Rangkuman Lengkap Mata Kuliah Keperawatan D3 Setiap Semester

Sebelum memutuskan mengambil kuliah keperawatan D3 sebaiknya lakukan riset tentang jurusan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa saja prospek pekerjaan yang mungkin bisa dilakukan dan juga mata kuliah keperawatan D3 yang akan dihadapi. Sebab kedua hal tersebut akan berguna ketika sudah memasuki bangku perkuliahan nantinya agar bisa mengikuti perkuliahan dengan maksimal.

Sebagai calon mahasiswa keperawatan bisanya hal yang membuat penasaran adalah apa saja mata kuliah yang akan dihadapi. Untuk jenjang D3 mata kuliah yang dijalani akan lebih menekankan pada praktik keperawatan. Selengkapnya simak uraian berikut ini:

Read More

1. Semester Pertama

Pada semester awal maka mahasiswa keperawatan akan mendapatkan mata kuliah dasar. Mata kuliah tersebut masih membahas seputar teori dan konsep dasar keperawatan. Dalam perkuliahan tersebut akan mempelajari perihal profesi keperawatan, landasan ilmu perawat dan paradigma keperawatan.

Baca Juga : Daftar Materi Tes TOEIC dan Sistem Pelaksanaanya

Di semester satu ini juga mahasiswa keperawatan akan mempelajari tentang ilmu biomedik dasar, psikologi, antropologi, dan etika keperawatan. Beberapa mata kuliah umum juga akan dipelajari umum seperti Pancasila, Bahasa Indonesia, dan komunikasi keperawatan. Semua mata pelajaran itu akan dipelajari selama satu semester di tahun pertama kuliah.

2. Semester Dua

Pada semester kedua mata kuliah keperawatan D3 yang dipelajari sudah mulai lebih spesifik. Semester dua kuliah di D3 keperawatan, mahasiswa akan belajar tentang ilmu gizi, farmakologi, patofisiologi, dan manajemen keselamatan pasien. Di semester kedua ini mahasiswa juga sudah mulai melakukan praktik klinik keperawatan dasar.

3. Semester Tiga

Selanjutnya untuk semester ketika, mahasiswa keperawatan juga masih berkutat dengan seputar teori-teori keperawatan dengan lebih intensif. Mata kuliah yang dipelajari yaitu dokumentasi keperawatan, pengkajian kesehatan, maternitas, keperawatan anak, diagnostik dan juga praktikum. Hal tersebut juga dibarengi dengan pelajaran umum lain seperti Bahasa Inggris, Kewarganegaraan dan Pancasila.

4. Semester Empat

Pada semester ini mata kuliah yang dipelajari lebih mendalam. Sebagai kelanjutan dari materi yang diberikan di semester 3, pada semester ini mahasiswa akan belajar tentang keperawatan medikal bedah II tentang masalah kesehatan yang umum terjadi pada orang dewasa baik itu akut atau kronik. Penyakit medikal yang dipelajari meliputi masalah pernafasan, pencernaan, dan kardiovaskular.

Selain itu mata kuliah lain yang dipelajari adalah keperawatan perioperatif, keperawatan jiwa, promosi kesehatan, bahasa inggris dan juga kebijakan pemerintah dalam hal kesehatan. Selain itu semester ini mahasiswa akan melakukan praktik dari materi yang telah didapat sebelumnya. Praktik yang dilakukan diantaranya adalah praktik klinik anak dan juga maternitas.

5. Semester Lima

Pada semester-semester akhir ini mahasiswa keperawatan D3 belajar tentang teori keperawatan keluarga, kritis, perawatan kritis, gawat darurat, gerontic serta manajemen bencana.  Kemudian mahasiswa juga akan melakukan praktik medikal bedah II yang dipelajari di semester 4. Tak hanya materi itu saja, mahasiswa juga mendapatkan mata kuliah kewirausahaan, manajemen keperawatan dan metode penulisan karya ilmiah.

Baca Juga : Daftar Materi Grammar Bahasa Inggris Lengkap 2022

6. Semester Enam

Pada penghujung perkuliahan, mata kuliah keperawatan D3 diisi dengan berbagai praktikum. Selain itu juga mahasiswa akan mempersiapkan karya tulis ilmiah pada semester ini. Karya tulis ilmiah tersebut berguna sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa keperawatan D3.

Itu tadi adalah beberapa mata kuliah keperawatan D3 yang akan dihadapi ketika mengambil Pendidikan D3 di jurusan keperawatan. Para mahasiswa akan mendapatkan berbagai macam teori dan ilmu dasar keperawatan serta melakukan praktik langsung dari teori yang dipelajari. Sebagai lulusan keperawatan tentunya ada banyak prospek pekerjaan yang bisa dilakukan di dunia medis.

Related posts