5 Tips Mengatasi Laptop Asus Tidak Bisa Masuk Windows

Tidak jarang laptop asus mengalami error pada windows yang dikarenakan software atau hardware yang mengalami kerusakan saat ingin digunakan. Pengguna tentu akan bingung ketika laptop asus tidak bisa masuk windows dan tidak tahu cara memperbaikinya. Ditambah pengguna tentu juga akan merasa khawatir jika terjadi sesuatu terhadap laptop yang biasanya tidak error.

Jika laptop asus sedang bermasalah dan tidak bisa masuk ke windows ada berbagai cara yang dapat dicoba dan dimanfaatkan. Beberapa cara berikut ini yang dapat dicoba agar windows dapat dibuka kembali :

Read More

1. Menekan Tombol Power Beberapa Saat

Cara yang paling mudah untuk pertama dilakukan adalah dengan menekan tombol power laptop asus selama beberapa saat. Ketika laptop tidak bisa masuk dalam windows dan mungkin hanya muncul tampilan layar hitam maka cobalah untuk menekan tombol power-nya. Untuk berapa lama, tekan tombol power 5 sampai 10 detik saja dan ketika sudah menyala, windows sudah dapat digunakan kembali.

Baca Juga : 5 Cara Mengembalikan Data Flashdisk Yang Terformat Dengan Software Recovery

2. Memeriksa RAM dan Hard Drive

Untuk pemeriksaan RAM jika pengguna belum terlalu ahli, maka cobalah untuk meminta bantuan teman atau saudara yang mengetahui tentang RAM dan Hard Drive. Jika ingin melakukan caranya dengan memutuskan sambungan RAM dan dibersihkan secara halus. Karena penyebab error tersebut bisa saja terjadi karena RAM yang sudah kotor.

Sama halnya dengan Hard Drive juga begitu, putuskan hubungan dengan hard drive dan coba dibersihkan juga. Jika keduanya sudah dibersihkan, cobalah untuk memasangnya kembali dan cek windows apakah sudah dapat digunakan atau belum.

3. Mencoba Masuk Ke Safe Mode

Ketika laptop asus tidak bisa masuk windows pengguna dapat menggunakan cara yang satu ini yaitu cobalah untuk masuk di safe mode. Untuk langkah-langkahnya cukup masuk ke menu BIOS Screen dengan menekan tombol F8 berulang kali, dilanjutkan dengan memilih opsi Safe Mode.

Apabila sudah masuk di safe mode, cobalah untuk me-restart laptop asus dan nyalakan kembali sesuai prosedur. Selanjutnya cek kembali windows yang awalnya tidak bisa masuk dan besar kemungkinan dapat masuk kembali ke windows.

4. Mencabut Semua Perangkat Eksternal

Perangkat eksternal dari laptop asus bisa menjadi salah satu penyebab mengapa laptop asus tidak bisa masuk windows. Karena tidak menutup kemungkinan jika salah satu perangkat eksternal ada yang terkena virus dan menginfeksi laptop. Pengguna harus mencabut semua perangkat eksternal yang terhubung pada laptop asus tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Menggunakan Aplikasi Flip Dengan Mudah

Perangkat-perangkat eksternal tersebut dapat berupa printer, hard disk eksternal, pembaca kartu dan perangkat USB lain kecuali keyboard dan mouse. Untuk pengguna juga harus berhati-hati ketika mencabut semua perangkat eksternal agar tidak menimbulkan masalah baru.

5. Meng-Install Ulang Laptop Asus

Jika cara-cara diatas belum dapat membuat windows laptop asus dibuka kembali maka cara efektif terakhir adalah dengan meng-install ulang laptop tersebut. Karena ada kemungkinan juga bahwa penyebab tidak bisa masuk ke windows adalah rusaknya sistem operasi pada laptop. Biasanya karena ada file sistem yang corrupt.

Sebelum menginstall ulang laptop asus tersebut akan lebih baik jika mencadangkan semua data terlebih dahulu agar tidak hilang. Karena jika pengguna meng-install ulang laptopnya, maka semua data yang ada didalamnya akan hilang secara keseluruhan.

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan ketika laptop asus tidak bisa masuk windows dan agar bisa dibuka kembali. Karena ketika windows tidak dapat dibuka akan menjadi kendala bagi pengguna ketika akan mengerjakan pekerjaan menggunakan laptop.

Related posts