Cara Menyembuhkan Amandel dengan Cepat Tanpa Operasi

Cara Menyembuhkan Amandel

Radang amandel (tonsilitis) adalah jenis penyakit yang dapat menyerang siapapun tanpa mengenal usia. Penyakit ini menyerang kelenjar tonsil yang memiliki fungsi pertahanan tubuh. Ada berbagai cara menyembuhkan amandel dengan cepat, bergantung pada jenis radang amandel yang diderita.

Macam-macam Radang Amandel Berdasarkan Durasi Gejala

Berdasarkan durasi gejala yang dirasakan, radang amandel memiliki 3 jenis tingkatan yaitu radang amandel tingkat akut, kronis dan berulang. Radang amandel akut bisa disembuhkan dengan cepat tanpa operasi, tetapi untuk tingkat kronis dan berulang harus dilakukan operasi. Berikut Adalah perbedaan durasi gejala radang amandel.

Read More
  • Radang amandel akut memiliki durasi gejala kurang dari sepuluh hari.
  • Untuk radang amandel kronis memiliki durasi gejala lebih dari sepuluh hari.
  • Radang amandel berulang memiliki ditandai dengan dialaminya radang amandel 5 sampai dengan 7 kali dalam 1 tahun.

Radang amandel dengan tingkat akut pada umumnya masih bisa disembuhkan tanpa operasi. Tindakan medis akan diperlukan pada radang amandel untuk tingkat kronis dan berulang.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Impotensi dengan Bawang Putih Yang Terbukti Efektif

Cara Menyembuhkan Amandel dengan Cepat Tanpa Operasi

Radang amandel yang tidak menimbulkan pendarahan serta didukung oleh kondisi tubuh yang masih merespon antibiotik dengan baik, maka masih bisa disembuhkan tanpa operasi. Berikut adalah cara menyembuhkan amandel dengan cepat tanpa operasi:

1. Perbanyak Minum Air dan Istirahat yang Cukup

Pertama dan yang paling utama adalah istirahat yang cukup. Beristirahat dapat membantu proses pemulihan diri. Ketika terserang oleh radang amandel, tubuh membutuhkan energi lebih banyak untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Jangan lupa untuk perbanyak minum air ketika sedang beristirahat di rumah. Tenggorokan dan amandel tidak boleh sampai kering, karena itu hanya akan membuat radang amandel menjadi lebih parah. Air hangat akan bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan dan air dingin dapat menjadi pereda rasa nyeri.

Baca Juga : 7 Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

2. Makan Makanan yang Lembut

Radang amandel dapat menyebabkan rasa sakit saat menelan makanan. Oleh sebab itu, cara menyembuhkan amandel dengan cepat yang kedua adalah mengonsumsi makanan bertekstur lembut. Makanan dengan tekstur lembut lebih mudah untuk ditelan, sehingga dapat meringankan rasa sakit akibat radang amandel.

Hindari makanan dengan kandungan minyak berlebih. Makanan tersebut dapat membuat amandel mengalami iritasi.

3. Berkumur dengan Larutan Air Garam

Rasa gatal di tenggorokan seringkali dirasakan oleh penderita radang amandel. Hal tersebut dapat diatasi dengan berkumur dengan larutan air garam. Air garam dapat mengurangi rasa gatal dan nyeri yang dirasakan pada tenggorokan.

Cara membuat larutan air garam cukup mudah. Siapkan segelas air hangat dan campurkan satu sendok teh garam. Aduk hingga rata, jika dirasa terlalu kuat larutan juga bisa dicampur dengan satu sendok makan madu asli.

Berkumur dapat dilakukan selama kurang lebih 30 detik dan buang. Cara ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali sehari untuk mencegah infeksi dan peradangan.

4. Mengkonsumsi Tablet Hisap Pelega Tenggorokan

Cara menyembuhkan amandel dengan cepat yang selanjutnya adalah mengkonsumsi tablet hisap pelega tenggorokan. Cara ini biasanya digunakan pada anak-anak untuk mengurangi resiko tersedak. Tablet hisap bisa berguna untuk mengurangi pembengkakan dan melawan virus penyebab radang amandel.

Ada berbagai macam bahan tablet hisap pelega tenggorokan. Beberapa diantaranya terbuat dari bahan alami yang memiliki sifat anti radang dan mengurangi rasa sakit. Tablet hisap yang mengandung bahan alami licorice memiliki sifat anti radang yang kuat.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Cara terakhir jika mengalami rasa sakit pada tenggorokan yang tidak tertahankan adalah mengonsumsi obat untuk mengurangi rasa nyeri. Dua contoh obat yang bisa mengurangi rasa nyeri adalah paracetamol dan ibuprofen. Harus diketahui jika kedua obat ini tidak mengobati radang amandel tetapi memberikan pereda nyeri yang sifatnya sementara.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Vitiligo Secara Medis

Penting untuk mengetahui dosis yang tepat saat mengkonsumsi obat pereda nyeri. Dosis yang diberikan sesuai dengan yang ada pada botol kemasan. Jika tidak ada, dapat melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Diatas adalah cara menyembuhkan amandel dengan cepat tanpa operasi untuk radang amandel akut. Jika sudah mengikuti cara tersebut tetapi radang amandel tidak juga mereda, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT.

 

Related posts