7 Rekomendasi Ban Dual Purpose Lengkap Dengan Harganya

Rekomendasi Ban Dual Purpose Lengkap Dengan Harganya

Pernahkah kamu mendengar jenis ban dual purpose ? Dual purpose merupakan jenis ban yang bisa digunakan untuk offroad maupun onroad.

Kelebihannya mampu melewati berbagai medan baik jalan bergelombang, berbatu, bahkan kondisi jalan yang rusak sekalipun. Ban tidak mudah aus dan lebih mulus ketika berkendara di jalan tikungan.

Usia pakai jenis ban ini lebih panjang dibandingkan tipe ban lainnya. Ban juga tidak mudah bocor. Jika kamu berniat menggunakan ban ini, pastikan tipe motor yang digunakan bukan jenis motor sport.

Baca juga: Ini Dia Cara Memilih Lampu LED Motor

Motor dengan manuver tinggi tidak cocok memakai ban dual purpose. Adapun pilihan ban dual purpose terbaik di kelasnya bisa kamu simak di bawah ini!

Maxxis Dual Purpose

Maxxis Dual Purpose

Maxxis Dual Purpose hanya menjual satu ukuran ban saja, yakni 80/90-14 inci (bagian ban depan) dan 90/90-14 inci (bagian ban belakang).

Ukuran standar ban ini cocok untuk motor matic ringkas, misalnya Yamaha Mio, Honda Beat, atau Suzuki Nex II. Desainnya memiliki pola blok membujur di bagian tengah.

Fungsinya adalah mengontrol fleksibilitas kendaraan ketika melewati medan jalan yang sulit. Keunggulan lainnya adalah memiliki pilihan ban tubeless dan ban dalam. Harganya dibanderol sekitar Rp450.000 untuk sepasang.

Zeneos Turino

Zeneos Turino Dual Purpose

Selanjutnya, ada merek Zeneos Turino yang menawarkan berbagai ukuran ban dual purpose. Beberapa di antaranya adalah 70/90-14 inci sampai 100/90-14 inci. Harga untuk ban terkecilnya dijual mulai dari Rp165.000.

Ban Zeneos Turino memiliki tiga teknologi yang tidak dimiliki kompetitornya. Teknologi pertama adalah grip enhance advancement yang membuat ban memiliki tingkat presisi tinggi.

Fitur lainnya adalah tread under cushion yang membuat ban lebih kuat dan sejuk. Teknologi terakhir adalah non aromatic oil yang lebih ramah lingkungan.

Corsa Cross S

Corsa Cross S Dual Purpose

Corsa Cross S didukung oleh teknologi hybrid compound yang mampu memiliki cengkraman kuat di berbagai medan jalan. Proporsi habitas ban Corsa di aspal mampu mencapai 60 %.

Pilihan ukuran ban mulai dari 80/90-14 inci sampai 110/80-14 inci. Tersedia pula ukuran ring 13 inci untuk motor berkapasitas 150cc, seperti Yamaha NMax.

Baca juga: Cara Gampang Kenali Oli Mesin Motor Asli

Harga dari Corsa Cross S mulai dari Rp150.000 per bannya. Harga ban akan menyesuaikan besaran ukuran ban tersebut. Makin besar ukurannya, harganya juga akan makin mahal.

Avon Distanzia

Avon Distanzia Dual Purpose

Merek ini diklaim sebagai salah satu produsen ban dual purpose terbaik. Perbandingan ban ini adalah 70 : 30 untuk aspal dan tanah. Permukaan ban dikenal halus, tetapi memiliki alur cukup besar.

Avon Distanzia sangat direkomendasikan untuk kendaraan roda dua tipe supermoto. Harganya sendiri mulai dari 1-2 jutaan rupiah.

Shinko E-705

Shinko E-705 Dual Purpose

Selanjutnya, ada Shinko E-705 yang menghadirkan ban berukuran ring 17. Perbandingan ban untuk aspal dan tanah adalah 60 : 40.

Bagian tapak ban besar dan alurnya kasar. Harga jualnya lumayan tinggi, yaitu sekitar Rp3.000.000 untuk sepasang.

Pirelli Scorpion Trail II

Pirelli Scorpion Trail II Dual Purpose

Jika dilihat sekilas, bagian tapak Pirelli Scorpion Trail II terlihat mirip sekali dengan ban on road. Ya, Pirelli Scorpion Trail II memadukan ban untuk sport touring dengan enduro. Ban sangat cocok dipasang pada supermoto.

Pirelli Scorpion Trail II juga sanggup melewati medan semi offroad ringan. Harga untuk ukuran 120/70 dan 150/60 ring 17 dibanderol sekitar Rp3.000.000 untuk sepasang.

Swallow SB 117 Street Enduro

Swallow SB 117 Street Enduro Dual Purpose

Lalu, ada pula Swallow SB 117 Street Enduro yang bisa digunakan untuk semua jenis motor, baik touring ataupun custom. Desainnya kotak-kotak besar dan dilengkapi ketebalan yang cukup mumpuni.

Ban sangat nyaman digunakan pada jalan semi rusak. Ban motor sangat keren saat dipakai pada motor jenis thunder. Selain itu, ban mampu berjalan dengan mulus melewati jalan yang kering.

Harganya cenderung lebih murah walaupun memiliki berbagai keunggulan. Sepasang ban dengan ukuran 120/80 dan 100/80 ring 17 dibanderol sebesar 550 ribu rupiah.

Ban perlu diganti ketika sudah mulai aus. Tidak jarang bila kendaraan sudah menempuh 12.000 km, maka ban akan disarankan untuk diganti.

Baca juga: Alasan Kenapa Mesin Motor Cepat Panas, Jarang yang Tahu!

Ban dual purpose bukan ban standar, tetapi memiliki spesifikasi tinggi. Ban ini mampu menerjang berbagai jalan dan membuat tampilan kendaraan lebih gagah.

Pos terkait