5 Cara Menyembuhkan Sakit Ambeien Mudah di Rumah

Cara Menyembuhkan Sakit Ambeien

Ambeien atau piles adalah penyakit yang umumnya ditandai adanya benjolan hasil peradangan pembuluh darah disekitar anus. Pada istilah kedokteran ambeien dikenal dengan nama haemorrhoids. Cara menyembuhkan sakit ambeien sebenarnya tidak ada atau bisa dikatakan ambeien akan sembuh dengan sendirinya.

Durasi penyembuhan ambeien sekitar 3 sampai 7 hari. Namun benjolan ambeien kadang memberikan perasaan tidak nyaman untuk beraktivitas. Peradangan akibat ambeien ini bisa disembuhkan dengan pengobatan di rumah. Berikut adalah cara menyembuhkan sakit ambeien di rumah:

Read More

1. Mengonsumsi Makanan Berserat

Serat dapat banyak ditemukan dalam pangan nabati seperti buah, biji,  dan sayur. Feses yang keras akan menyebabkan gesekan yang memungkinkan melukai benjolan. Gesekan tadi dapat membuat ambeien menjadi lebih susah sembuh. Konsumsi serat dapat membuat feses menjadi lebih lunak sehingga mengurangi gesekan.

Baca Juga : Cek 5 Cara Menyembuhkan Cedera Engkel Disini

2. Menggunakan Obat Bebas Ambeien

Obat untuk ambeien bisa dapat dengan mudah didapatkan di apotek. Bentuk dari obat ambeien dapat seperti krim atau supositoria yang mengandung hidrokortison bisa digunakan. Namun obat yang mengandung steroid maksimal dikonsumsi selama 7 hari karena apabila lebih dapat menyebabkan efek samping.

Untuk mengurangi rasa sakit dari ambeien bisa menggunakan obat pereda rasa sakit. Obat-obatan yang mengandung paracetamol, acetaminofen, aspirin, atau ibuprofen dapat digunakan sementara untuk membantu meringankan ketidaknyamanan akibat ambeien.

3. Berendam dengan Air Hangat

Air hangat diketahui mampu mengurangi pembengkakan pada ambeien secara teratur dalam bak mandi air hangat. Area sekitar anus direndam dengan menggunakan air hangat kurang lebih 10-15 menit dua hingga tiga kali sehari.

Penggunaan air hangat disarankan dicampur bersama garam epsom. Penggunaan garam epsom dipadu gliserin yang dicampur air hangat dapat membantu penyembuhan ambeien. Metode pencampuran garam ini dikenal dengan nama Sitz bath disinyalir mengurangi rasa gatal dan peradangan yang dialami akibat ambeien.

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Beet Untuk Kesehatan

4. Mengoleskan Essential Oil

Tidak semua minyak dapat digunakan untuk menyembuhkan ambeien. Minyak tea tree, peppermint oil, dan minyak cengkeh dapat digunakan sebagai pereda peradangan ambeien. Essential oil ini memiliki zat anti-inflamasi yang dapat membunuh bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyembuhan.

Minyak esensial cengkeh dapat dibeli dalam bentuk murni, atau digunakan dalam campuran dengan krim. Pada orang yang memiliki fisura anus kronis, yang terkadang disertai dengan wasir, krim minyak cengkeh ditunjukkan untuk meningkatkan tekanan anus

Minyak esensial peppermint telah terbukti efektif dalam pengobatan sindrom iritasi usus besar (IBS). Beberapa peneliti menyarankan minyak peppermint membantu ambeien. Komponen mentol yang menenangkan dari minyak peppermint yang dikombinasikan dengan sifat anti-inflamasinya dapat membantu meredakan tekanan di sekitar anus dan membuat buang air besar tidak terlalu menyakitkan.

5. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara menyembuhkan sakit ambeien terakhir dengan menggunakan minyak yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa diketahui mempunyai manfaat baik kesehatan yang dapat membantu mengobati ambeien. Zat anti-inflamasi (peradangan) dan penghilang rasa sakit yang terdapat dalam minyak kelapa mengurangi ketidaknyamanan akibat pembengkakan. Minyak kelapa juga memiliki zat antibakteri yang mempercepat penyembuhan ambeien.

Baca Juga : 5 Manfaat Jus Jambu Merah untuk Kesehatan Selama Masa Pandemi

Caranya, minyak kelapa bisa dimasukkan dalam dimasukkan dalam air hangat yang digunakan untuk mengompres ambeien. Cara lain yang bisa digunakan membuat suppositoria dengan membentuk minyak kelapa menjadi silinder kecil selebar pensil. Bekukan hingga siap digunakan. Minyak kelapa dan suhu dingin dapat membantu meredakan pembengkakan dengan cepat.

Mempercepat penyembuhan ambeien dapat menggunakan cara yang telah dibahas dalam artikel. Penyakit ambeien memiliki beberapa banyak jenis sehingga pengobatannya berbeda-beda. Apabila belum sembuh setelah diobati selama lebih seminggu, segera temui dokter untuk mendapat obat yang lebih cocok menyembuhkan ambeien.

 

Related posts