Cara Mengganti Nama PC Windows 10 dengan Mudah

Cara Mengganti Nama PC Windows 10 dengan Mudah

Bagi sebagian pengguna yang memiliki pc windows 10 kadang masih mengalami kesulitan untuk mengganti nama pc, lalu bagaimana cara mengganti nama pc windows 10 dengan mudah? Mengganti nama pc windows memang tidak serumit yang banyak dibayangkan oleh pengguna, hanya dibutuhkan beberapa trik untuk menggantinya.

Sebenarnya banyak juga yang bertanya untuk apa harus repot-repot mengganti nama pc windows 10. Padahal ada kalanya pengguna ingin mengubah nama pc windows, karena nama yang ada sebelumnya di pc windows dirasa kurang cocok. Berikut cara mudah mengganti nama pc windows 10 yang bisa dicoba:

Read More

1. Gunakan Rename PC

Cara mengganti nama pc windows 10 adalah menggunakan rename pc, rename pc ini biasanya dilakukan pada menu about. Langkah pertama dimulai dari masuk ke menu start lalu pilih menu setting yang ada simbol gear, setelah itu klik sistem dan klik menu about.

Baca Juga : 5 Cara Agar Sinyal Smartfren Bagus Paling Ampuh

Ketika masuk menu about, akan muncul device specification lalu cari device name klik rename this pc untuk mengganti nama yang kita inginkan. Setelah itu, lanjutkan dengan klik next tunggu sebentar akan muncul restart now. Klik restart now untuk mengaktifkan nama baru pengguna di pc window 10.

2. Gunakan System Properties

Selain menggunakan rename pc, cara lain untuk mengganti nama pc windows bisa menggunakan system properties. Langkah pertama klik start menu cari tombol search yang ada di samping logo windows 10. Lalu ketik sysdm.cpl lanjut ke tombol enter agar lebih mudah masuk ke sistem yang dituju.

Tidak lama kemudian, akan muncul computer name lalu klik change. Lanjutkan nama baru yang akan diubah oleh pengguna di computer name. Setelah memberikan nama baru klik tombol ok untuk masuk ke tahap selanjutnya. Klik ok di windows komputer, lalu restart komputer dan tunggu beberapa saat sampai nama berubah.

3. Gunakan Control Panel

Untuk mengganti nama pc di windows 10 bisa juga dilakukan dengan menggunakan control panel. Caranya mudah buka menu control panel yang ada di windows 10. Lalu buka user account, lalu pilih kembali menu user account lalu pilih change your account name.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Laptop Asus Tidak Bisa Masuk Windows

Setelah masuk ke menu change your account name, segera ganti nama akun pengguna. Lalu klik change name untuk perubahan nama. Tunggu beberapa saat, jika ingin mengetahui perubahanya, pengguna bisa ke tombol power. Kemudian pilih menu switch user untuk mengecek apakah nama sudah berubah atau belum.

4. Gunakan Program Setting Windows 10

Cara mengganti nama pc windows 10 berikutnya adalah menggunakan program setting yang sudah tersedia di windows 10. Caranya sangat mudah, pertama klik start masuk ke menu setting lalu pilih menu rename lanjutkan dengan memilih menu about.

Setelah itu, pilih menu rename this pc, masukkan nama sesuai keinginan pengguna untuk merubah nama sebelumnya pada windows 10. Jika nama sudah diubah lanjutkan ke menu restart now atau restart later. Tunggu beberapa menit sampai nama baru benar-benar muncul di windows 10.

5. Gunakan Sysdm.cpl Enter

Cara terakhir mengganti nama pc windows 10 adalah dengan klik sysdm.cpl. enter. Tekan Win + R secara bersamaan, lalu ketik sysdm.cpl. enter lanjutkan dengan menekan Alt + C secara bersamaan. Lalu akan muncul kolom computer name, pada kolom ini isis nama baru yang akan digunakan pengguna untuk menggantikan nama lama di pc windows sebelumnya.

Baca Juga : 5 Cara Mengembalikan Data Flashdisk Yang Terformat Dengan Software Recovery

Tunggu beberapa saat akan keluar pesan pop up untuk merestart komputer sebagai proses dari perubahan nama yang sedang berlangsung. Setelah komputer di restart, klik tombol OK. Lalu klik restarts now dan terakhir klik tombol close tunggu sampai nama baru pengguna muncul di windows 10.

Itulah beberapa cara mengganti nama pc windows 10 yang bisa dilakukan. Sebenarnya tidak terlalu rumit mengganti nama pc windows, cukup perhatikan alur perubahanya maka nama pc windows akan mudah diubah.

Sebaiknya pilih nama pc windows 10 yang mudah diingat dan tidak terlalu sulit. Hal ini bertujuan agar memudahkan pengguna kedepanya bisa mengakses seluruh aktivitas dalam windows 10 baik di jaringan internet maupun non internet. Jika nama yang digunakan terlalu sulit dikhawatirkan nantinya akan menyulitkan pengguna itu sendiri.

Related posts