5 Materi Bimbel Anak TK yang Wajib Diajarkan Sejak Dini

Materi Bimbel Anak TK

Bagi anak TK atau usia di bawah 7 tahun, sangat penting untuk mendapatkan pendidikan sejak dini guna meningkatkan motorik serta pengetahuan anak. Apalagi anak-anak pasti punya rasa ingin tahu yang besar. Sehingga disarankan untuk mengikuti bimbingan belajar atau bimbel. Di bawah ini gambaran materi bimbel anak TK yang wajib diajarkan:

1. Membaca

Materi bimbel anak TK yang paling wajib diajarkan adalah membaca. Biasanya materi ini diterapkan dalam bentuk mengeja. Anak akan diajarkan untuk membaca sebuah kata yang sudah ditentukan. Agar anak lebih tertarik, biasanya materi ini akan dimulai dengan membaca dongeng.

Read More

Dengan begitu, tidak hanya akan melatih skill membaca pada anak saja. Melainkan anak juga bisa mendapatkan pengetahuan dari kata-kata yang dibacanya. Tentunya kata yang digunakan merupakan kata yang mudah untuk dieja dan bernilai positif.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah Fashion Design yang Sangat Seru

2. Berhitung

Selain membaca, belajar berhitung juga sangat penting bagi anak TK. Dikarenakan materi berhitung akan berguna ketika anak berada di tingkat kelas yang lebih tinggi. Apalagi setiap jenjang pasti ada mata pelajaran matematika.

Ketika belajar menghitung, tidak hanya diajarkan untuk mengenal angka saja. Melainkan juga terkait penjumlahan, pengurangan yang biasanya masih dalam range angka kecil. Agar materi berhitung dapat dipahami dengan mudah oleh anak, maka perlu menggunakan metode yang tepat.

3. Menulis

Berikutnya adalah belajar menulis. Anak akan diajarkan huruf abjad menggunakan metode yang unik sehingga dapat mudah diingat. Misalnya dengan menggunakan media lain seperti poster, lagu dan lainnya. Atau melalui aktivitas seru lain seperti menulis surat untuk saudara jauh.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris yang Menarik

Dalam belajar menulis, maka akan dimulai dengan menuliskan namanya sendiri terlebih dahulu atau nama benda, hewan dan kata lainnya. Proses pembelajaran ini sangat berpengaruh terhadap motorik halus anak di mana otot akan terlatih agar dapat melakukan kegiatan lain.

4. Problem Solving

Sangat penting bagi anak-anak untuk dapat mencari solusi dari berbagai masalah yang dihadapinya. Dalam materi bimbel anak TK, maka akan diajarkan untuk melakukan pemecahan masalah. Oleh sebab itu, orang tua juga harus berperan dalam problem solving. Orang tua harus dapat memahami perasaan anak serta fokus terhadap kemampuannya.

Ada berbagai metode yang bisa diajarkan untuk mendorong kemampuan problem solving pada anak. Mulai dari bermain puzzle, bermain lego atau balok, permainan papan dan masih banyak lagi. Dengan berbagai kegiatan tersebut, anak akan merasa tertantang dan berusaha untuk memikirkan bagaimana cara menyelesaikan setiap misi yang didapatkan.

5. Bahasa Inggris

Salah satu materi bimbel yang perlu diajarkan untuk pendidikan anak TK adalah Bahasa Inggris. Tentunya para orang tua tahu bahwa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Sehingga materi Bahasa Inggris yang dilakukan sejak dini akan sangat berpengaruh terhadap masa depan anak di era globalisasi mendatang.

Baca Juga : Cakupan Mata Pelajaran UTBK yang Wajib Dipersiapkan!

Pendidikan Bahasa Inggris yang diajarkan merupakan pendidikan dasar. Anak akan diajarkan mengenal angka dari 1 hingga 10 dalam Bahasa Inggris. Kemudian mengenal berbagai warna, nama hewan, anggota badan serta anggota keluarga.

Itulah beberapa materi bimbel anak TK yang wajib untuk diajarkan sejak dini. Saat ini sudah banyak jasa bimbel untuk dijadikan pilihan. Sebelum menentukan jasa bimbel anak TK yang tepat, pastikan memilih bimbel terpercaya dengan melihat review positif dari jasa tersebut. Orang tua juga wajib untuk mengetahui materi yang akan diajarkan.

Related posts