Efektif ! 6 Cara Mengatasi RAM Penuh pada Laptop

Cara Mengatasi RAM Penuh

RAM merupakan komponen paling penting di laptop. Ketika RAM penuh maka sistem kerja pada laptop akan lambat. Salah satu cara mengatasi RAM penuh adalah dengan membersihkannya sehingga kinerja laptop dapat kembali seperti semula. Namun ada juga cara lain untuk mengatasi RAM penuh. Berikut ini beberapa cara yang harus dilakukan ketika RAM pada laptop penuh :

1. Lakukan Restart pada Laptop

Ketika laptop berjalan lambat dan beberapa program not responding artinya RAM sudah penuh. Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membersihkan RAM pada laptop adalah dengan restart laptop. Melakukan restart pada laptop akan membersihkan program serta aplikasi yang memiliki resource RAM besar.

Selain itu, dengan me-restart maka memori RAM akan dikosongkan dan semua program yang berjalan akan diatur ulang. Akan tetapi proses ini hanya akan mengosongkan RAM sementara saja, jika penyebabnya belum teratasi maka RAM dapat cepat penuh lagi.

Baca Juga : Ampuh! Begini Cara Agar TikTok Banyak Pengikut

2. Uninstall Program yang Tidak Penting

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi RAM penuh adalah dengan uninstall program-program yang tidak penting. Program atau aplikasi yang jarang dibuka akan membuang-buang sumber daya RAM yang ada di laptop. Maka dari itu alangkah lebih baik untuk menghapusnya saja.

Langkah untuk uninstall program di laptop yaitu masuk ke menu Settings dan pilih Apps. Kemudian klik Apps & features. Selanjutnya Sort by Install date untuk melihat program aplikasi lama yang sudah tidak terpakai lagi. Kemudian pilih Uninstall.

3. Mematikan Program Berjalan Otomatis Saat Startup

Ketika menyalakan laptop maka akan ada beberapa program yang berjalan secara otomatis. Program tersebut menggunakan resource laptop, sehingga ketika akan menggunakan aplikasi lain RAM sudah penuh. Untuk mengatasinya adalah dengan mematikan program yang berjalan otomatis saat startup.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Bagi Pemula

Caranya yaitu dengan masuk ke menu Task Manager kemudian pilih Startup. Selanjutnya pilih aplikasi yang tidak perlu berjalan ketika Startup. Klik kanan pada bagian Status dan pilih Disable. Jika ingin mengetahui program mana yang wajib berjalan saat startup maka masuk ke safe mode terlebih dahulu. Kemudian buka Task Manager. Jika program tersebut tidak ada di tab Processes maka aman untuk dimatikan.

4. Menambahkan Memori Virtual

Ketika muncul notifikasi error bahwa sistem sudah kehabisan memori virtual, maka perlu menambahkan kapasitas memory sehingga kinerja laptop tetap stabil. Umumnya Windows telah melakukan alokasi otomatis secara default, namun pengguna tentu dapat meningkatkan kapasitasnya.

Untuk menambah memori virtual pada Windows caranya yaitu melalui Control Panel. Selanjutnya pilihlah System and Security. Setelah muncul jendela baru pilih System kemudian Advanced system settings. Jika sudah pilih Advanced dan klik Settings. Akan muncul jendela baru, pilih Advanced kemudian Virtual memory dan klik Change. Jika ingin melakukan setting virtual memory maka klik Custome size. Isi besaran memory. Selanjutnya pilih Set dan klik OK.

5. Scanning Virus dan Malware

Virus dan malware dapat membuat kinerja RAM menjadi berat. Biasanya virus dan malware muncul karena laptop sering digunakan untuk browsing atau menggunakan flashdisk berpindah-pindah dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat 2 Akun Facebook dengan 1 Nomor HP Paling Mudah dan Terpercaya

Cara mengatasi virus dan malware ini harus dilakukan scanning menggunakan antivirus. Scanning ini harus dilakukan secara rutin sehingga dapat mencegah virus dan malware semakin menyebar.

6. Gunakan Aplikasi RAM Cleaner

Cara mengatasi RAM penuh paling efektif adalah dengan menggunakan aplikasi RAM Cleaner. Aplikasi ini dapat mengoptimalkan sistem kerja RAM yang ada pada laptop. Cara kerjanya yaitu dengan mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Saat ini sudah banyak aplikasi RAM Cleaner yang dapat digunakan. Misalnya RAMRush, Iobit, Ashampoo Winoptimizer, Ccleaner dan lainnya.

Itulah beberapa cara mengatasi RAM penuh pada laptop. Pastikan untuk menginstall aplikasi yang penting saja sehingga RAM tidak mudah penuh. Jika semua cara sudah dilakukan namun RAM masih penuh maka lakukan upgrade RAM. Namun sebelum melakukan upgrade, alangkah baiknya melakukan pengecekan terkait jenis RAM yang kompatibel dengan spesifikasi laptop.

Related posts