5 Cara Memindahkan Video dari HP ke Laptop Tanpa Kabel Data dengan Mudah

Cara memindahkan video dari HP ke Laptop tanpa kabel data dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi. Cara tersebut juga cukup aman dan mudah dilakukan. Untuk lebih lanjut langkah-langkah yang bisa dilakukan di antaranya:

1. Menggunakan SHAREit

Cara memindahkan video dari hp ke laptop tanpa kabel data yang pertama yaitu menggunakan aplikasi SHAREit. Bagi pengguna Android tentu sudah tau aplikasi ini. SHAREit memang aplikasi yang dibuat untuk mentransfer data tanpa kabel data. Aplikasi ini cukup mudah didapatkan. Pengguna hanya perlu mengunduhnya melalui playstore.

Read More

Selain mudah digunakan, aplikasi SHAREit juga terkenal kemampuannya dalam mentransfer file dengan kualitas yang tetap bagus. Biasanya pengiriman file dari suatu aplikasi akan merubah kualitas gambarnya atau membuat foto menjadi blur. Namun hal ini tidak berlaku jika pengguna menggunakan SHAREit.

2. Menggunakan AirDroid

Selain SHAREit pengguna juga bisa mentransfer file tanpa kabel data menggunakan aplikasi AirDroid. Aplikasi ini juga berbasis Android yang dapat diunduh gratis di playstore. Disamping dapat mengirim file seperti foto dan video, AirDroid juga dapat mengirim berkas aplikasi ke PC.

Baca Juga : Cara Membuat Lagu Pop Menjadi Remix di HP Menggunakan FL Studio Mobile

Ada banyak keunggulan lain yang ditawarkan aplikasi ini. Pengguna dapat menikmati fitur seperti remote control, SMS notifikasi, remote camera dan web app. Fitur-fitur tersebut bisa didapatkan jika pengguna mendaftarkan diri memiliki akun Pro. Namun jika pengguna hanya membutuhkan untuk keperluan mentransfer file maka tidak perlu membuat akun Pro. Layanan transfer file dapat dinikmati secara gratis dan mudah.

3. Menggunakan Aplikasi Pushbullet

Aplikasi Pushbullet adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses atau bekerja baik dari Handphone maupun dari PC. Pengguna dapat mengakses semua pemberitahuan langsung dari Laptop. Layanan transfer file ini juga cukup mudah digunakan. Bagi pengguna laptop bisa mendownload aplikasi ini menggunakan Chrome.

Aplikasi Pushbullet dapat digunakan dengan versi gratis dan berbayar. Jika pada versi gratis pengguna hanya dapat mengirim file dengan batas maksimum 25 MB. Sementara untuk versi pro pengguna bisa melakukan transfer file hingga 1 GB.  Selain itu aplikasi ini juga mengharuskan penggunanya terhubung ke Internet jika mengirimkan file dalam jumlah yang besar.

4. Menggunakan Layanan Cloud

Layanan Cloud berfungsi untuk menyimpan file secara online. Pengguna dapat mengupload file yang dipilih dan dapat mendownloadnya kapanpun dibutuhkan. Ada banyak layanan Cloud yang terkenal diantaranya yaitu Google Drive, Dropbox, OneDrive dan lain-lain. Pengguna dapat mengupload file ke layanan Cloud kemudian buka akun Cloud pada laptop dan lakukan download file yang dibutuhkan.

Cara ini merupakan cara memindahkan video dari HP ke laptop tanpa kabel data paling mudah. Selain mudah, pengguna juga tidak perlu mendownload aplikasi tambahan. Pasalnya layanan Cloud telah tersedia pada masing-masing ponsel.

5. Menggunakan FTP

File Transfer Protocol berfungsi untuk tukar menukar file. Proses terjadinya tukar menukar file ini terjadi dalam suatu network dengan koneksi yang sama. Setiap handphone memiliki letak kode FTP yang berbeda-beda. Namun pad aumumnya kode FTP berada pada menu pengaturan atau file manager.

Baca Juga : 7 Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi yang Wajib Diketahui

Meskipun  dapat mentransfer file tanpa kabel, FTP cukup aman digunakan. Layanan ini telah menggunakan sistem keamanan yang telah terenkripsi pada jaringan sehingga tidak perlu khawatir adanya peretasan data pribadi. Disamping itu, kelebihan lain FTP yaitu dapat membackup data serta dapat merestore pada sebuah web.

Adanya layanan seperti Cloud, FTP dan aplikasi-aplikasi di atas memungkinkan pengguna dapat mentransfer file tanpa ribet menggunakan kabel data. Selain cara di atas pengguna juga dapat menggunakan Bluetooth untuk mentransfer file dari HP ke laptop.

Related posts