Pelajari Materi SIMAK UI Soshum yang Sering Muncul Ini

Siswa kelas 3 SMA tentunya sudah mulai mempersiapkan berbagai materi untuk menempuh seleksi masuk perguruan tinggi idaman. Ada dua studi yang dapat dipilih yakni Sosial Humaniora (Soshum) serta Sains dan Teknologi (Saintek). Kedua studi tersebut memiliki jurusannya masing-masing. Bagi yang mengidamkan masuk UI pada studi Soshum, materi SIMAK UI Soshum ini bisa dijadikan gambaran.

SIMAK UI merupakan metode seleksi masuk yang menggunakan tes terpadu dan mandiri oleh Universitas Indonesia. Nantinya, para calon mahasiswa akan mengikuti tes ini untuk menentukan kelayakannya berkuliah di UI. Materi yang muncul dari rentang tahun-tahun sebelumnya bisa dijadikan acuan untuk menentukan prioritas apa yang akan dipelajari tahun ini. Berikut persebarannya:

Read More

1. Materi Kemampuan Dasar

Tes Kemampuan Dasar (KD) memiliki beberapa cakupan yakni Bahasa Indonesia lalu Bahasa Inggris dan Matematika Dasar SMA. Jika dilihat dari jumlah kemunculannya, bidang Bahasa Indonesia yang sering muncul adalah topik Kalimat Baku, Pedoman Ejaan, Gagasan Bacaan dan Paragraf. Sementara pada Bahasa Inggris, materi yang paling banyak muncul adalah Sentence and Clause, Conjunction, Reading Comprehension dan Tenses.

Baca Juga : Mata Pelajaran Soshum yang Harus Dipelajari

Untuk pelajaran Matematika sendiri, materi yang paling sering muncul adalah Matriks, Logaritma, Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat, Pertidaksamaan hingga Baris dan Deret. Fungsi Komponen dan Invers, Persamaan Kuadrat dan Peluang juga terbilang cukup banyak muncul. Materi Kemampuan Dasar ini sifatnya wajib diikuti oleh semua peserta SIMAK baik itu kelompok Soshum ataupun Saintek.

2. Materi Kemampuan IPS Mata Pelajaran Ekonomi

Soshum atau bidang IPS mengharuskan peserta mengikuti tes di mata pelajaran ekonomi. Sebaran materi yang paling banyak muncul di bidang ini adalah Akuntansi Perusahaan Dagang, Pendapatan Nasional, Dasar-Dasar Akuntansi, Permintaan dan Penawaran serta Konsep Pasar dalam Perekonomian. Sementara untuk Pelaku Ekonomi, APBD dan APBN, Ilmu Ekonomi dan Pembangunan Pertumbuhan ekonomi tergolong sedang.

3. Materi Kemampuan IPS Mata Pelajaran Sejarah

Untuk materi SIMAK UI Soshum di bidang pelajaran Sejarah, topik Kemerdekaan Indonesia, Kerajaan Islam, Politik Etis dan Kependudukan Belanda terbilang banyak muncul di tes sebelumnya. Begitu pula dengan materi Demokrasi Terpimpin, Kerajaan Hindu-Budha dan materi Orde Baru dan Reformasi. Terkait dengan Penelitian Sejarah, Organisasi Internasional dan Pendudukan Jepang termasuk ke dalam jumlah soal yang sedang.

Materi dengan jumlah soal sedang lain yakni Demokrasi Liberal, Politik Dunia dan Peradaban Kuno. Adapun materi Pemberontakan Pasca Kemerdekaan, Renaissance dan Revolusi, Perdagangan Bangsa Barat serta Prasejarah memiliki jumlah soal yang sedikit. Perang Dunia I dan II pun terbilang jarang muncul.

4. Materi Kemampuan IPS Mata Pelajaran Sosiologi

Dilihat dari jumlah kemunculannya, materi Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal, Permasalahan Sosial, Nilai dan Norma Sosial serta Kelompok Sosial termasuk ke dalam materi yang sering muncul. Interaksi Sosial serta Harmoni Sosial dan Multikulturalisme juga banyak muncul. Sementara Perubahan Sosial, Mobilitas Sosial, Penelitian Sosial, Stratifikasi Sosial, Fungsi Sosiologi dan Konflik Sosial memiliki kemunculan yang sedang.

Baca Juga : 5 Materi Fisika UTBK yang Penting untuk Dipelajari

5. Materi Kemampuan IPS Mata Pelajaran Geografi

Konsep Dasar Geografi, Interaksi Desa-Kota, Kependudukan, Flora dan Fauna, Wilayah dan Perwilayahan, Hidrosfer, Atmosfer dan Litosfer termasuk materi yang banyak muncul. Untuk materi dengan intensitas sedang yakni Biosfer, Perairan Darat, Sumber Daya Alam, Industri, Perubahan Iklim, Unsur Cuaca, Penginderaan Jauh, Peta dan Mitigasi Bencana. Sistem Informasi Geografis pun terbilang sedang.

Demikian materi SIMAK UI Soshum yang paling banyak muncul jika dilihat dari soal pada tes tahun sebelumnya. Memberikan prioritas pada materi-materi di atas memang dapat dijadikan strategi belajar namun, materi lain pun tetap harus dipelajari. Hal ini dikarenakan bisa saja materi lain muncul meski hanya satu atau dua soal.

 

Related posts