5 Cara Agar Sinyal Smartfren Bagus Paling Ampuh

Banyak perusahaan telekomunikasi yang tumbuh berkembang di Indonesia. Salah satunya adalah smartfren, namun kendala sinyal menjadi masalah yang juga menimpa pengguna provider smartfren. Mau tahu bagaimana cara agar sinyal smartfren bagus? Simak dengan cermat ulasan singkat di bawah ini :

1. Restart Ponsel

Cara agar sinyal smartfren bagus yang pertama adalah dengan memulai ulang perangkat ponsel yang dimiliki. Salah satu yang mendasari kuat lemahnya sinyal sendiri adalah posisi dimana berada. Cuaca yang tidak mendukung seperti hujan deras juga dapat memperlemah sinyal smartfren. Bahkan ketersediaan listrik memberikan efek besar terhadap kekuatan sinyal yang dimiliki.

Read More

Memulai ulang perangkat dapat dengan cara menekan tombol power off. Opsi lainnya adalah cukup dengan mematikan koneksi internet atau mengaktifkan mode pesawat sejenak. Setelah itu, perangkat dapat dinyalakan kembali. Perlu diketahui, tebal tipisnya case perangkat juga dapat mempengaruhi sinyal. Untuk itu, tipsnya adalah jangan lupa untuk melepas case pada perangkat.

2. Gunakan APN

Cara kedua ini lebih berfokus kepada kekuatan sinyal yang nantinya akan mendukung koneksi internet. Smartfren memang telah mendukung jaringan 4G, namun masih ada cara lagi agar sinyalnya semakin bagus. Gunakan Access Point Name atau APS untuk memperkuat sinyal. Untuk mengetahui fungsi APS lebih lanjut, perhatikan detail langkahnya di bawah ini:

Baca Juga : 5 Cara Mengembalikan Data Flashdisk Yang Terformat Dengan Software Recovery

  • Buka menu pengaturan pada ponsel yang dimiliki.
  • Menuju opsi pilihan Mobile Network Setting atau pengaturan jaringan.
  • Klik Smartfren pada daftar kartu SIM di perangkat.
  • Tekan ikon plus yang berarti Add Access Point.
  • Klik pada Nama Titik Akses.
  • Isi detail APN yang diinginkan terutama pada MMSC, proxy MMS, dan port MMS.

3. Atur DNS Benchmark

Masih berkaitan dengan sinyal yang mendukung jalannya internet, DNS perlu diatur. DNS Benchmark dapat dipasang terlebih dahulu. Proses yang akan berjalan adalah DNS dipilih secara otomatis. Hasil analisa dari pemindaian yang dilakukan membuat DNS yang didapat lebih cepat dan stabil. Urutan detail proses DNS Benchmark ada di rincian berikut ini:

  • Dapatkan DNS Benchmark di halaman peramban.
  • Tunggu proses pemasangan hingga benar-benar selesai.
  • Buka DNS Benchmark dan klik pada Name Server.
  • Pilih DNS warna biru atau hijau pada daftar DNS yang ditampilkan setelah pemindaian berakhir.
  • Terapkan DNS pada pengaturan lanjutan di perangkat.
  • Simpan dan ulang kembali perangkat.

Baca Juga : 5 Cara Memindahkan Video dari HP ke Laptop Tanpa Kabel Data dengan Mudah

4. Aktifkan Jaringan 4G

Untuk pengguna yang ingin internet stabil, mengunci jaringan 4G adalah cara tepatnya. Jika menggunakan ponsel dual SIM, lebih mudah jika keduanya menggunakan jaringan 4G. Pastikan dengan membuka pengaturan jaringan seluler. Jika ternyata hanya salah satu yang mendukung 4G, meletakkan SIM card pada slot tersebut.

Setelah SIM card sudah berada di slot yang mendukung jaringan 4G, kunci jaringan melalui pengaturan kartu seluler atau informasi telepon. Ketik kode ##4636## pada fitur telepon adalah cara cepat lainnya untuk mengunci sinyal. Info telepon akan muncul dan pengguna dapat memilih untuk mengunci ke jaringan 4G only atau LTE only.

5. Pasang Aplikasi Penguat Sinyal

Cara terakhir ini perlu sedikit menyisihkan memori pada perangkat ponsel. Perlu dicek terlebih dahulu apakah kartu SIM memang masih aktif atau tidak. Pasang ulang kartu SIM dapat dilakukan jika masa aktif yang dimiliki masih lama. Selanjutnya, dapatkan aplikasi penguat sinyal di Play Store yang disesuaikan dengan sisa penyimpan yang dimiliki.

Baca Juga : Cara Mengatur Aplikasi Yang Terbuka Otomatis Saat Startup Windows 10

Kelima singkatnya cara agar sinyal smartfren bagus di atas dapat digunakan terutama untuk pengguna baru. Kuatnya sinyal menentukan bagaimana fungsi teknologi komunikasi berjalan.

 

Related posts