Cek 5 Cara Menyembuhkan Cedera Engkel Disini

Cara Menyembuhkan Cedera Engkel

Bagaimana cara menyembuhkan cedera engkel? Sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui pengertian itu sendiri. Cedera engkel merupakan cedera yang terjadi di bagian pergelangan kaki akibat ikatan ligamen mengalami peregangan berlebihan. Meskipun terdengar tidak berbahaya, namun cedera engkel jika dibiarkan bisa berujung pada pembengkakan bahkan pincang.

Cedera engkel alias ankle sprain umumnya terjadi karena adanya kesalahan saat olahraga. Namun, keadaan ini juga bisa dipicu oleh jatuh atau salah berputar sehingga menyebabkan ligamen menjadi robek. Apabila ini terjadi, hal yang harus dilakukan adalah:

Read More

1. Istirahat

Mengistirahatkan kaki adalah hal yang paling wajib. Jangan langsung gunakan kaki yang terkena cedera untuk beraktivitas. Bahkan untuk berjalan secara normal. Kurangi kekuatan tegangan pada kaki cedera supaya sakitnya tidak bertambah parah.

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Beet Untuk Kesehatan

Intinya, jangan memaksakan kaki untuk kembali melakukan tugas. Beristirahat sebentar sangat dianjurkan untuk kembali membuat kaki meringankan sakitnya. Jangan berjalan, berlari, atau malah melompat.

2. Mengompres Cedera dengan Air Dingin

Cara kedua yang bisa digunakan adalah mengompres bagian cedera dengan air dingin. Dari zaman ke zaman, air dingin atau air es dinilai mampu meringankan nyeri dan mengecilkan pembengkakan. Ini bisa digunakan untuk menyembuhkan cedera engkel.

Cara pengompresannya juga sangat mudah. Gunakan handuk yang dicelupkan ke dalam baskom berisi air es, lalu balutkan dengan lembut ke tempat cedera. Bisa juga langsung menggunakan es batu yang dibalut handuk dan ditempelkan ke tempat cedera.

3. Bantu dengan Obat Pereda Nyeri

Cedera engkel jika tidak disembuhkan bisa berakibat rasa yang luar biasa nyeri. Nyeri yang ditimbulkan bahkan bisa membuat kaki tidak bisa digerakkan sama sekali. Rasa sakit akan bertambah parah jika tetap didiamkan.

Baca Juga : Ketahui Cara Memutar Lagu di Zoom Meeting dan Langkah-Langkahnya

Selain mengistirahatkan kaki dan mengompres cedera, cobalah untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri sebagai tambahan. Obat nyeri bisa membantu menghilangkan rasa nyeri, sakit, dan mengganjal yang dialami. Dengan meminum ini, diharapkan rasa sakit di engkel tidak akan semakin menjadi jadi. Jangan lupa untuk tetap beristirahat.

4. Posisikan Kaki dengan Nyaman

Cara menyembuhkan cedera engkel yang selanjutnya adalah menempatkan atau memposisikan kaki dengan benar dan nyaman. Jangan letakkan kaki di bawah karena kaki masih bisa menopang seluruh beban tubuh dan itu menyakitkan untuk engkel.

Sebaiknya letakkan kaki sejajar dengan jantung atau segaris lurus tanpa menekuk kaki. Nyamankan posisi kaki untuk mengurangi resiko pembengkakan. Jika hendak jatuh tidur, sebaiknya ganjal kaki dengan bantal yang empuk dan hindari gerakan yang berlebihan saat tidur.

5. Periksa ke Dokter

Jika level cedera sudah mencapai tahap yang paling tinggi, sangat disarankan untuk menghubungi dokter. Ada banyak dokter yang bersedia dan berpengalaman menangani masalah ini. Memeriksakan engkel cedera ke dokter juga adalah langkah yang benar guna menghindari kesalahan penanganan.

Baca Juga : Cara Mengobati Paru Paru Basah dengan Metode Rumahan

Tanda tanda cedera berlebihan yang wajib diperiksa dokter adalah jika cedera tidak kunjung membaik setelah beberapa hari. Apabila terjadi pembengkakan yang tidak wajar atau bahkan engkel sulit digerakkan (kaku) juga harus diserahkan ke dokter. Hal ini ditujukan agar engkel dapat mendapat perawatan dan konsultasi kesembuhan yang tepat.

Langkah langkah di atas adalah langkah yang dinilai tepat sebagai cara menyembuhkan cedera engkel. Sebaiknya, lakukan pemanasan sebelum olahraga karena hal ini diduga sebagai pemicu utama cedera. Tetaplah berhati hati dalam melakukan seluruh aktivitas dan perhatikan setiap langkah dengan benar guna menghindari kaki dari kejadian cedera engkel.

Related posts