7 Khasiat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Daun afrika atau sering disebut Vernonia Amygdalina adalah obat herbal yang mempunyai banyak khasiat. Khasiat daun afrika untuk kesehatan sangat banyak mulai dari menjaga kesehatan tubuh, untuk kecantikan, bisa membuat awet muda, hingga mencegah kanker. Daun afrika mudah sekali ditemukan diberbagai negara yang mempunyai iklim tropis. Kandungan yang terdapat di daun afrika yakni:

  • Protein tinggi 33,3%
  • Lemak 10,1%
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Abu 11,7%
  • Serat kasar 29,2%
  • Vitamin E
  • Vitamin B1 dan B2
  • Dan lain-lain

Daun afrika sudah sering digunakan untuk mengobati penyakit seperti tipus, malaria, batu empedu, pencegahan kanker, diabetes, TBC, dan diare. Meskipun rasanya pahit namun daun afrika memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Berikut khasiat-khasiat yang ada di daun afrika:

Read More

1. Mengobati Asam Lambung

Asam lambung memiliki gejala yang sering menimbulkan perasaan tidak enak badan yang sering mengganggu aktivitas keseharian. Supaya tidak berlarut-larut, asam lambung dapat diobati dengan daun afrika yang sudah direbus kemudian diminum. Air dari rebusan daun afrika konon bisa menghambat dan membunuh bakteri jahat yang masuk ke lambung.

Baca Juga : Cara Mengobati Benjolan Dileher Secara Tradisional

2. Mengatasi Insomnia

Setelah lelah melakukan aktivitas, tentu ingin memiliki kualitas tidur yang nyenyak dan baik. Namun terkadang sulit dikarenakan insomnia. Insomnia sendiri merupakan gangguan kesehatan susah tidur. Jika mengalami hal tersebut, daun afrika dapat menjadi solusi untuk mengatasinya. Larutkan daun afrika lalu minumlah larutan tersebut pada waktu malam hari sebelum tidur.

3. Dapat Menurunkan Kolesterol

Khasiat daun afrika untuk kesehatan selanjutnya yakni dapat menurunkan kolesterol. Daun ini dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat sampai 50%. Kolesterol sendiri disebabkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri sehingga dapat menimbulkan penumpukan kolesterol jahat didalam tubuh.

Meskipun sejauh ini belum adanya penelitian dan bukti yang kuat, akan tetapi sudah banyak orang yang mempercayainya. Sudah banyak orang juga mencoba dan kolesterol jahat berhasil turun.

4. Mengontrol Gula Darah

Dikenal dengan khasiatnya yang tinggi, daun afrika juga dapat mengontrol kadar gula darah. Sejak ribuan tahun yang lalu daun afrika sudah digunakan untuk berbagai macam pengobatan herbal.

Zat aktif yang terkandung dalam daun afrika seperti polifenol,alkaloid, saponin, tanin, dan flavonoid berguna untuk kesehatan tubuh. Zat-zat tersebut sangat membantu dalam mengontrol kadar gula darah pada tubuh.

5. Mencegah Dan Melindungi dari Kanker Prostat

Daun afrika mengandung vitamin, mineral dan flavonoid yang dapat membantu mencegah kanker prostat. Tidak hanya mencegah, namun daun afrika juga bisa mengobati kanker prostat. Minumlah segelas penuh ekstrak daun afrika. Dianjurkan sehari 4 gelas. Setelah minum akan ada efeknya yakni sering buang air kecil. Itu disebabkan karena proses pembersihan.

6. Mengobati Pneumonia

Khasiat yang selanjutnya yakni mengobati Pneumonia. Penyakit pneumonia sendiri merupakan penyakit radang paru-paru yang bisa menyebabkan penderita sulit bernafas, batuk, demam, dan lain sebagainya. Untuk mengobati sakit pneumonia, rebuslah daun afrika dan simpan air rebusan tersebut di tempat yang dingin. Minumlah air rebusan tersebut tiga kali dalam sehari sebanyak satu gelas penuh.

Baca Juga : 5 Cara Menyembuhkan Mata Sakit Saat Berkedip Berdasarkan Penyebabnya

7. Mengobati Tifus

Penyebab penyakit tifus yakni bakteri patogen yang bernama salmonella Thyposa. Banyak orang percaya bahwa daun afrika dapat mempercepat penyembuhan penyakit tifus. Penyembuhan dihasilkan melalui kandungan zat antibakteri dan antibiotik yang bisa melawan bakteri-bakteri jahat dengan efektif yang terdapat dalam tubuh. Jika memiliki gejala tipes, segeralah mengkonsumsi daun ini secara rutin.

Nah itulah 7 khasiat daun afrika untuk kesehatan. Banyak manfaat daun ini yang sering tidak disadari, manfaat tersebut bisa didapatkan jika mengonsumsi daun afrika.

 

Related posts