Analisa Usaha Nasi Goreng Kekinian Perlu Anda Tahu Agar Keuntungan Sesuai Harapan

Usaha Nasi Goreng

Analisis sebuah usaha dilakukan ketika akan memulai sebuah bisnis, begitu pula ketika merencanakan usaha nasi goreng kekinian misalnya nasi goreng kambing atau nasi goreng jawa. Meskipun terlihat sederhana dan mudah, namun tetap membutuhkan analisa usaha nasi goreng kekinian yang harus Anda tahu ini agar bisa mencapai tujuan bisnis sesuai harapan.

Usaha yang baik dimulai dari perencanaan yang matang dengan membuat beberapa analisis tertulis agar mudah dipelajari. Kemudian melakukan eksekusi terhadap perencanaan tersebut dan secara berkala mengevaluasinya. Hal tersebut dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan agar usaha bertahan lama dan menguntungkan. Berikut ini adalah hal-hal penting dalam usaha nasi goreng kekinian yang harus ketahui:

Read More

1.  Analisis SWOT

Ketika membuat perencanaan bisnis apapun, maka harus mengetahui hal-hal apa yang menjadi sumber peluang dan hambatan yang mungkin muncul. Analisa ini biasa dikenal dengan SWOT yang menyajikan fakta dan kemungkinan yang bisa muncul sewaktu-waktu, berikut penjelasannya:

Baca Juga : Inilah Peluang Bisnis Lobster Air Tawar dan Strategi Pemasarannya Agar Cepat Laku

  • Kekuatan yang dimiliki untuk membangun suatu usaha. Dalam hal ini nasi goreng kekinian adalah banyak orang yang menyukai nasi goreng dan selalu penasaran untuk mencoba varian baru yang ada.
  • Weakness. Kelemahan bisnis yang akan dijalankan. Misalnya saja perubahan menu yang terjadi berulang memungkinkan kehilangan pasar potensial.
  • Peluang yang ada dalam bisnis, seperti membuat varian baru yang belum pernah ada sebagai inovasi.
  • Threats. Ancaman atau hambatan yang mungkin timbul ketika menjalankan bisnis. Varian tertentu mungkin tidak bertahan lama apabila tidak cocok dengan selera pasar

2.  Analisis Target Pasar

Analisa usaha nasi goreng kekinian yang harus Anda tahu berikutnya adalah mengenai target atau pangsa pasar yang akan dibidik baik secara demografi ataupun lokasi. Usaha nasi goreng kekinian sangat baik jika berada di lingkungan kampus atau perkantoran. Sebab, orang-orang yang ada di daerah tersebut membutuhkan makan yang dapat disediakan dalam waktu cepat namun tetap memenuhi selera.

3.  Perencanaan Keuangan

Modal tentu menjadi bagian penting dalam membangun sebuah usaha, sebab usaha tidak dapat berjalan tanpa hal satu ini. Secara umum perencanaan keuangan sebuah bisnis dibedakan menjadi modal investasi dan biaya operasional. Pembelian alat-alat seperti kompor, tabung gas, meja, kursi dan alat masak lainnya dikategorikan sebagai komponen biaya investasi usaha nasi goreng.

Baca Juga : Bagaimanakah Prospek Bisnis Limbah Plastik di Era Sekarang, Apakah Masih Cuan- Begini Penjelasannya!

Biaya operasional merupakan pengeluaran rutin untuk kelancaran usaha, misalnya biaya untuk membeli beras, bumbu masak, minyak goreng. Biaya listrik, air dan upah karyawan juga termasuk biaya operasional. Catat dengan terperinci semua biaya-biaya yang diperlukan baik untuk kebutuhan investasi maupun operasional. Mengetahui biaya-biaya ini memudahkan untuk menentukan harga jual yang tepat.

4.  Rencana dan Pelaksanaan Promosi

Keberlangsungan sebuah usaha tidak lepas dari kegiatan promosi yang dilakukan. Oleh karena itu, analisa usaha nasi goreng kekinian yang harus Anda tahu adalah tidak terlepas dari merencanakan jenis promosi yang akan dilakukan dengan matang. Pada masa sekarang, kegiatan promosi dapat dilakukan secara online ataupun offline, sehingga memanfaatkan media sosial adalah tindakan promosi yang efektif.

Penggunaan aplikasi berjualan online seperti Grab Food dan GoFood adalah sebuah tindakan yang tepat. Dengan menjadi mitra mereka, secara tidak langsung telah memasarkan nasi goreng yang dijual dan memperluas pasar yang tidak dapat dijangkau oleh promosi offline.

5.  Evaluasi

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan usaha yang dijalankan, tentu harus dilakukan evaluasi secara berkala meliputi seluruh aspek dalam bisnis. Biasanya evaluasi bertumpu pada hasil penjualan pada periode tertentu. Tidak ada salahnya juga untuk mendengar pendapat para konsumen yang telah membeli nasi goreng, sehingga dapat diketahui apa keinginan konsumen terhadap produk yang dijual.

Baca Juga : Analisis Peluang Usaha Bisnis Hampers dan Kelemahannya yang Harus Diwaspadai

Demikianlah analisa usaha nasi goreng kekinian yang harus Anda tahu ketika memutuskan untuk berjualan makanan yang digemari banyak orang ini. Usaha apapun baik skala besar atau kecil, analisis ini harus dibuat dan tentunya disesuaikan dengan bisnis yang akan dibangun sehingga menghasilkan keuntungan sesuai harapan.

Related posts