5 Cara Mengobati Ambeien Luar Secara Alami

Penyakit ambeien dapat sangat mengganggu keseharian, namun sudah banyak sekali cara mengobati ambeien luar yang ampuh mengatasi penyakit ini. Ambeien luar adalah munculnya benjolan di bagian luar lubang anus yang dikarenakan adanya pembengkakan di pembuluh darah sekitarnya. Berikut adalah cara mengobatinya:

1. Makan Makanan Berserat Tinggi

Bahan makanan yang berserat tinggi dapat berupa sayur mayur seperti brokoli, kubis dan bayam. Buah-buahan juga memiliki kadar serat dan mineral yang tinggi seperti pir, strawberry, apel dan pisang. Hal ini dapat membantu proses penyembuhan ambeien karena kurangnya tekanan yang diperlukan saat BAB.

Read More

2. Berendam di Air Hangat

Selain sangat bermanfaat, cara mengobati ambeien luar yang satu ini cukup menyenangkan. Air hangat dapat menenangkan nyeri yang disebabkan oleh pembengkakan pada area sekitar anus. Cara ini tidak hanya dilakukan disaat mandi saja, namun perlu dilakukan setiap buang air besar. Caranya siapkan air hangat pada ember beri sedikit garam lalu cukup rendamkan pantat selama 10-20 menit.

Baca Juga : Cara Mengobati Benjolan Dileher Secara Tradisional

3. Mengkonsumsi Daun Sirsak

Rebusan daun Sirsak juga bagus sebagai cara mengobati ambeien luar dikarenakan banyaknya kandungan vitamin A, B, dan C serta acetogenin yang memiliki sifat antimikroba dan anti radang. Caranya seduhnya adalah dengan merebus 5 lembar daun dalam 5 gelas air. Biarkan mendidih hingga airnya tersisa 2 gelas saja.

4. Menggunakan Salep Alami

Pengobatan alami seperti pengolesan salep alami masih dapat dilakukan bagi ambeien yang masih ringan. Kriteria ambeien ringan adalah ambeien yang masih dapat dimasukan kedalam anus sendiri. Salep alami yang mampu mengatasi ambeien luar adalah:

Witch Hazel

Witch Hazel adalah sejenis tumbuhan herbal yang sudah dikenal luas memiliki khasiat yang bagus untuk kulit. Tanaman ini memiliki anti inflamasi yang dapat membantu meredakan pembengkakan dan gatal pada kulit yang teriritasi. Kandungan Tanin dan minyak Volatile dapat mengobati gatal dan mengecilkan ambeien.

Lidah Buaya

Selain Witch Hazel, tanaman yang memiliki kandungan anti inflamasi adalah lidah buaya. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, Sehingga dapat menjadi alternatif salep alami untuk ambeien yang lebih terjangkau. Cukup oleskan lendirnya pada ambeien untuk meredakan pembengkakan dan nyeri.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga disebut coconut oil adalah pelembab alami yang bagus untuk penyakit ini. Terjadinya gesekan pada benjolan ambeien dapat memperparah kondisi penyakit. Oleh karena itu melindunginya dengan minyak kelapa dapat mengurangi iritasi yang terjadi akibat gesekan dengan pakaian yang tidak dapat dihindari.

Tea Tree Oil

Tea tree oil kerap kali digunakan untuk mengobati luka pada kulit. Hal itu karena minyak ini kaya akan antibakteri yang dapat melindungi luka dari bakteri penyebab infeksi. Tea tree oil dapat digunakan untuk mendukung penyembuhan ambeien bersama dengan minyak kelapa. Cukup aduk beberapa tetes tea tree oil dengan 1-2 sendok minyak kelapa lalu oleskan pada ambeien.

5. Kurangi Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama menyebabkan banyaknya tekanan pada pantat yang akan membuat ambeien semakin parah. Hal ini dikarenakan berat yang bertumpu pada pantat menyebabkan otot anus yang rusak semakin terdorong keluar. Benjolan pada anus pun akan semakin teriritasi dikarenakan gesekan yang terjadi saat duduk.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Penyakit DBD Dengan Cepat Dan Aman

Apabila memang harus banyak duduk, pastikan duduk menggunakan bantal khusus ambeien. Selain itu sering-seringlah berdiri dan berjalan untuk melancarkan peredaran darah pada bagian pantat dan anus.

Demikianlah cara mengobati ambeien luar secara alami yang dapat dilakukan di rumah. Sangat penting dimengerti bahwa pengobatan alami akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan pengobatan medis. Selain itu penderita perlu mengkonsultasikan penyakitnya terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui apakah cara mengobati ambeien luar tersebut masih relevan untuk kasus penderita.

Related posts