Daftar dan Sebaran Materi UTBK Geografi yang Wajib Diketahui

Geografi adalah salah satu mata pelajaran yang diujikan di UTBK. Mata pelajaran ini juga menjadi mata pelajaran dengan sebaran materi terbanyak. Tidak jarang banyak siswa dan siswi yang kewalahan mempelajari materi UTBK Geografi. Tulisan ini akan membahas daftar dan sebaran materi mata pelajaran Geografi yang sering muncul.

Peserta dengan peminatan sosial dan humaniora pasti tahu betul banyaknya materi geografi yang dipelajari baik di bangku SMA maupun untuk tes UTBK. Geografi memang sudah cukup sering membuat peserta kewalahan di tes. Untuk mengatasinya, peserta bisa mengetahui persebaran materi UTBK Geografi untuk membuat belajar menjadi lebih terarah. Berikut ulasannya.

Read More

Daftar Materi yang Sering Keluar di Tes

Ada beberapa materi Geografi yang sering muncul di soal UTBK. Meskipun cakupannya masih luas, namun setidaknya peserta bisa lebih berfokus ke materi-materi ini daripada materi lainnya. Materi UTBK Geografi yang sering muncul antara lain ialah dinamika planet bumi, kependudukan, persebaran sumber daya alam, litosfer, atmosfer, dan hidrosfer.

Baca Juga : Mata Pelajaran UNAS SD Ini Wajib Diketahui

Selain itu ada juga materi lain yang muncul di beberapa setiap UTBK seperti konsep wilayah & tata ruang, biosfer, interaksi keruangan desa & kota, flora dan fauna, dan pengetahuan dasar geografi. Tidak lupa, pelajari juga materi peta di mata pelajaran Geografi.

Sebaran Materi

Mengetahui sebaran materi yang di tes UTBK akan mempermudah peserta dalam mempersiapkan diri. Peserta jadi bisa mengatur skala prioritas dan dapat berfokus pada materi-materi yang ditanyakan di tes. Tentu strategi ini akan membantu peserta belajar dengan efektif. Sebaran materi dibagi dalamĀ  3 kelompok sebagai berikut:

1. Sebaran Banyak

Dari daftar materi yang sudah disebutkan di atas, soal yang diberikan tentu masih bisa sangat beragam. Cakupannya pun sangat luas. Untuk itu, mengetahui sebaran materi bisa membantu peserta mempelajari materi dengan lebih fokus

Baca Juga : Cara Menghitung Perkalian Pecahan Paling Praktis

Materi Geografi dengan sebaran banyak yang sering muncul di antaranya adalah peta, hidrosfer, litosfer, mitigasi bencana alam, antroposfer, interaksi desa & kota, penginderaan jauh, dan pengelolaan sumber daya alam. Biasanya, materi-materi ini ditanyakan dalam jumlah soal yang banyak.

2. Sebaran Sedang

Sebaran materi didapatkan dari pola sebaran dalam 10 tahun terakhir UTBK. Pola tersebut dirangkumkan dan bisa dilihat bahwa memang ada beberapa materi yang keluar di soal sedikit dan banyak. Namun ada juga materi dengan sebaran sedang seperti pedosfer, hakikat geografi, biosfer, konsep wilayah & tata ruang, serta negara maju dan berkembang.

3. Sebaran Sedikit

Terakhir, materi dengan sebaran sedikit. Bukan berarti jika mengetahui sebaran materi ini sedikit lantas peserta bisa menganggapnya remeh. Justru semestinya peserta sudah menguasai materi ini dengan baik sehingga bisa mempelajari materi sebaran banyak dengan efektif. Materi kelompok sebaran sedikit antara lain adalah sistem informasi geografi, posisi strategis Indonesia, industri, dan lingkungan.

Baca Juga : Berikut Materi Akuntansi Perpajakan Dasar yang Harus Diketahui

Peserta bisa mencatat daftar materi dan sebaran materi dari yang banyak, sedang, hingga sedikit. Usahakan untuk menguasai materi hakikat geografi dan biosfer terlebih dahulu sebelum mengetahui lebih dalam tentang materi mitigasi bencana alam dan litosfer. Jumlah soal tidak diketahui pastinya, namun sebaran soal ini bisa membantu mengukur intensitas belajar setiap topik/materi.

Demikian sedikit ulasan mengenai daftar dan sebaran materi UTBK Geografi. Manfaatkan informasi ini untuk mengatur alokasi waktu belajar dengan efektif. Peserta bisa memberikan checklist atau centang ke daftar materi yang sudah berhasil dikuasai. Lengkapi dengan memperbanyak jumlah latihan soal setiap harinya. Semoga berhasil!

Related posts