Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab yang Mudah dan Akurat

Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab yang Mudah dan Akurat

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang penting karena merupakan bahasa penutur sekaligus digunakan dalam kitab Al-Qur’an. Dalam beberapa negara khususnya Timur Tengah, bahasa Arab juga menjadi bahasa utama dalam berkomunikasi. Dengan begitu, kini banyak bermunculan aplikasi penerjemah bahasa Arab yang sering dijumpai.

Di tengah banyaknya pilihan aplikasi maupun website yang menyajikan penerjemahan bahasa Arab ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya, terdapat juga berbagai fitur yang melengkapinya. Untuk memudahkan para pemula memahaminya, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa aplikasi sebagai penerjemah bahasa Arab yang mudah serta akurat, sebagai berikut :

Bacaan Lainnya

Baca juga: 5 Mata Pelajaran Madrasah Diniyah yang Wajib Diketahui

1. Kamus Arab Indonesia

Pada posisi pertama aplikasi penerjemah bahasa Arab terdapat aplikasi Kamus Arab Indonesia oleh Ristek Muslim. Aplikasi ini mampu membantu pengguna dalam menerjemahkan ke bahasa Arab atau sebaliknya dengan mudah. Kamus Arab Indonesia ini juga dapat digunakan secara offline, artinya tidak membutuhkan internet jika ingin mengakses aplikasinya.

Saat itu, aplikasi Kamus Arab Indonesia memiliki versi lite yang berukuran lebih kecil. Versi lite ini sangatlah direkomendasikan untuk pemula yang ingin mempelajari bahasa Arab. Ukurannya yang relatif kecil ini juga dapat digunakan pada seluruh perangkat pengguna, baik laptop, komputer, bahkan smartphone.

2. Indonesia – Arab Translator

Aplikasi kedua yang dapat menerjemahkan bahasa Arab dengan mudah dan akurat yaitu Indonesia – Arab Translator. Aplikasi ini menyajikan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan sehingga sangat cocok untuk pemula yang menyukai kepraktisan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur daftar favorit yang bisa digunakan pengguna untuk menyimpan kosakata atau terjemahan bahasa Arab yang dirasa penting.

3. Google Translate

Aplikasi penerjemah bahasa Arab selanjutnya adalah Google Translate yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini cukup populer dalam menerjemahkan bahasa asing karena fitur praktisnya yang mudah digunakan. Selain itu, Google Translate juga dapat diakses secara offline dan gratis sehingga aplikasi ini menjadi rekomendasi untuk penerjemahan yang mudah.

Baca juga: 7 Aplikasi Chatting Dengan Bule Untuk Belajar Bahasa Inggris

Google Translate juga memiliki fitur unggulan yaitu dapat menerjemahkan melalui tulisan tangan, suara (voice), mengetik, bahkan foto tulisan. Ruang penyimpanan Google Translate juga cukup kecil, sehingga sangat direkomendasikan menjadi pilihan aplikasi penerjemah dalam smartphone pengguna.

4. Dict Box – Arabic Dictionary & Translator

Aplikasi yang dapat menerjemahkan bahasa Arab selanjutnya adalah Dict Box. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik, diantaranya dapat secara offline, pengoreksian kata, pengucapan audio, flashcards yang membantu praktik menghafal, serta adanya fitur kamera dan gambar di dalamnya. Selain itu, ada juga fitur phrasebook yang memuat kumpulan kosakata untuk membantu tes kecakapan bahasa.

5. Reverso Translate and Learn

Aplikasi penerjemah yang mudah dan populer selanjutnya adalah Reverso Translation. Aplikasi ini memiliki cukup banyak fitur, diantaranya dapat menerjemahkan huruf Arab gundul atau tanpa harakat, pengucapan audio, bantuan menghafal dengan permainan kata yang dapat diakses secara offline. Selain itu, ketika pengguna menerjemahkan kalimat atau kata, Reverso akan mampu merekomendasikan saran kalimat yang biasanya dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

6. iTranslate Terjemahan

iTranslate merupakan aplikasi penerjemah bahasa Arab yang mudah dan akurat dalam mengartikan suara atau teks bahasa Arab. Sebagaimana bahasa Arab memiliki dialek tersendiri, aplikasi ini menjadi pilihan untuk menerjemahkan bahasa Arab untuk dialek yang berbeda.

Pengguna dapat menerjemahkan bahasa Arab tersebut dengan berbagai versi dialek seperti Saudi, Mesir, dan lainnya. Tak heran apabila iTranslate sangat direkomendasikan kepada pengguna yang ingin menerjemahkan bahasa Arab melalui suara (voice).

Baca juga: Rekomendasi 10 Aplikasi Translate Inggris Indonesia Paling Bagus

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Arab yang dapat menjadi pilihan pengguna untuk menerjemahkan dengan mudah dan akurat. Aplikasi-aplikasi di atas dapat diunduh di Play Store dan diakses baik secara offline maupun secara online. Berbagai fitur yang disajikan juga dapat membantu pengguna dalam memahami atau mempelajari bahasa Arab dengan baik.

Pos terkait