Cakupan Mata Pelajaran UTBK yang Wajib Dipersiapkan!

Cakupan Mata Pelajaran UTBK yang Wajib Dipersiapkan!

Memasuki awal tahun 2022, kini sudah saatnya pembaca yang duduk di bangku kelas 3 SMA mematangkan persiapannya untuk mengikuti UTBK. Tes ini masih diterapkan sebagai ujian mendaftar perguruan tinggi resmi di Indonesia. Ketahuilah apa saja materi pelajaran UTBK untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ujian resmi yang diadakan oleh LTMPT ini terdiri dari 2 tes. Kedua tes tersebut ialah TPS atau tes potensi skolastik & TPA atau singkatan dari tes potensi akademik. Untuk tes potensi akademik akan dilaksanakan dalam 3 kelompok yakni kelompok saintek, soshum, dan campuran. Ketahui selengkapnya tentang mata pelajaran UTBK yang akan diujikan berikut ini:

Read More

Materi Pelajaran TPS

Tes potensi skolastik ditujukan untuk mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa. Materi tes ini akan menilai kemampuan peserta dalam menggunakan nalar atau logika berpikir untuk memahami suatu hal.

Baca Juga : Mata Pelajaran UNAS SD Ini Wajib Diketahui

Untuk mengukur kemampuan nalar ini, tes dibagi menjadi 4 subtes. Keempat subtes tersebut ialah pengetahuan kuantitatif, penalaran umum, pengetahuan & pemahaman umum, serta pemahaman bacaan maupun menulis. Pada dasarnya mata pelajaran UTBK yang diujikan di tes ini ialah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, matematika, dan pengetahuan umum.

Namun, perlu peserta perhatikan, mata pelajaran yang diujikan tersebut berguna mengukur penalaran peserta. Ini berarti peserta harus memahami betul mata pelajaran tersebut seperti memahami makna kata, hubungan antar paragraf dan topiknya, pola bilangan, statistika, dan masih banyak lainnya.

Materi Pelajaran TPA

Sementara itu untuk tes potensi akademik mata pelajaran yang diujikan lebih teratur. Ini dikarenakan tes potensi akademik dilakukan dalam 3 kelompok. Berikut ini ulasannya:

1. Kelompok TPA SAINTEK

Tes potensi akademik untuk kelompok saintek perlu diikuti peserta yang memiliki peminatan di bidang ilmu ini. Dalam tes kelompok ini, mata pelajaran yang diujikan adalah biologi, kimia, fisika, dan matematika. Mata pelajaran ini tentunya didapatkan di pendidikan sekolah menengah. Penyebutan mata pelajaran tersebut diurutkan berdasarkan banyaknya sebaran soal dalam tes.

Baca Juga : Cara Menghitung Perkalian Pecahan Paling Praktis

Untuk mata pelajaran matematika, sebaran materinya meliputi limit fungsi, turunan, persamaan dan fungsi kuadrat, barisan dan deret, integral, serta ruang antar lingkup. Sementara untuk fisika ada kinematika gerak lurus maupun melingkar, dinamika gerak lurus serta rotasi, listrik statis & dinamis, teori relativitas & fenomena kuantum, serta getaran dan gelombang.

Mata pelajaran biologi meliputi hereditas, bioteknologi, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, ekosistem & lingkungan, serta sistem dan fungsi pada jaringan tumbuhan dan hewan. Untuk mata pelajaran kimia meliputi larutan, ikatan kimia dan bentuk molekul, senyawa karbon, dan stoikiometri.

2. Kelompok TPA SOSHUM

Kelompok berikutnya ialah soshum. Untuk peserta yang memiliki peminatan di bidang sosial dan humaniora, tes ini perlu ditempuh. Tentunya tes ini juga diperlukan untuk siswa yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi dalam jurusan sosial humaniora. Peserta perlu mempelajari geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi untuk menyelesaikan tes ini.

Materi mata pelajaran geografi yang diujikan ialah biosfer, peta, litosfer, hidrosfer, dan wilayah dan perwilayahan. Untuk mata pelajaran sejarah meliputi demokrasi terpimpin, pergerakan nasional, kerajaan Hindu-Budha, peristiwa kontemporer dunia, dan peradaban kuno.

Sementara itu untuk materi mata pelajaran ekonomi ada konsep ilmu ekonomi, biaya produksi, pelaku kegiatan ekonomi, elastisitas, serta pasar dan terbentuknya harga pasar. Terakhir, sosiologi meliputi materi konflik sosial, stratifikasi sosial, perubahan sosial, nilai dan norma, dan pola hubungan dalam masyarakat.

Baca Juga : Berikut Materi Aljabar SMA Pembahasan Sifat dan Operasi Aljabar

3. Kelompok TPA Campuran

Sementara itu, untuk tes potensi akademik kelompok campuran akan mencakup kedua mata pelajaran yang terdapat di saintek dan soshum. Jumlah soal tentunya tidak lebih banyak. Jumlah soal sama dengan tpa saintek maupun soshum. Namun, untuk persebaran materinya berbeda. Kelompok campuran memiliki materi yang lebih banyak.

Itulah materi dan mata pelajaran UTBK yang diujikan. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan istirahat. Semoga berhasil!

Related posts