5 Materi Fisika UTBK yang Penting untuk Dipelajari

Materi Fisika UTBK adalah hal yang perlu diketahui untuk bisa menyelesaikan pertanyaan pada ujian. Mengetahui materi yang akan diujikan bisa memberi gambaran tentang bagaimana konsep dari soal yang akan diberikan. Hal ini bisa mempermudah dalam pengerjaan, karena sudah tau fokus apa yang ingin dipelajari dan bagaimana cara menyelesaikan soalnya.

Ada sedikitnya 5 materi yang akan menjadi fokus Fisika di UTBK. Kelima materi yang akan diujikan pada UTBK bisa disimak berikut ini:

Read More

1. Mekanika

Materi yang akan diberikan pada pelajaran Fisika di UTBK biasanya adalah tentang Mekanika. Topik yang ada pada Mekanika antara lain Dinamika serata Kinematika yang berkaitan dengan gerak. Dalam hal ini, juga ada Hukum Newton yang menjadi landasan dalam mempelajari dan memahami ilmu tentang gerak ini.

Umumnya, persebaran dalam materi Fisika UTBK di topik Mekanika ini cukup banyak. Ada berbagai topik yang banyak dipelajari dalam SMA.

2. Getaran, Gelombang dan Bunyi

Pernah penasaran mengenai bagaimana bunyi bisa dihasilkan? Mempelajari konsep Bunyi bisa menjadi dasar untuk bisa mengerjakan soal saat UTBK berlangsung. Terlebih dalam mata pelajaran Fisika yang sarat akan persamaan tentang konsep suatu kejadian. Selain Bunyi, getaran dan gelombang pun menjadi materi tambahan yang ada pada soal UTBK.

Baca Juga : Mata Pelajaran Soshum yang Harus Dipelajari

Selain bisa untuk menjawab soal UTBK, manfaat dari mempelajari Getaran, Gelombang dan Bunyi sangat banyak. Bisa diaplikasikan pada dunia nyata.

3. Zat dan Kalor

Zat yang tersebar di bumi bisa dipelajari dalam Fisika. Sistem zat ini perilakunya dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu Kalor atau panas. Maka dari itu zat dan Kalor menjadi kesatuan dalam materi Fisika yang diujikan pada UTBK. Ada persamaan khusus untuk bisa menghitung Kalor dalam suatu benda. Persamaan inilah yang nantinya akan menjadi solusi untuk menyelesaikan soal ujian.

Kalor ini sangat diperlukan dalam kehidupan di era modern sekarang. Mempelajarinya bisa memberikan gambaran yang baik dalam percobaan pengaplikasiannya dalam kehidupan nyata.

4. Listrik dan Magnet

Pelajaran dalam Fisika sangat erat kaitannya tentang sistem kelistrikan dan kemagnetan. Oleh karenanya, materi ini akan diujikan juga pada UTBK. Konsep dari kelistrikan ini sebetulnya sederhana, yaitu arus dan tegangan untuk bisa menghasilkan kelistrikan. Untuk bisa menciptakan tegangan, maka besarnya arus harus dikalikan dengan hambatan.

Mengetahui ilmu kelistrikan bisa memberi kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Begitupun dengan kemagnetan yang mempunyai pengaruh cukup besar bagi kehidupan manusia.

5. Fisika Modern

Perkembangan ilmu pengetahuan mengikuti perkembangan zaman. Saat ini, Fisika sudah merambah pada kajian Fisika Modern yang konsepnya tidak bisa dijabarkan oleh Fisika Klasik. Materi yang ada dalam topik ini antara lain, radiasi benda hitam, efek foto listrik dan lain sebagainya.

Baca Juga : Daftar Materi Grammar Bahasa Inggris Lengkap 2022

Fisika Modern menjadi salah satu bagian dari Fisika yang akan diujikan pada UTBK. Sehingga penting untuk mempelajari dan memahaminya supaya mudah dalam menjawab soal yang diberikan.

Masih banyak topik yang belum terpecahkan masalahnya pada Fisika Modern ini. Mempelajarinya bisa membuka gerbang baru dalam kajian ilmu Fisika yang lebih luas lagi. Jadi, mempelajari materi Fisika saat UTBK memberikan banyak manfaat selain bisa untuk menjawab soal.

Itulah lima materi Fisika UTBK yang akan diujikan. Fokus untuk mempelajari yang akan diberikan pada soal UTBK. Harapannya dengan mengetahui, mempelajari dan memahami materi, akan memberikan kemudahan bagi siswa dalam menjawab setiap soal yang diajukan.

 

Related posts