Kenali 5 Cara Mengobati Keputihan Gatal Dengan Mudah

Keputihan merupakan lendir yang keluar dari vag-ina. Biasanya terjadi sebelum atau sesudah menstruasi pada wanita. Namun, umumnya keputihan tidak menimbulkan gejala seperti gatal atau nyeri. Kondisi tersebut bisa jadi merupakan sebuah pertanda munculnya penyakit. Lalu adakah cara mengobati keputihan gatal dengan cepat dan mudah?

Jika tidak segera diatasi hal seperti ini akan sangat beresiko jika dibiarkan terlalu lama. Selain akan sangat mengganggu, timbulnya gejala gatal-gatal pada area sekitar vag-ina akan sangat beresiko terjadinya luka dan infeksi. Simak ulasan berikut untuk mengetahui beberapa tips mengatasi gatal-gatal saat keputihan:

Read More

1. Rajin Membersihkan Area Vag-ina

Membersihkan area vag-ina setiap selesai buang air dan seks sangat penting untuk dilakukan. Cara mengobati keputihan gatal yang satu ini terdengar sepele namun akan sangat memberi dampak jika diterapkan. Selain itu, jangan menggunakan celana dalam yang lembab karena akan memicu timbulnya kuman dan bakteri.

Baca Juga : 7 Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Cara membersihkan vag-ina yaitu dengan menggunakan air mengalir atau jika memungkinkan gunakan air hangat, kemudian, basuh vag-ina. Jangan menggunakan sabun kewanitaan untuk membersihkan vag-ina karena hanya akan memicu terjadinya infeksi pada vag-ina.

2. Kompres Menggunakan Es

Apabila membersihkan vag-ina dengan air mengalir atau air hangat belum juga meredakan gatal-gatal, maka cobalah kompres vag-ina menggunakan es. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa gatal pada vag-ina.

Hindari menggaruk area yang gatal karena hanya akan menimbulkan infeksi. Adapun cara kompres vag-ina menggunakan es yaitu pertama-tama siapkan selembar kain tebal. Lalu masukkan es kedalam kain dan letakkan di area yang gatal. Cara ini dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada vag-ina.

3. Rutin Ganti Celana Dalam

Hindari pemakaian celana dalam yang lembab dan kotor. Terlebih jika telah melakukan aktivitas dari pagi hingga malam yang menyebabkan tubuh berkeringat. Usahakan untuk mengganti celana dalam setiap habis mandi.

Menggunakan celana dalam yang lembab hanya akan membuat gatal-gatal semakin parah. Untuk menjaga kesehatan vag-ina pemilihan bahan celana dalam juga tidak kalah penting. Hindari penggunaan celana dalam berbahan kasar dan ketat karena akan mempersulit proses pertukaran udara didalam.

4. Makan Yoghurt

Yoghurt mengandung lactobacillus yaitu bakteri baik yang dapat membantu menjaga daerah intim pada wanita. Bakteri probiotik tersebut dapat membunuh jamur dan mengurangi penyebab terjadinya infeksi pada area vag-ina. Selain itu, kandungan di dalam yoghurt juga dapat menjaga kestabilan tingkat keasaman daerah intim wanita. Konsumsi yoghurt sesuai dengan kebutuhan, karena apabila berlebihan akan menimbulkan beberapa efek samping.

5. Gunakan Obat Keputihan

Apabila beberapa cara diatas belum dapat membantu menghentikan gatal-gatal pada area vag-ina maka disarankan untuk periksa ke dokter. Jangan asal-asalan mengkonsumsi obat tanpa resep dari dokter.

Baca Juga : 5 Cara Mengobati Ambeien Luar Secara Alami

Jenis dan takaran obat yang digunakan akan disesuaikan dengan penyebab terjadinya keputihan gatal. Dokter akan memberikan obat anti jamur berupa tablet atau bisa juga berupa salep yang dioleskan pada bagian keputihan gatal.

Bagian intim wanita sangat perlu untuk dijaga. Terlebih jika timbul gejala-gejala yang dapat memicu timbulnya suatu penyakit. Beberapa cara mengobati keputihan gatal diatas dapat dilakukan dengan mudah.

Hindari hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya gatal pada area vag-ina. Gatal akibat keputihan juga dapat diatasi menggunakan bahan alami seperti kunyit dan daun sirih, didalamnya terdapat beberapa kandungan yang sangat bagus untuk menghambat bakteri masuk di area kewanitaan. Namun, apabila gejalanya bertambah dan semakin parah segera konsultasi ke dokter.

 

Related posts