7 Cara Menyembuhkan Koreng di Kepala Dengan Bahan Alami

7 Cara Menyembuhkan Koreng di Kepala Dengan Bahan Alami

Seseorang yang memiliki koreng di kepala tentunya akan merasa risih dan mengalami gatal yang hebat. Hal ini tentunya membuat berpikir tentang cara menyembuhkan koreng di kepala. Ada beberapa faktor yang dapat mengindikasikan seseorang menderita koreng. Mulai dari infeksi, masalah ketombe, bahkan bisa disebabkan oleh gangguan imun.

Proses penyembuhan koreng di kepala sebenarnya tidak jauh berbeda dengan di bagian kulit lainnya. Banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Ada bahan yang alami, maupun harus membeli dulu di apotek. Bagaimana cara menyembuhkan koreng di kepala? Berikut ini caranya:

Read More

1. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Pertama-tama cara menyembuhkan koreng di kepala menggunakan gel yang mengandung lidah buaya. Menurut beberapa ahli mengemukakan bahwa lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengobati koreng yang diakibatkan oleh psoriasis, dermatitis seboroik, dan eksim. Infeksi yang timbul ketika orang menderita sakit koreng, dapat diredakan sakit dan gatalnya dengan menggunakan lidah buaya.

2. Mengganti Shampo Anti Ketombe

Ketombe memicu masalah kulit kering,mengelupas dan gatal pada kepala. Sebenarnya ketombe tidak akan langsung menimbulkan koreng. Namun rasa gatal yang ditimbulkan dari adanya ketombe, yang akan merangsang seseorang untuk menggaruk kepala. Dan biasanya ketika digaruk berkali-kali akan menyebabkan terjadinya koreng di kepala.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Penyakit Tifus Paling Efektif

Penggunaan shampo anti ketombe secara rutin diharapkan dapat mempercepat pengobatan koreng. Lebih efektif lagi jika sampo dibilas sampai benar-benar bersih dan dilakukan secara berulang-ulang.  Semua itu agar koreng di kepala cepat sembuh dan hilang.

3. Memakai Minyak Kelapa

Cara menyembuhkan koreng di kepala selanjutnya dengan menggunakan minyak kelapa. Cara ini terbukti sangat efektif dilakukan. Semua itu dikarenakan minyak kelapa yang kaya kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi yang ampuh menyembuhkan koreng di kepala.

4. Menggunakan Obat Anti Jamur

Penderita koreng di kepala dapat mencoba cara mengobatinya dengan obat  jamur. Jenis obat anti jamur yang populer adalah terbinafine atau griseofulvin. Infeksi yang terdapat di kulit kepala ditimbulkan oleh jamur yang menular. Apabila tidak segera diobati, maka akan menimbulkan koreng yang bisa menjadi semakin parah.

Baca Juga : 6 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal Yang Wajib Diketahui

5. Memakai Cuka Apel

Untuk membunuh jamur dan bakteri di kulit kepala, cara yang terbukti ampuh dengan memberi cuka apel. Dengan sifat asamnya, cuka apel berguna menyeimbangkan pH kulit. Koreng berangsur bisa pulih dengan mengoleskan cuka apel pada koreng di kepala secara rutin.

6. Menggunakan Sari Lemon

Khasiat dari air perasan lemon sudah tidak diragukan lagi. Kandungannya yaitu berguna sebagai zat yang dapat menghambat perkembangan jamur yang dapat menyebabkan berbagai penyakit koreng seperti kurap dan dermatitis seboroik.

Penggunaan sari lemon secara rutin dan sabar dapat mengatasi koreng kepala. Namun perlu diingat bahwa di penggunaan awal akan terasa menyakitkan.

7. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Cara menyembuhkan koreng di kepala yang terakhir yaitu dengan menggunakan minyak pohon teh. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskannya di kulit kepala yang terkena koreng. Disarankan untuk mengoleskan minyak pohon teh sedikit demi sedikit, agar hasil penyembuhannya bisa maksimal.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Vitiligo Secara Medis

Mulai dari sekarang, para penderita koreng di kepala tidak perlu bingung untuk mencari cara menyembuhkan koreng. Banyak pilihan cara yang bisa dilakukan. Obatnya pun mungkin sudah ada di sekitar tempat yang ditinggali.

Koreng adalah penyakit yang sering terjangkit oleh manusia. Walaupun terkadang orang yang terjangkit koreng khususnya di kepala merasa malu. Namun,diharapkan penderita koreng untuk dapat merubah mindset bahwa koreng bisa segera disembuhkan. Asal ada kemauan dan usaha. Bukan tidak mungkin lagi koreng di kepala bisa segera disembuhkan.

 

Related posts