5 Mata Kuliah Fashion Design yang Sangat Seru

Mata Kuliah Fashion

Mata kuliah Fashion Design memang identik dengan menggambar. Walaupun demikian, materi yang diajarkan tidak hanya terkait gambar ataupun desain mode pakaian saja. Melainkan juga berbagai trend lain seperti tas, topi, aksesoris, sepatu dan lainnya seiring dengan perkembangannya. Berikut ini beberapa mata kuliah yang akan diajarkan ketika seseorang mengambil jurusan Fashion Design:

1. Sewing

Jika mengambil jurusan Fashion Design, mahasiswa akan dituntut untuk dapat menjahit. Sehingga dapat lebih sukses di dunia desain fashion. Sewing sendiri merupakan salah satu skill dasar dari seorang fashion designer. Mahasiswa akan diajarkan untuk membuat pola, mengetahui bahan-bahan untuk menjahit dan lainnya.

Read More

Dengan menjahit, designer dapat terus mengembangkan diri menjadi lebih baik. Tidak heran jika mata kuliah Fashion Design ini merupakan pelajaran dasar yang harus dikuasai.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris yang Menarik

2. Basic Pattern Design

Di jurusan Fashion Design juga akan diajarkan berbagai materi seru bagi siapapun yang masih awam terkait desain. Salah satunya adalah Basic Pattern Desain yang ditujukan untuk mengetahui berbagai macam standar desain yang ada di dunia fashion. Tentunya dengan adanya materi ini, mahasiswa akan lebih kreatif dan berkembang.

Mahasiswa akan diajarkan untuk membuat pola yang mana hal ini memiliki peran penting ketika terjun ke dunia fashion. Pengukuran pola juga harus tepat dan proporsional. Sehingga mahasiswa harus memiliki kemampuan dasar dalam hal teknik, keterampilan, kreativitas serta interpretasi. Pattern yang dipelajari juga akan menyeluruh dan kompleks. Mulai dari pengenalan pola, dart manipulation, pembuatan hingga final project.

3. Fabric Material

Tidak hanya akan diajarkan untuk mengenali basic pattern saja. Mahasiswa jurusan Fashion Design juga harus paham mengenai bahan kain, benda pabrik dan material lain. Adanya mata kuliah Fabric Material, mahasiswa akan lebih peka terhadap dunia permodelan.

Baca Juga : Inilah 5 Mata Kuliah Hukum Undip yang Wajib Diikuti

Mata kuliah Fabric Material menjadi mata kuliah yang paling menarik bagi mahasiswa Fashion Design. Karena mahasiswa akan diajak ke sebuah pabrik dengan tujuan mengetahui situasi pembuatan barang tekstil.

4. Tinjauan Busana Dunia

Pada mata kuliah Tinjauan Busana Dunia mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk melakukan riset mengenai fashion yang ada di dunia. Di sini mahasiswa akan lebih banyak praktik langsung untuk mengenal tren yang ada saat itu.

Biasanya dalam satu semester mahasiswa akan dituntut untuk memahami tren, alasan dibalik kemunculan tren tersebut serta memprediksi tren baru. Semua metode serta teknik yang dipelajari bisa dijadikan sebagai penunjang untuk mata kuliah lainnya yang berkaitan dengan perancangan produk.

5. Manajemen Pemasaran

Kuliah di jurusan Fashion Design tidak melulu belajar tentang gambar dan aksesorisnya saja. Akan tetapi juga belajar tentang strategi marketing yang sesuai untuk semua fashion yang dibuat. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diajarkan terkait teknik manajemen pemasaran seperti apa yang ampuh. Sehingga semua karya dapat terjual dalam jumlah banyak.

Mata kuliah ini juga akan sangat berkaitan dengan mata kuliah lainnya yaitu Fashion Business and Promotion. Karena mahasiswa akan diajari mengenai cara promosi yang benar. Mulai dari hal teknis, non teknis hingga seluk beluk terkait marketing.

Baca Juga : Inilah Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

Itulah beberapa mata kuliah Fashion Design yang sangat seru untuk dipelajari. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang sering diincar oleh generasi milenial. Karena memiliki prospek kerja yang tidak terbatas. Bahkan beberapa lulusan jurusan Fashion Design dapat meniti karir di public relation maupun e-commerce.

Related posts