5 Cara Mengobati Penyakit Tifus Paling Efektif

Cara mengobati penyakit tifus atau biasa disebut tipes harus berdasarkan cara yang paling efektif. Tifus sendiri merupakan penyakit yang berasal dari bakteri Salmonella typhi yang menyerang sistem pencernaan. Penyebaran penyakit ini biasa terjadi lewat makanan dan minuman.

WHO (World Health Organization) memaparkan bahwa penyakit tifus ini memiliki berbagai gejala yang timbul. Mulai dari mual, demam tinggi, sakit kepala, sembelit, kelelahan sampai muncul ruam di sebagian tubuh. Seseorang yang terjangkit penyakit ini harus mendapat pengobatan yang tepat, karena dapat merenggut nyawa. Bagaimana cara mengobatinya? Berikut ini caranya:

Read More

1. Terapi Antibiotik

Pertama-tama, cara mengobati penyakit tifus yang disebabkan infeksi bakteri biasanya diberi suntikan antibiotik. Bahkan bisa juga diberikan infus apabila diperlukan. Infus dimasukkan ke dalam pembuluh darah melalui asupan cairan dan nutrisi. Terapi ini akan tetap berlangsung hingga hasil tes terhadap tinja dan urin sudah tidak ditemukan bakteri penyebab tifus.

Baca Juga : 6 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan Ginjal Yang Wajib Diketahui

2. Meminum Air yang Cukup

Air adalah kebutuhan dasar setiap manusia. Dengan meminum banyak air bagi penderita penyakit tifus, dapat mencegah komplikasi sakit tifus. Komplikasi tersebut meliputi diare ataupun bisa seperti muntah, dan dehidrasi akibat demam. Konsumsi air yang disarankan adalah minimal 6 gelas setiap harinya.

Perlu diingat bahwa selain air, cairan yang disarankan bagi penderita tifus yaitu jus buah dan minuman yang memiliki kandungan elektrolit. Hal tersebut dapat menjaga kadar cairan dalam tubuh tetap seimbang. Walaupun yang diutamakan tetap  dengan meminum air yang cukup.

3. Memakan Makanan Bergizi Seimbang

Selanjutnya, cara mengobati penyakit tifus yaitu dengan memakan makanan yang bergizi. Makanan yang dianjurkan seperti makanan yang tinggi kalori, rendah serat, tinggi protein.  Untuk makanan yang berkalori tinggi tapi tetap menyehatkan, bisa mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, ubi, kentang, dan nasi putih.

Baca Juga : 7 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Dengan Cepat

Untuk mencerna nutrisi seperti serat butuh waktu yang lama. Maka Dari itu, mengonsumsi makanan rendah serat seperti pisang dapat meredakan diare yang diderita. Karena dapat membatasi aktivitas usus untuk mencerna makanan secara berlebihan.

Asupan makanan berprotein tinggi dapat mempercepat masa penyembuhan dari infeksi. Sel-sel baru dan sehat dihasilkan tubuh dari mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Yaitu dengan mengkonsumsi dada ayam, telur, daging sapi dengan kadar kematangan yang sesuai.

4. Istirahat yang Cukup

Memaksimalkan tidur sampai kembali pulih sehat, adalah salah satu cara mengobati penyakit tifus. Dengan mengistirahatkan tubuh memiliki manfaat untuk membantu perbaikan jaringan tubuh karena serangan dari bakteri. Selain itu bermanfaat untuk orang lain agar tidak terjangkit penyakit tifus dari penderitanya.

5. Menjaga Kebersihan Diri

Salah satu cara mencegah penyebaran dan penularan penyakit tifus dengan menjaga kebersihan diri sendiri. Contohnya seperti selalu mencuci tangan ketika memulai aktifitas. Dilakukan ketika sebelum memakan sesuatu yang tentunya dengan menggunakan air bersih dan sabun. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan setelah dari kamar kecil.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Karena Batuk Dengan Bahan Alami

Jika hal yang terlihat kecil seperti diatas tidak dilakukan. Dapat berbahaya bagi orang yang berada di lingkungan sekitar penderita penyakit tifus. Karena dengan menyentuh barang yang telah di pegang penderita ataupun bersentuhan kulit bisa menjadi sebab tertular penyakit tifus.

Pada intinya menggunakan cara hidup yang sehat, sangat diperlukan dalam menghindari penyakit tifus. Walau terlihat sangat sepele. Yaitu dengan menyayangi diri kita sendiri seperti menjaga pola makan dan pola istirahat. Merupakan langkah besar dalam mencegah penyakit tifus dan mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.

 

Related posts