Cara Mengobati Paru Paru Basah dengan Metode Rumahan

Cara Mengobati Paru Paru Basah

Paru paru basah adalah penyakit yang menginfeksi saluran pernapasan. Cara mengobati paru paru basah pada umumnya dibagi menjadi metode medis modern dan metode rumahan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Melalui metode medis modern biasanya dokter akan memberi antibiotik, antivirus atau antijamur tergantung pada penyebabnya. Dalam mendukung metode medis tersebut, ada juga yang namanya cara-cara yang efektif untuk mengobati di rumah. Berikut adalah cara mengobati paru paru basah dengan metode rumahan:

Read More

1. Berkumur dengan Larutan Air Garam

Sudah menjadi rahasia umum, jika larutan air garam dapat menjadi obat meredakan rasa gatal di tenggorokan. Cara untuk mengatasi gejala batuk yang dialami penderita paru paru basah adalah berkumur dengan larutan air garam. Air garam berfungsi untuk mengurangi kuman dan lendir pada tenggorokan.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Amandel dengan Cepat Tanpa Operasi

Larutan air garam dapat dibuat dengan mudah. Caranya dengan menyiapkan air hangat dan mencampurkannya dengan satu sendok teh garam. Aduk rata dan larutan air garam siap untuk digunakan berkumur. Berkumur menggunakan larutan air garam sebaiknya dilakukan dua sampai tiga kali dalam sehari.

2. Mengonsumsi Aroma dan Teh Daun Peppermint

Daun peppermint adalah herbal yang serbaguna, sehingga layak dimasukkan sebagai cara mengobati paru paru basah menggunakan metode rumahan. Kandungan Dekongestan, pereda rasa nyeri dan anti radang yang dimiliki daun peppermint menjadi rahasia dalam mengatasi paru paru basah.

Penggunaan daun peppermint cukup beraneka ragam. Mulai dari aromanya dalam bentuk minyak yang dapat meringankan infeksi hingga menyeduh daunnya dalam bentuk teh peppermint.

3. Mengonsumsi Teh Kunyit

Teh Kunyit menjadi solusi herbal untuk mengurangi salah satu gejala paru paru basah yaitu sakit dada. Hal tersebut karena kunyit mengandung anti radang, antimikroba, dan antioksidan. Selain untuk mengurangi sakit dada, teh kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi batuk kering.

Cara membuat teh kunyit cukup mudah karena sudah banyak bubuk kunyit siap seduh yang dijual secara umum. Bubuk kunyit juga dapat dibuat secara mandiri dengan memarut halus kunyit dengan jumlah sesuai dengan yang dibutuhkan

Bca Juga : 5 Cara Mengobati Impotensi dengan Bawang Putih Yang Terbukti Efektif

Cara membuat teh kunyit diawali dengan merebus air hingga panas, selanjutnya tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit pada air. Biarkan hingga 10 menit. Saring, lalu tambahkan madu atau lemon dan sedikit lada hitam. Teh kunyit dapat dikonsumsi dengan jumlah sesuai keinginan.

4. Mengonsumsi Secangkir Kopi

Cara mengobati paru paru basah dengan metode rumahan yang selanjutnya adalah mengonsumsi kopi. Ketika mengalami paru paru basah, nafas akan cenderung menjadi cepat dan pendek. Nafas pendek tidak dapat diremehkan karena dapat menjadi penyebab dari sesak napas.

Gejala nafas pendek dapat diatasi dengan mengkonsumsi secangkir kopi. Hal ini dikarena kandungan kafein dalam kopi berfungsi untuk mengatasi sesak nafas seperti obat bronkodilator. Kafein yang terkandung dalam kopi akan membuka jalan napas di paru paru sehingga lebih memudahkan untuk bernafas.

5. Mengompres dengan Air Hangat

Bagian terakhir dari cara mengobati paru paru basah dengan metode rumahan adalah mengompres dahi dengan air hangat. Biasanya penderita paru paru basah akan mengalami demam tinggi. Metode mengompres ini bermanfaat untuk menurunkan demam tersebut.

Baca Juga : Cara Mengobati Saraf Kejepit Paling Aman

Metode mengompres ini bisa dilakukan dengan menyiapkan air hangat, selanjutnya basahi kain hingga merata. Peras dan letakkan di atas dahi, kegiatan mengompres bisa dilakukan beberapa kali. Jangan lupa untuk menambah waktu istirahat yang cukup karena dapat mendukung pemulihan.

Hal-hal tersebut merupakan cara mengobati paru paru basah dengan metode rumahan. Harus diingat, jika gejala-gejala yang dialami tidak kunjung mereda segeralah konsultasikan ke dokter. Pengobatan alami paru paru basah tetap tidak dapat menggantikan pengobatan medis modern yang telah direkomendasikan.

Related posts