Tips Belajar Materi TPS Penalaran Umum yang Bisa Ditiru

TPS penalaran umum merupakan bagian dari rangkaian tes UTBK. Tes ini merupakan subtes dari tiga subtes lainnya yang tergabung dalam tes potensi skolastik. Tujuan tes ini adalah mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa. Materi TPS penalaran umum ini akan menilai kemampuan peserta berpikir menggunakan logika untuk memahami suatu hal.

Sebenarnya, untuk mengukur kemampuan nalar ini, tes dibagi menjadi 4 subtes. Tes penalaran umum merupakan salah satunya. Pada dasarnya jenis tes ini merupakan jenis soal yang berbentuk bacaan atau teks. Berikut ini tips yang bisa membantu pembaca belajar materi TPS penalaran umum:

Read More

1. Biasakan Membaca dengan Teliti

Tips pertama belajar materi TPS penalaran umum ini sangat penting. Ini juga bisa dikatakan sebagai hal utama yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan diri menghadapi tps. Tes penalaran umum mengandalkan teks atau bacaan untuk menyampaikan soalnya. Peserta harus memiliki kemampuan baca yang cukup teliti agar bisa memahami teks dengan baik.

Baca Juga : Mata Pelajaran UNAS SD Ini Wajib Diketahui

Jangan biasakan membaca dengan melompat-lompat atau tidak beraturan. Usahakan untuk membaca keseluruhan kalimat dan garis bawahi setiap detail atau informasi yang terdapat dalam bacaan. Informasi ini kelak akan memberikan jawaban atau membantu peserta memikirkan pencarian jawaban.

2. Baca Soal Terlebih Dahulu

Bacaan yang terlalu panjang akan terlalu menyita waktu apabila peserta hanya membacanya saja tanpa tahu apa yang akan ditanyakan di soal. Usahakan untuk memperhatikan instruksi soal. Berapa nomor yang harus dijawab dengan bacaan tersebut? Lalu lanjutkan dengan membuat daftar ringkas dari apa yang ditanyakan masing-masing soal.

Jika sudah, baca keseluruhan bacaan. Ulangi kembali sambil mencari jawaban dari soal. Tandai setiap informasi penting berkaitan dengan jawaban soal. Jika jawaban dari semua soal sudah dikumpulkan, ulangi baca kembali untuk kali ketiga. Ini dilakukan untuk melakukan pengecekkan guna mencegah adanya kesalahan sebelum memberikan jawaban final.

3. Asah Kemampuan Mencari Topik Utama

Kemampuan ini sangat penting. Peserta harus mengetahui bagaimana cara mengetahui topik utama dari suatu paragraf. Seringkali banyak peserta yang berputar-putar di soal mencari topik atau gagasan pokok paragraf. Tentu ini akan menyita waktu dan membuat peserta kekurangan waktu untuk menyelesaikan soal lainnya.

Baca Juga : Cara Menghitung Perkalian Pecahan Paling Praktis

Kemampuan mencari topik utama juga bisa didapatkan dari hasil membaca dengan cermat. Ketahui dengan benar topik atau gagasan pokok suatu bacaan. Apa tujuan penulisan bacaan tersebut. Peserta sebaiknya mempelajari kembali penempatan kalimat utama dalam paragraf di mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk memperdalam pengetahuan ini.

4. Latih Kemampuan Berhitung

Kemampuan berhitung yang dimaksud di sini bukanlah kemampuan menggunakan rumus. Peserta harus menguasai kemampuan berhitung kreatif. Gunakan logika berpikir daripada mengingat rumus. Jika peserta tes masih kesulitan, peserta bisa menggunakan lembaran kosong untuk membuat gambaran hitungan.

Lupa rumus saat tes penalaran umum tidak akan membuat peserta gagal. Justru tes ini menjadi pengukur seberapa jauh pemahaman peserta akan suatu hal. Daripada menyita banyak waktu untuk mengingat rumus jarak tempuh, peserta bisa mulai menghitung manual dengan membuat gambaran dari keterangan di soal dan menghitungnya.

5. Perbanyak Latihan Soal

Tips terakhir ini berlaku untuk semua tes tidak terkecuali tes penalaran umum. Terbiasa berpikir dengan logis akan membuat otak mampu bekerja secara sistematis. Peserta tidak bisa hanya mengharapkan hal ini untuk terjadi. Kini sudah banyak latihan soal yang bisa diakses dari internet. Biasakan untuk mengerjakan sejumlah soal setiap harinya untuk mengasah kemampuan.

Baca Juga : Cara Menghitung Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup Tidak Sulit!

Itulah beberapa tips belajar materi TPS penalaran umum yang perlu calon peserta UTBK ketahui! Jangan lupa untuk memahami prinsip dan logika berpikir materi-materi di sekolah seperti matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Semoga berhasil!

Related posts