Rangkuman Mata Pelajaran SDIT Kelas 1 Terbaru

Bagi orang tua Islam, menyekolahkan anak ke SDIT adalah pilihan yang tepat. SDIT atau Sekolah Dasar Islam Terpadu merupakan pendidikan dasar yang memiliki nilai-nilai keislaman di dalamnya. Tak hanya mendapatkan pelajaran umum, mata pelajaran SDIT kelas 1 juga akan terdapat beberapa pendidikan berlandaskan agama Islam.

Konsep Dasar SDIT

Sekolah dasar SDIT merupakan pendidikan dasar yang memadukan antara ilmu umum dengan ilmu Islam. Hal tersebut merupakan pertimbangan yang penting ketika hendak menyekolahkan anak ke SDIT. Dalam pembelajaran di SDIT anak tak hanya memahami pendidikan formal namun juga memahami ilmu keagamaan.

Read More

Kata terpadu yang ada dalam SDIT merujuk pada maksud bahwa Islam diterapkan secara menyeluruh. Maksudnya adalah bahwa anak tidak hanya belajar tentang Tauhid, al- Qur’an dan Sunnah namun juga mencontohkannya dalam aspek kehidupan sehari-hari. Dengan demikian SDIT memadukan antara teori dengan praktik dalam pembelajaran.

Mata Pelajaran SDIT Kelas 1

Kurikulum pembelajaran yang ada di SDIT tetap menggunakan kurikulum dari pemerintah. Hal yang membedakan dengan SD adalah pada penerapan yang dilakukan oleh SDIT. SDIT melakukan pengembangan dalam menyelenggarakan pembelajaran dengan memadukannya dengan nilai-nilai islami.

Baca Juga : 5 Materi Fisika UTBK yang Penting untuk Dipelajari

Untuk pelajaran formal, SDIT membingkai proses pembelajaran dengan panduan yang islami. Kemudian untuk pelajaran agama akan semakin diperkaya dengan berbagai praktik. Untuk lebih lengkapnya simak mata pelajaran SDIT kelas 1 berikut ini:

1. Mata Pelajaran Umum

Mata pelajaran umum di SDIT mengacu pada kurikulum yang ditetapkan oleh DEPDIKNAS yang menggunakan materi tematik. Materi yang dipelajari adalah seputar pengenalan diri anak dan juga lingkungan sekitar. Materi tersebut dibagi menjadi beberapa tema yang akan dipelajari selama kelas satu.

2. Akidah

Selanjutnya materi pelajaran SDIT kelas satu adalah akidah. Pada materi pelajaran yang satu ini anak akan diajak untuk mempelajari mengenal kekuasaan Allah, mengenai sifat dan nama-nama Allah. Kemudian anak juga akan diajarkan mengenai hal- hal dasar dalam agama Islam seperti mengetahui rukun Islam, rukun iman serta mengenai Nabi dan Rasul.

3. Fikih

Dengan nilai keislaman yang kental, SDIT memberikan pelajaran fiqih kepada pada murid kelas satu. Pada pelajaran ini anak kelas satu akan diajarkan hal-hal dasar tentang ibadah. Anak akan diajarkan tentang wudhu, adzan, iqomah dan tata cara sholat. Tak hanya melalui teori saja namun anak juga akan diajari untuk mempraktikkannya.

4. Al Qur’an dan Hadist

Anak kelas satu SDIT juga mempelajari pelajaran diniyah Al-Qur’an dan hadist. Pada materi pelajaran ini murid akan belajar baca tulis al-Qur’an dan juga menghafalkan surat-surat pendek. Selain itu akan diajarkan pula hadist-hadist pendek yang mudah untuk dihafalkan.

5. Doa

Selain mempelajari tentang ibadah, anak kelas satu juga akan diajarkan untuk berdoa. Materi pelajaran berupa doa-doa dasar yang bisa dipraktikan sehari-hari. Dengan demikian anak akan belajar untuk selalu mempraktikan Islam dalam setiap aspek kehidupan yang dijalani.

Baca Juga : 5 Mata Kuliah K3 yang Wajib Diketahui 2022

6. Bahasa Arab

Pelajaran lain yang tidak didapatkan oleh murid SD adalah bahasa Arab. Kelebihan dari SDIT adalah juga mengajarkan bahasa Arab dasar kepada murid kelas satu. Untuk materi pelajaran SDIT kelas satu, bahasa Arab yang diajarkan masih berupa perkenalan, menghitung, menyebut anggota tubuh dan benda-benda dengan bahasa Arab.

Itu tadi adalah beberapa mata pelajaran SDIT kelas 1. Dengan menyekolahkan anak ke SDIT, anak tidak hanya memahami pendidikan formal namun juga diajarkan untuk mengenal Islam secara lebih menyeluruh. Sebab dalam pembelajaran akan selalu disisipkan nilai-nilai Islam.

Related posts