • Insomnia
  • Sulit berkonsentrasi
  • Merasa bosan dan stress berkepanjangan
  • Munculnya gangguan pada psikosomatis
  • Kehilangan kepercayaan diri dan lingkungan

Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi

Agar terhindar dari gangguan mental, berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan mental saat pandemi. Simak beberapa diantaranya, yaitu :

1. Olahraga Teratur dan Menjaga Pola Makan

Saat menjalani kegiatan di rumah saja, kegiatan berolahraga harus tetap berjalan walaupun dengan berbagai keterbatasan. Hal ini untuk menjaga agar badan tetap sehat sehingga dapat selalu berpikir dengan jernih.

Baca Juga : Cek 5 Cara Menyembuhkan Cedera Engkel Disini

Mengkonsumsi makanan sehat juga menjadi solusi yang baik, karena pola makan yang salah justru akan menimbulkan masalah baru jika terus dibiarkan. Imunitas yang baik akan meningkatkan kesehatan mental sehingga dapat membantu untuk bertahan selama masa yang sulit.

2. Berbagi Cerita Kepada Sahabat atau Orang yang Dipercaya

Atasi rasa cemas dan ketakutan dengan berbagi kisah apa saja dengan sahabat atau orang terdekat yang dapat dipercaya. Hal ini dapat dilakukan melalui telepon, video call dan sebagainya.

Dengan berbagi kisah, maka akan mengurangi beban mental yang dirasakan. Selain itu, akan muncul rasa kebersamaan dan lebih tidak ada lagi perasaan kesepian.

3. Jangan Terlalu Sering Membaca Berita

Terkadang berita yang beredar luas tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Membaca terlalu banyak berita, terutama berita yang negatif hanya akan menambah kecemasan dan rasa ketakutan saja.

Kurangi penggunaan media sosial, alihkan dengan kegiatan bersama keluarga seperti menonton film atau bermain bersama. Selain mengurangi kecemasan, hal ini juga dapat mempererat hubungan dalam keluarga.

4. Selalu Bersyukur

Terlalu banyak mengeluhkan keadaan hanya akan membuat kondisi semakin terpuruk. Karena itu, alihkan dengan kebiasaan untuk selalu bersyukur dengan apapun yang dimiliki.

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Beet Untuk Kesehatan

Menjalani aneka kegiatan dirumah, anggap saja sebagai hadiah dari Tuhan untuk beristirahat dan semakin dekat dengan keluarga. Dengan demikian, hati akan terasa tenang dan lapang menghadapi semua kesulitan.

5. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Walaupun dirumah saja, masih banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan, seperti menonton film, berkebun, melukis, karaoke dan sebagainya. Hal ini belum tentu dapat dilakukan jika masa pandemi sudah berakhir.

Lakukan apa saja kegiatan yang diinginkan. Hobi yang biasanya sulit dilakukan ketika masih aktif bekerja, dapat dilakukan ketika memiliki banyak waktu dirumah saja. Kegiatan menyenangkan ini dapat dikerjakan sendiri maupun bersama keluarga.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan mental saat pandemi yang layak untuk dicoba. Kesehatan mental merupakan hal yang penting selain kesehatan fisik itu sendiri, sehingga menjaga agar mental tetap kuat juga menjadi prioritas untuk dilakukan.

 

Related posts