5 Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris yang Menarik

Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris fokus terhadap kemampuan di bidang sastra, bahasa serta budaya yang berbahasa Inggris. Sedangkan mata kuliah jurusan Sastra Inggris juga ada bermacam-macam. Di mana setiap mata kuliah ditujukan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa. Mulai dari menulis, membaca berbicara dan lainnya. Berikut penjabaran terkait jurusan ini:

Mengenal Program Studi Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris masih menjadi pilihan dari para pelajar Indonesia hingga saat ini. Bagaimana tidak, prospek kerja dari jurusan ini sangat besar. Mulai dari copywriter, content writer, editor, jurnalis, penerjemah, guru bahasa Inggris dan lainnya. Sudah banyak universitas yang menyediakan jurusan ini sebagai program studi.

Read More

Akan tetapi, sebelum menentukan masuk ke jurusan Sastra Inggris maka ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki calon mahasiswa. Berikut kemampuan dasar calon mahasiswa Sastra Inggris:

Baca Juga : Inilah 5 Mata Kuliah Hukum Undip yang Wajib Diikuti

  • Paham dan dapat mengolah informasi yang berupa kata-kata (bacaan, tulisan dan ucapan).
  • Mengetahui dasar-dasar bahasa Inggris.
  • Mengerti simbol, diagram, gambar dan huruf.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Inggris

Setiap mahasiswa jurusan ini akan menerima beberapa mata kuliah. Mata kuliah yang paling dasar dalam Sastra Inggris adalah basic writing, reading dan listening. Di samping itu masih ada mata kuliah lain yang harus dikuasai dengan baik. Berikut beberapa mata kuliah jurusan Sastra Inggris dan cukup menarik untuk dibahas:

1. Classic Poetry

Mata kuliah jurusan Sastra Inggris yang perlu dibahas adalah Classic Poetry. Dalam mata kuliah Classic Poetry akan diajarkan terkait jenis, elemen bahasa serta makna dari puisi Inggris di zaman klasik. Di sini mahasiswa akan menilai berdasarkan unsur intrinsik dan ekstrinsik yang merujuk pada karakterisasi zaman. Yaitu melalui pembacaan serta apresiasi puisi.

2. Classic Prose

Berikutnya adalah mata kuliah Classic Prose. Di dalam mata kuliah ini akan membahas mengenai isu dominan yang terdapat dalam cerita pendek, novel maupun novela. Biasanya isu yang diangkat merupakan isu yang berasal dari Inggris dan Amerika Serikat. Penilaian dilakukan berdasarkan elemen intrinsik serta ekstrinsik yang dilakukan melalui apresiasi karya sastra.

Baca Juga : Inilah Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

3. Classic Drama

Salah satu mata kuliah jurusan Sastra Inggris yang menarik untuk dibahas adalah Classic Drama. Classic Drama meliputi berbagai perkembangan drama Inggris klasik sekaligus menyorot seluruh aspek estetika yang terjadi. Aspek ini meliputi bahasan kiasan, unsur intrinsik dan ekstrinsik. Biasanya diikuti dengan analisis drama serta apresiasi yang dilakukan dengan mengeksplorasi isu sosial budaya.

4. Introduction to Literary Criticism

Pada mata kuliah Introduction to Literary Criticism, mahasiswa akan diperkenalkan dengan konsep serta teori kritik sastra. Meliputi strukturalisme, formalisme, teori resepsi, marxisme, psikoanalisis serta hermeneutik. Kemudian, mahasiswa akan dituntut untuk berdiskusi terkait karya sastra klasik seperti puisi, cerita pendek, drama maupun novel dengan konsep dan teori sastra tersebut.

5. Introduction to Cultural Studies

Mata kuliah Introduction to Cultural Studies mengulas mengenai konsep dasar yang ada pada kajian budaya. Seperti ideologi, ras, gender, semiotika, etnisitas serta resistensi. Mahasiswa akan diajarkan mengenai artifak juga praktek budaya yang dipresentasikan dalam berbagai media. Mulai dari TV, film populer, majalah, musik, fashion, iklan, meme, video games hingga media sosial.

Baca Juga : Inilah Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

Itulah beberapa mata kuliah jurusan Sastra Inggris yang cukup menarik. Saat ini sudah ada lebih dari 154 universitas yang menawarkan jurusan Sastra Inggris dengan akreditasi A. Namun sebelumnya menentukan jurusan, pastikan calon mahasiswa memiliki kemampuan yang sesuai. Karena dalam program studi Sastra Inggris, mahasiswa akan benar-benar diasah kemampuannya untuk berpikir secara kritis.

Related posts