Inilah Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

Materi Tes SBMPN Politeknik 2022

Politeknik menjadi alternatif sekolah tinggi untuk pejuang PTN. Jika pembaca ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah negeri, universitas negeri bukanlah satu-satunya. Jika seleksi PTN dengan SNMPTN dan SBMPTN, seleksi politeknik dilakukan dengan SBMPN. Yuk ketahui lebih lanjut tentang materi tes SBMPN Politeknik di sini.

Beberapa orang lebih memilih untuk mendaftar ke politeknik dengan beberapa alasan. Ada yang menginginkan fasilitas sekolah gratis, ada juga yang menginginkan pendidikan dengan fokus praktik daripada teori. Namun, apakah materi tes SBMPN Politeknik berbeda? Atau justru lebih sulit? Ketahui jawaban rasa penasaran pembaca di bawah ini:

Read More

Materi TPS SBMPN

Sama seperti tes yang digunakan untuk mendaftar perguruan tinggi universitas, SBMPN juga terdiri dari tes TPS dan TPA. Tes ini diperuntukkan mengukur kemampuan nalar atau berpikir logis peserta. Jenis tes TPS menggunakan bacaan atau teks. Beberapa materi untuk tes ini meliputi:

Baca Juga : Tips Belajar Materi TPS Penalaran Umum yang Bisa Ditiru

1. Matematika Dasar

Tidak jauh berbeda dengan TPS UTBK untuk universitas negeri, TPS SBMPN juga memberikan soal-soal yang mengajak peserta berpikir dengan nalar. Materi soal TPS SBMPN matematika dasar, akan mengecek kemampuan berhitung dasar yang dimiliki oleh peserta. Untuk itu peserta perlu melatih kemampuan berpikir matematika dasar untuk bisa mengerjakan soal ini.

Materi matematika dasar yang umumnya ditanyakan dalam tes ialah pola bilangan, pola huruf, berhitung abstrak, aritmatika, analisa pola gambar, dan logika kuantitatif. Perdalam lagi materi yang belum pembaca kuasai dari daftar ini.

2. Bahasa Indonesia

Selain matematika dasar, tentu saja ada materi bahasa Indonesia. Biasanya soal materi ini berupa analisis soal cerita, kemampuan analogi, penggunaan kalimat dan paragraf, sinonim & antonim, dan mengambil kesimpulan dari premis.

Baca Juga : Pelajari Materi SIMAK UI Soshum yang Sering Muncul Ini

3. Bahasa Inggris

Beberapa soal TPS juga akan disediakan dalam bahasa Inggris. Soal dalam bahasa Inggris yang ditanyakan memiliki pola yang sama dengan soal bahasa Indonesia. Pelajari materi terkait pola kalimat, analisis soal cerita, serta kemampuan analogi. Pastikan peserta sudah menguasai dasar-dasar pelajaran bahasa Inggris.

Materi TPA SBMPN

Sementara itu untuk tes potensi akademik dibagi dalam 3 kelompok tes. Kelompok tes tersebut yakni IPA rekayasa, IPS tata niaga, dan IPC. Berikut ini pembahasan materi ketiga kelompok tersebut:

1. IPA Rekayasa

Kelompok ini diperuntukkan peserta yang ingin memilih Politeknik atau bidang studi dalam jurusan teknik atau rekayasa. Jurusan yang dimaksud meliputi jurusan sipil, informatika dan komputer, elektro, mesin, dan sebagainya. Materi yang diujikan untuk kelompok ini mencakup matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, serta fisika. Untuk kimia menyesuaikan program studi yang diambil.

2. IPS Tata Niaga

Sementara itu, untuk kelompok IPS tata niaga diperuntukkan peserta dengan pilihan program studi dalam jurusan non teknik. Jurusan yang dimaksud ini meliputi akuntansi, grafika, penerbitan, administrasi negara, dan sebagainya. Cakupan materi yang diujikan kurang lebih sama dengan materi kelompok tes soshum di TPA UTBK.

Baca Juga : Berikut Materi Akuntansi Perpajakan Dasar yang Harus Diketahui

3. IPC

Terakhir, kelompok IPC diperuntukkan peserta dengan program studi non teknik dan tata niaga. Contoh dari program studi untuk kelompok ini adalah pariwisata. Materi soal tes kelompok ini terdiri dari gabungan materi kedua tes di atas. Fisika dan kimia menyesuaikan dengan program studi yang diambil.

Itulah sedikit ulasan mengenai materi tes SBMPN Politeknik yang sebaiknya pembaca ketahui. Sebenarnya sistem dan materi tes tidak jauh berbeda dengan tes UTBK universitas negeri. Periksa kembali ke situs resmi politeknik yang akan didaftar untuk mengetahui cakupan soal dan materi yang akan diberikan. Semoga berhasil!

Related posts